Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Interior Djoko Kendil, Kereta Mewah Berusia Puluhan Tahun

KOMPAS.com - Kereta Djoko Kendil merupakan salah satu jenis kereta mewah yang memiliki fasilitas lengkap, mulai dari kursi, sofa, mini bar, hingga ruang rapat. Kini kereta tersebut disimpan di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, Djoko Kendil merupakan kereta yang dibeli oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen pada tahun 1938 dari pabrik Beynes (Belanda), dikutip dari laman Heritage KAI, Rabu (28/9/2022).   

Kereta ini dibeli dengan tujuan untuk melengkapi kereta mewah Nacht Expres, yang diresmikan pada 1 November 1936. Kereta Nacht Expres (ekspres malam) menjelajahi rute Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Jakarta dalam waktu 11 jam 27 menit.

Kereta Djoko Kendil terdiri dari dua kereta yang juga diberi nomor baru, yaitu IW 3821 dan IW 38221. Kereta IW 38212 merupakan bekas kereta penumpang K3 38201 sedangkan kereta IW 38221 merupakan bekas kereta penolong NRU 38201.

Adapun nama Djoko Kendil diambil dari hikayat seorang putri Kerajaan Brawijaya yang jatuh cinta kepada Djoko Kendil, seorang pemuda dari kalangan masyarakat biasa.

Kereta Djoko Kendil hanya digunakan pada waktu tertentu

Saat ini, kereta Djoko Kendil disimpan dan dirawat di Balai Yasa Manggarai. Menurut seorang petugas, kereta dengan kombinasi corak hijau dan kuning di bagian badan ini tidak digunakan untuk umum.

"Sekarang tidak disewakan untuk umum. Paling dikeluarkan saat agenda atau event tertentu saja, kayak kemarin itu memperingati HUT ke-77 RI, beroperasi dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Tanjung Priok," ujar salah seorang petugas kereta kepada Kompas.com, Selasa (27/9/2022) di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan.

Katanya, dulu kereta mewah ini juga hanya digunakan sesekali oleh pejabat pemerintahan.

Salah satunya pada 28 April 2009, kereta Djoko Kendil pernah membawa Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dan beberapa menteri, dari stasiun Tanjung Priuk ke stasiun Pasar Senen.

Oleh karena itu, pembukaan kereta api legendaris ini cukup istimewa karena hanya berlangsung selama Open House Balai Yasa Manggarai yang diadakan pada 26-28 September 2022 lalu. 

Saat pertama kali masuk, pengunjung akan disambut oleh interior kereta mewah dengan desain klasik yang menawan.

Isi dalam kereta Djoko Kendil terbuat dari kayu coklat tua, yang diisi dengan material berwarna coklat atau hitam yang serasi dengan desain interiornya. 

Setelah direstorasi, satu kereta IW 38221 memiliki kapasitas hingga 20 tempat duduk dengan fasilitas balkon, ruang utama, mini bar, ruang santai, dan ruang makan atau ruang rapat.

Di gerbong selanjutnya nampak mini bar yang cukup luas. Tidak hanya itu, kereta ini juga dilengkapi fasilitas karaoke, audio, dan video lengkap dengan televisi layar datar 36 inci yang sekaligus dapat digunakan sebagai media presentasi.

Uniknya, di kereta ini terdapat ruang balkon agar penumpang dapat melihat panorama ke arah belakang. Area tersebut hanya diisi satu kursi besar, yang menghadap dinding kaca transparan untuk melihat pemandangan selama perjalanan. 

Tidak hanya itu, kereta ini memiliki fasilitas toilet mewah layaknya kamar hotel. Dengan ukuran lebih luas dibandingkan toilet kereta reguler, toilet ini dilengkapi kloset duduk, wastafel, pengering tangan, sabun, dan cermin. 

Bahan yang digunakan juga bukan akrilik, melainkan ACP atau Alumunium Composite Panel, yaitu bahan bangunan yang memadukan plat aluminium dan composite. 

  • Apa Perbedaan Kereta Eksekutif A dan AA?
  • 4 Kelas Kereta Api, Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Premium

Kereta Djoko Kendil pernah disewakan

Pada 27 Februari 2009, kereta Djoko Kendil diperkenalkan kepada masyarakat luas dengan melakukan uji coba perjalanan rute Surabaya Gubeng-Jember, seperti dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (16/7/2022). 

Masyarakat sempat bisa menyewa kereta Djoko Kendil untuk berbagai keperluan, seperti untuk menggelar rapat, rekreasi wisata, pernikahan, dan sebagainya.

Meski usianya sudah tua, waktu itu calon penyewa kereta Djoko Kendil tidak perlu khawatir karena kereta ini sudah mengantongi lisensi kelayakan untuk berjalan.

Sayangnya, kini Djoko Kendil sudah tidak lagi disewakan bagi masyarakat umum, dan hanya disimpan di Balai Yasa Manggarai.

  • Intip Fasilitas Kereta Wisata Mewah, Satu Gerbong Rp 42 Juta
  • 8 Jenis Kereta Wisata: Fasilitas, Harga, dan Kapasitasnya

Namun, tidak perlu khawatir karena ada tipe Kereta Wisata yang memiliki fasilitas sama mewahnya dengan kereta ini. Satu gerbong bisa disewa untuk kapasitas 19-30 orang, dengan biaya Rp 26,5 juta - Rp 42 juta. 

https://travel.kompas.com/read/2022/09/29/162805927/intip-interior-djoko-kendil-kereta-mewah-berusia-puluhan-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke