Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manggarai Timur di NTT Punya Sedikitnya 37 Air Terjun untuk Wisata

BORONG, KOMPAS.com - Sedikitnya ada 37 air terjun yang bisa ditemukan di Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), tersebar di berbagai wilayah. Sebagian besar masih asri dan dikelilingi alam yang tenang.

Beberapa di antaranya menyimpan cerita masing-masing, yang sudah diyakini selama bertahun-tahun lamanya oleh masyarakat.

Air terjun Wae Nunung di Kecamatan Lambaleda Timur, misalnya, yang oleh masyarakat sekitar punya efek menyembuhkan, terutama untuk masalah sakit pinggang.

Itulah mengapa banyak masyarakat setempat yang mandi di bawah kucuran air terjun setinggi 7 meter itu.

"Kami terus mendata air terjun di Manggarai Timur dan terus bekerja sama dengan media massa untuk mempublikasikan obyek wisata yang tersebar di 12 Kecamatan. Kami ajak wisatawan berwisata di air terjun di Manggarai Timur," ujar Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin kepada Kompas.com, Rabu, (05/10/2022).

Karena kebanyakan air terjun di Manggarai Timur berada di tengah hutan, maka perjalanan trekking menuju lokasi juga memberikan kesenangan sendiri, terutama bagi orang-orang yang senang menjelajah.

Seperti, jika mampir ke air terjun Cunca Antar, wisatawan bahkan disebut harus didampingi oleh pemandu lokal dengan titik keberangkatan di Kampung Lawi. Medan yang dilalui untuk melihat sungai pun cukup menantang, karena banyak melewati area terjal dan menanjak.

Ada pula air terjun Cunca Rede yang berlokasi di tengah hutan konservasi Taman Wisata Alam Ruteng, sehingga wisatawan harus membelah hutan belantara untuk tiba di sana dan memahami larangan-larangan yang berlaku.

“Kalau wisatawan sudah memahami dan mengetahui aturan-aturan saat berwisata ke kawasan konservasi. Tetapi, ke depannya, kami tetap memperhatikan informasi ini," Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Timur saat itu, Galus Ganggus, seperti dikutip Kompas.com (01/12/2017).

Adapun dinas pariwisata akan terus mendata air terjun yang ada di Manggarai Timur, sehingga dapat menawarkan lebih banyak destinasi ekowisata dan agrowisata bagi para wisatawan.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/06/100243827/manggarai-timur-di-ntt-punya-sedikitnya-37-air-terjun-untuk-wisata

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke