Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun Samarang NIS, Stasiun Kereta Api Pertama Indonesia yang Hilang

KOMPAS.com - Hari Kereta Api Nasional diperingati setiap 28 September. Moda transportasi darat ini memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia, termasuk soal stasiun kereta api pertama Samarang NIS yang hilang.

Stasiun Samarang NIS atau Samarang Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij merupakan stasiun tempat kereta api pertama kali berangkat di Indonesia. Lokasinya di Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

  • Hari Kereta Api Nasional, Ini 5 Stasiun yang Juga Jadi Tempat Wisata
  • Apa Perbedaan Kereta Eksekutif A dan AA?

Stasiun yang diresmikan pada tahun 1867 ini difungsikan untuk kereta api barang dan kereta api penumpang. Diresmikannya stasiun ini menjadi tanda dibukanya jalur Semarang-Tanggung (Grobogan).

"Stasiun tersebut selesai dibangun menjelang pengoperasian jalur," kata Anggota Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) Semarang, Tjahjono Rahardjo, dikutip dari Kompas.com, Kamis (19/3/2009).

Namun, dilansir dari laman heritage.kai.id, area stasiun kerap digenangi air, apalagi saat terjadi pasang air laut, lantaran dibangun di lahan bekas rawa.

Stasiun Samarang NIS tidak lagi digunakan ketika Jepang memasuki Indonesia, dan kemudian ditinggali oleh para pensiunan pegawai kereta api.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (27/2/2014), sisa-sisa bangunan stasiun berbentuk huruf "u" ini sulit ditemukan, salah satunya akibat penurunan tanah.

  • 2 Kereta Api Legendaris Dioperasikan Saat HUT ke-77 RI
  • Demi Keselamatan, Ingat Hal Ini Saat Lintasi Rel Kereta Api

”Sudah habis, Mas, karena tertutup rumah. Tanahnya turun terus. Tinggi atap saja tinggal 2,5 meter. Padahal, waktu saya masih kecil, 1980-an, tingginya 12 meter,” ujar Ketua RT 002, RW 003, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang, Timur Wawan Purwanto, dikutip dari Kompas.id (31/07/2021).

Adapun sisa dari stasiun ini adalah Asrama Spoorland yang merupakan sisa bangunan sayap selatan. 

https://travel.kompas.com/read/2022/09/27/210600227/stasiun-samarang-nis-stasiun-kereta-api-pertama-indonesia-yang-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke