BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Dinas Pariwisata DKI
Salin Artikel

Berencana Jalan-jalan di Jakarta? Ini 5 Tempat Wisata Terkini yang Wajib Dikunjungi

KOMPAS.com - Sebagai kota terpadat di Indonesia sekaligus tempat meleburnya keragaman Indonesia, Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menawarkan paket wisata lengkap bagi wisatawan.

Wisatawan dapat menikmati berbagai spot wisata sesuai kategori, mulai dari wisata sejarah, kelautan dan pulau, arsitektur, seni dan budaya, kuliner, hingga lingkungan.

Banyaknya spot wisata yang terdapat di Provinsi DKI Jakarta membuat wisatawan tak cukup jika hanya mengunjungi kota ini satu kali.

Namun, bagi wisatawan yang memiliki waktu terbatas, terdapat beberapa spot wisatawan kekinian yang dapat dikunjungi. Tempat wisata tersebut bahkan menjadi tren wisata di Provinsi DKI Jakarta dari beragam spot ikonik yang sudah ada sebelumnya.

Lalu, apa saja tempat wisata terkini di DKI Jakarta yang bisa dikunjungi wisatawan? Simak ulasan berikut.

1. Wajah baru Kota Tua

Bila hendak ke Jakarta, kawasan Kota Tua yang kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara tak boleh dilewatkan.

Pasalnya, kawasan wisata yang dikenal juga dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia) itu baru saja selesai direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal ini membuat kawasan wisata seluas 1,3 kilometer persegi itu semakin cantik dan ramah untuk dikunjungi.

Setelah direvitalisasi, Kota Tua memiliki trotoar yang diperlebar menjadi 3 meter agar lebih luas bagi pejalan kaki. Pedestrian pun bisa leluasa berjalan karena tidak ada lagi pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan dagangan di fasilitas ini. Pemprov DKI Jakarta memindahkan PKL ke lokasi binaan Taman Kota Intan.

Selain itu, trotoar tersebut juga lebih ramah bagi penyandang disabilitas karena dilengkapi ubin pengarah (guiding block). Kawasan tersebut juga menjadi lebih ramah bagi pesepeda berkat kehadiran dua jalur khusus pada satu jalan.

Pemprov DKI Jakarta juga menargetkan Kota Tua sebagai kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ). Dengan demikian, kualitas udara di sekitarnya menjadi lebih baik.

Selama berada di Kota Tua, wisatawan dapat menikmati keindahan berbagai arsitektur bangunan bersejarah peninggalan masa penjajahan Belanda. Para pelancong juga bisa berkunjung ke berbagai museum di kawasan ini, seperti Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, Museum Bank Indonesia, serta Museum Bank Mandiri.

Kota Tua juga memiliki banyak spot instagramable. Selain alun-alun atau Taman Fatahillah, pengunjung juga dapat pergi ke kawasan Kali Besar yang desainnya terinspirasi dari Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan atau Toko Merah yang ikonik. Jangan lupa pula mengabadikan gambar saat mengunjungi destinasi wisata yang terletak di Jakarta Barat tersebut.

2. Jakarta International Stadium

Jakarta International Stadion (JIS) merupakan stadion sepak bola kebanggaan masyarakat Jakarta. Lokasinya ada di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Memiliki lahan seluas 26 hektare (ha), JIS yang memiliki standar stadion sepak bola Internasional FIFA dapat menampung hingga 82.000 penonton.

Stadion yang dibangun dengan konsep green energy itu juga telah memiliki sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI). Hal ini berkat penggunaan teknologi hijau terkini, seperti rooftop solar panel, zero run-off, dan perforated facade.

Rooftop solar panel atau atap penyerap energi surya menjadi sumber sebagian kebutuhan energi di JIS. Selanjutnya, zero run-off merupakan sistem konservasi air yang dapat menampung air hujan untuk digunakan kembali menyirami area landscape. Desain perforated facade dari JIS memungkinkannya untuk mengalirkan udara secara alami sekaligus meminimalkan penggunaan pendingin udara (AC).

Selain itu, JIS juga dilengkapi dengan fasilitas canggih, seperti sky viewing deck untuk menikmati pemandangan Jakarta dari ketinggian, jogging track di ketinggian 72 meter, serta sky catwalk untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi berjalan kaki di ketinggian puluhan meter tepat di atas lapangan utama.

Tak lupa, JIS juga ramah untuk penyandang disabilitas. Stadion ini memiliki 200 kursi duduk, puluhan lot parkir, serta toilet khusus untuk penyandang disabilitas.

Selain digunakan sebagai tempat wisata olahraga, JIS juga digunakan sebagai arena pertunjukan musik dan hiburan, baik untuk skala nasional maupun internasional.

Salah satu artis yang akan tampil di JIS adalah iKON. Boyband asal Korea Selatan itu tampil pada acara musik JISPHORIA 2022 yang diselenggarakan pada Sabtu (1/10/2022).

Selain iKON, JISPHORIA 2022 juga menghadirkan berbagai pengisi acara dari dalam negeri, yakni Lyodra, JKT48, SM*SH, dan Andmesh.

3. Tebet Eco Park

Sedang mencari wisata ruang terbuka hijau kekinian di Jakarta? Tebet Eco Park (TEP) wajib dikunjungi. Pasalnya, taman kota yang memiliki area seluas 7,3 ha ini telah direvitalisasi oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta dengan menyatukan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan.

Dengan demikian, TEP menjadi satu taman terpadu yang mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi.

Sebagai informasi, TEP memiliki delapan zona yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berbagai aktivitas, yakni Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, serta Wetland Boardwalk.

Selama berada di TEP, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti piknik di Community Lawn, joging di Infinity Link Bridge, mengajak buah hati main panjat tebing di zona Children Playground, berjalan santai menikmati keindahan pohon dan tanaman lainnya di Thematic Garden, fitness di luar ruangan di Outdoor Fitness, berkumpul bersama komunitas di Community Lawn.

Untuk vegetasi, TEP memiliki berbagai tanaman yang tersebar di area taman, yakni pohon leda, kapuk, mahoni, ketapang, bodhi, bunga ungu, tabebuya, trembesi, pulai, kupu-kupu, liang liu, khaya, serta bunga spathodea dan tanjung. Tertarik untuk mengunjungi desitnasi wisata di Jakarta Selatan ini?

4. Sudirman Road

Sudirman dikenal sebagai area yang sibuk lantaran dekat dengan kawasan perkantoran di Jakarta Pusat. Berkat daya tarik tersebut, kawasan ini kerap dikunjungi oleh remaja Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Bahkan, anak-anak muda yang berkunjung ke sana memunculkan tren Citayam Fashion Week lantaran kerap tampil modis saat wara-wiri di sekitarnya.

Bila berencana ke Sudirman, wisatawan dapat menikmati beberapa spot kekinian, seperti Terowongan Kendal dan Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda (JPOS) Phinisi di Karet Sudirman .

Terowongan Kendal berada di kawasan Dukuh Atas yang beberapa waktu lalu menjadi perbincangan berkat gelaran Citayam Fashion Week. Terowongan ini populer di media sosial karena dihiasi dengan mural-mural artistik karya seniman Tanah Air, Darbotz, dan seniman asal Jerman, Snyder.

Terowongan tersebut semakin artistik pada malam hari karena terdapat lampu warna-warni yang akan berganti setiap beberapa menit sekali. Tak heran, Terowongan Kendal menjadi spot berfoto anak-anak muda. Foto berlatar tempat tersebut juga kerap diunggah di media sosial.

Selain Terowongan Kendal, spot kekinian yang tak boleh dilewatkan adalah JPOS Phinisi di Karet Sudirman. Disebut JPOS Phinisi karena jembatan ini memiliki anjungan mirip kapal phinisi.

Warnanya yang jingga cerah membuat JPOS Phinisi tampak cantik ketika difoto, terlebih jika dipadukan dengan latar gedung pencakar langit. Beberapa spot berfoto saat mampir ke JPOS Phinisi antara lain anjungan pertama di lantai dua, anjungan berbentuk dek kapal, dan lantai paling atas atau puncak "kapal".

Selain itu, di JPOS Phinisi, Pemprov DKI Jakarta juga mengabadikan 37 nama tenaga Kesehatan (nakes) di bawah naungan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang gugur selama penanganan pandemi Covid-19.

Pada malam hari, pemandangan JPOS Phinisi semakin atraktif karena kilau cahaya lampu yang menyala di sisi-sisi jembatan dan pencahayaan dari gedung-gedung tinggi di sekitarnya. Hal ini dapat menunjang hasil foto yang lebih artistik bagi para pegiat fotografi jalanan.

Selain itu, Sudirman juga dikenal sebagai kawasan yang ramah bagi pesepeda. Pasalnya, kawasan ini memiliki jalur sepeda Sudirman-Thamrin sepanjang 25 kilometer. Jalur ini kerap digunakan pesepeda di Jakarta, terlebih pada hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias car free day (CFD) setiap Minggu.

5. Pulau Tidung

Rasanya tak lengkap jika berwisata ke Jakarta tanpa menikmati keindahan alam di Kepulauan Seribu. Pasalnya, kepulauan ini menawarkan keindahan bentang laut serta aktivitas seru yang dapat dinikmati wisatawan.

Salah satu pulau favorit yang banyak dikunjungi wisatawan di Kepulauan Seribu adalah adalah Pulau Tidung.

Pulau tersebut terbagi menjadi dua, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Saat ini, penggunaan Pulau Tidung berkembang ke arah wisata bahari, seperti menyelam dan penelitian terhadap terumbu karang. Di pulau ini, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seru, seperti berjalan-jalan di tepi pantai, snorkeling, serta diving lengkap dengan pemandu.

Tak hanya berwisata, wisatawan juga bisa menginap di resor yang tersedia di Pulau Tidung atau Kepulauan Seribu. Adapun resor yang tersedia di Pulau Tidung adalah Tidung Lagoon Resort. Resor ini terletak di timur Jembatan Cinta sekitar 200 meter dari pantai barat Tidung Kecil.

Tidung Lagoon menawarkan pengalaman menginap di atas laut yang unik. Selama menginap, wisatawan dapat melakukan berbagai hal seru, seperti memancing dari jendela, lompat berenang dan snorkeling dari pintu kamar, serta menikmati suasana panca rubah laut.

Selain itu, wisatawan juga dapat menjajal berbagai aktivitas seru lain di sekitar Tidung Lagoon, seperti mengunjungi penangkaran penyu dan ikan kerapu, Grand Lagoon, bermain outbound dan voli, mengadakan barbeque party, memancing cumi, serta mengumpulkan kerang.

Tak hanya Pulau Tidung, Kepulauan Seribu juga memiliki pulau lain yang tidak kalah indah. Sebut saja, Pulau Perak, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Dolphin, serta Pulau Macan.

Masing-masing pulau menawarkan keindahan alam serta aktivitas seru yang beragam. Sebagai contoh, Anda dapat menyaksikan penangkaran penyu dan hiu di Pulau Pramuka.

Selain untuk berwisata, deretan pulau tersebut juga bisa menjadi lokasi ideal untuk work from anywhere yang saat ini digandrungi milenial dan gen Z.

Untuk menuju ke Pulau Tidung atau pulau lain di Kepulauan Seribu, wisatawan dapat naik kapal dari Muara Angke atau Pelabuhan Marina, Ancol. Bila tidak ingin repot, wisatawan dapat pergi ke sana dengan menggunakan jasa agen perjalanan.

Itulah lima tempat wisata terkini yang wajib dikunjungi. Kalau ada waktu lebih, wisatawan juga dapat mengunjungi dua spot wisata kekinian di tengah kota lainnya, yakni Lounge in The Sky dan J-Sky Ferris Wheel.

Lounge in The Sky menawarkan pengalaman menyantap hidangan di ketinggian 50 meter di tengah gemerlap gedung pencakar langit Ibu Kota.

Sementara itu, J-Sky Ferris Wheel merupakan wahana bianglala dengan ketinggian 69 meter dengan diameter 50 meter, serta terdiri dari 32 gondola. Wahana ini dapat mengangkut hingga 192 orang.

Tak hanya itu, terdapat juga Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (Macan) yang kini tengah digandrungi kalangan milenial dan gen Z sebagai pilihan destinasi wisata kekinian.

Selain wahana kekinian, Jakarta juga memiliki tempat wisata ikonik yang sudah dikenal sejak lama, seperti Monumen Nasional (Monas), Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, serta Perpustakaan Nasional.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera atur rencana untuk mengunjungi Jakarta dan dapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai spot wisata menarik di Jakarta, Anda bisa mengunjungi laman www.jakarta-tourism.go.id/.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/05/092100127/berencana-jalan-jalan-di-jakarta-ini-5-tempat-wisata-terkini-yang-wajib

Bagikan artikel ini melalui
Oke