Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

30 Ucapan Selamat Hari Batik Nasional, Cocok Buat Ucapan di Medsos

KOMPAS.com - Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. 

Ini bertepatan dengan pengakuan batik sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada 2 Oktober 2009.

Dikutip dari Kompas.com, (05/10/2020), Wakil Ketua Yayasan Lasem Heritage Yulia Ayu menuturkan, setidaknya ada tiga kriteria di balik penetapan UNESCO terhadap batik.

Tiga kriteria tersebut adalah ilmu membatik, menjadi bagian dari kehidupan manusia khususnya di Pulau Jawa, serta digunakan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari sejak dulu hingga saat ini, seperti pakaian.

Artinya, batik merupakan budaya tak terpisahkan dari masyarakat tanah air dan harus dilestarikan oleh semua generasi. 

Jelang Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk ikut terlibat memperingatinya. Mulai dari memakai batik, hingga memberikan ucapan dan pesan untuk menyebarkan kesadaran terkait batik secara luas.

  • Batik Lasem Disiapkan Jadi Suvenir TWG G20
  • Motif Batik yang Boleh Dipakai dan yang Dilarang untuk Pernikahan

Berikut beberapa ide ucapan selamat Hari Batik Nasional 2022, yang bisa dijadikan caption foto, video, atau konten lainnya di media sosial, seperti dirangkum dari sejumlah sumber.

Ucapan selamat Hari Batik Nasional 2022

1. Pada 2 Oktober 2009, batik memperoleh pengakuan dunia dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda. Selamat Hari Batik Nasional!

2. Tak kenal maka tak sayang, Tak sayang maka tak cinta. Ayo tunjukkan rasa cintamu terhadap warisan kebudayaan Indonesia dengan memakai batik, terutama hari ini. Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2022.

3. Apapun motif batikmu, kita tetap satu Indonesia. Yuk, pakai batik hari ini! Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2022.

4. Selamat Hari Batik Nasional 2020. Kenakan batikmu dengan bangga, sebagai bentuk indentitas bangsa dan warisan budaya Indonesia. Hari ini pake batik, kan?

5. Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2022. Bangga dengan budaya asli Indonesia.

6. Batik adalah warisan budaya kita juga melambangkan nasionalisme keindonesiaan kita. Selamat Hari Batik Nasional!

7. Batik adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Selamat Hari Batik Nasional 2022! Sudah pakai batik belum hari ini?

8. Mari kita lestarikan batik sebagai ciri khas budaya bangsa Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2022!

9. Batik merupakan salah satu identitas dan kekayaan bangsa Indonesia. Mari kita jaga dan bangga akan batik. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

10. Selamat Hari Batik Nasional 2022. Yuk kita jaga kelestarian batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia!

11. Batik adalah warisan budaya Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

12. Selamat Hari Batik Nasional 2022. Ayo hari ini bangga pakai batik, budaya kita, identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

13. Batik adalah ikon bagi Indonesia dan hal ini tentu harus dibanggakan serta dilestarikan. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

14. Batik merupakan budaya asli bangsa Indonesia yang memberikan kebanggaan sendiri bagi kita. Mari sama-sama lestarikan batik dan menjadikannya sebagai identitas bangsa. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

15. Selamat Hari Batik Nasional 2022. Batik itu warisan budaya. Ayo pake batik biar makin menarik!

16. Batik is not only a symbol of our identity, it also reflects our heritage. Proud to wear Batik. Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022.

17. Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022. Mari kita jadikan batik sebagai identitas bangsa. 

18. Dari suatu titik hingga menjadi sebuah goresan sederhana namun mempunyai kiasan. Bermacam corak yang saling melengkapi mencerminkan budaya bangsa ini. Tetaplah menjadi bagian negeriku ini, warisan budaya yang kami cintai. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

19. Batik mempersatukan kita. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

20. Batik adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? Selamat Hari Batik Nasional 2022!

21. Batik itu otentik Indonesia, mahakarya warisan budaya dan identitas nasional. Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022!

22. Selamat Hari Batik Nasional. Melalui momentum ini, mari kita manjakan mata dengan melihat ragam motif batik nusantara yang memiliki keunikan, filosofi, dan ceritanya masing-masing.

23. Happy Batik Day 2021. Batik Day is celebrated on October 2nd throughout Indonesia with a great sense of pride and honor.

24. Happy National Batik Day 2021. Batik is our pride, identity, and masterpiece.

25. Pergi jalan-jalan bersama Dian
Jangan lupa belikan MC Donal
Hari gini masih sibuk dengan gawai kalian?
Ingat 2 Oktober Hari Batik Nasional

26. Hari ini hujan rintik-rintik
Rasanya semakin lengkap jika makan es duren
Jangan pernah lupa untuk pakai baju batik
Agar tampilan di hari batik menjadi lebih keren!

27. Ketika mengenakan ukiran batik saja kita akan terlihat menawan, lalu apa lagi yang membuatmu ragu untuk mengenakannya?

28. Batik adalah warisan budaya bangsa. Batik juga menjadi perekat bangsa Indonesia yang luar biasa dengan motif dan filosofi daerahnya masing-masing. Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2022!

  • 8 Motif Batik Betawi dari Jakarta yang Bernilai Sejarah dan Budaya
  • 4 Aktivitas di BT Batik Trusmi, Belanja Oleh-oleh hingga Kulineran

29. Batik adalah ciri khas bangsa yang wajib kita jaga dan lestarikan. Jika bukan kita yang mulai mengenakannya, siapa lagi? Dari kita untuk negeri, Selamat Hari Batik Nasional.

30. Batik for everyone and everywhere. Happy Batik Day 2022!

https://travel.kompas.com/read/2022/09/30/151346027/30-ucapan-selamat-hari-batik-nasional-cocok-buat-ucapan-di-medsos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke