Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kanada Cabut Kewajiban Tes Covid-19 dan Aturan Masker per 1 Oktober

KOMPAS.com - Pemerintah Kanada mengumumkan akan menghapus semua pembatasan Covid-19, seperti syarat pengujian, karantina, serta isolasi, berlaku efektif mulai Sabtu (01/10/2022).

Penghapusan semua syarat Covid-19 ini dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya karena Kanada telah melewati puncak gelombang Omicron, tingkat vaksinasi masyarakat yang tinggi, tingkat rawat inap dan kematian yang rendah, serta ketersediaan vaksin dosis ketiga atau booster.

  • Hari Kemerdekaan Amerika Serikat 4 Juli, Bagaimana Warga Merayakannya?
  • Pergi ke Amerika Serikat Kini Tak Perlu Tes Covid-19

Menteri Kesehatan Kanada, Jean-Yves Duclos, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kanada yang hampir sebagian besar sudah divaksin.

"Terima kasih kepada sebagian besar kepada warga Kanada yang telah bersedia divaksin. Namun, kami berharap semua orang tetap mengikuti perkembangan vaksin, termasuk booster dan memeriksa kesehatan individu," ujar Jean-Yves Duclos, dikutip dari laman Pemerintah Kanada, Kamis (29/09/2022).

Penghapusan syarat pembatasan Covid-19

Oleh karena itu, per 1 Oktober 2022, wisatawan atau pelaku perjalanan yang ingin masuk ke Kanada tidak perlu lagi memenuhi syarat berikut:

Mulai tanggal tersebut, wisatawan tidak lagi diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk perjalanan di pesawat dan kereta api, serta tidak diwajibkan memakai masker di pesawat dan kereta api.

Meski persyaratan masker dicabut, semua wisatawan tetap sangat disarankan untuk mengenakan masker selama perjalanan.

Aturan selama wisata kapal pesiar juga dicabut. Para wisatawan tidak perlu lagi melakukan pengujian sebelum berlayar, sudah divaksin, atau menggunakan aplikasi ArriveCAN.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak bepergian jika memiliki gejala Covid-19.

Jika mendadak sakit saat bepergian dan masih sakit saat tiba di Kanada, mereka harus memberi tahu pramugari, staf kapal pesiar, atau petugas layanan perbatasan pada saat kedatangan.

  • Jalan-jalan ke 4 Kota Eropa Naik Satu Kereta, Ini Faktanya
  • 7 Negara Uni Eropa yang Tidak Pakai Mata Uang Euro

Kemudian, wisatawan akan dirujuk ke petugas karantina untuk diputuskan apakah mereka memerlukan pemeriksaan medis lebih lanjut atau tidak.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/30/111100927/kanada-cabut-kewajiban-tes-covid-19-dan-aturan-masker-per-1-oktober-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke