Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute ke Museum MACAN Jakarta Barat, Bisa Naik Transjakarta

KOMPAS.com - Museum MACAN, atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, mengoleksi beragam karya seni kontemporer dan modern.

Alamatnya di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Lokasinya tidak jauh dari Gerbang Tol Kebon Jeruk I, serta bisa dijangkau dari Jalan Panjang di Jakarta Barat. 

  • 5 Tips Wisata ke Museum MACAN Jakarta, Jangan Bawa Kamera
  • Berencana Jalan-jalan di Jakarta? Ini 5 Tempat Wisata Terkini yang Wajib Dikunjungi

Museum MACAN buka pukul 10.00-16.00 WIB, dengan tiga slot waktu kunjungan dan pembatasan kuota pengunjung. Tiketnya bisa dipesan secara daring terlebih dahulu dengan harga mulai Rp 100.000 untuk pengunjung dewasa. 

Bila ingin menikmati karya seni di tempat ini, simak rutenya dan jenis kendaraan umum apa saja yang bisa digunakan:

Letak Museum MACAN cukup strategis karena bisa dicapai melalui jalan tol maupun jalan utama (Jalan Panjang). 

Wisatawan yang mengendarai mobil dari Museum Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, misalnya, bisa lewat jalan tol dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. 

Dari Jalan Medan Merdeka Barat, wisatawan bisa mengarahkan kendaraannya ke Jalan Majapahit melewati Istana Merdeka di seberang kanan.

Bila menemui Toko Singer Harmoni yang legendaris di sisi kiri dan persimpangan besar dengan lampu merah di depan, belok kiri ke Jalan Suryopranoto. Lurus terus hingga ke Jalan Balikpapan dan Jalan Kyai Caringin dengan patokan RSUD Tarakan Jakarta di sebelah kiri. 

Kemudian terus berkendara hingga ke Jalan Tomang Raya, termasuk melewati jembatan. Tetap berada di Jalan Tomang Raya hingga menemukan jalan bercabang dua, ambil jalur yang sedikit ke kanan untuk masuk ke underpass Tomang. 

Selanjutnya, wisatawan bisa tetap berkendara di Jalan Tol Jakarta-Tangerang sejauh kira-kira 2,7 kilometer, lalu keluar di Gerbang Tol Kebon Jeruk 1 (exit Kebon Jeruk/Kedoya) dan belok kiri ke Jalan Perjuangan.

Sebenarnya lokasi AKR Tower sudah di depan mata, namun wisatawan harus mencari putaran dengan lanjut belok kanan ke Jalan Arjuna Selatan kemudian lanjut ke Jalan Panjang. 

Bila menemukan persimpangan lampu merah, putar balik ke Jalan Panjang, lalu ambil jalur yang agak ke kiri, dan lanjut ke Jalan Perjuangan. Pintu masuk AKR Tower akan ada di sebelah kiri. 

Selain dengan kendaraan pribadi, Museum MACAN juga bisa dicapai dengan kendaraan umum. 

Bila naik KRL Commuter Line, wisatawan bisa ambil dengan rute Duri-Tangerang, lalu turun di Stasiun Pesing. Dari stasiun tersebut, perjalanan bisa berlanjut dengan naik ojek online atau taksi sekitar enam kilometer.

Museum MACAN juga bisa dicapai dengan naik KRL Commuter Line rute Tanah Abang-Serpong, lalu turun di Stasiun Palmerah. Dari stasiun itu, wisatawan bisa naik ojek online atau taksi sejauh kira-kira enam kilometer.

  • 5 Tips Berkunjung ke Museum MACAN Jakarta, Datang Pagi Hari
  • Museum MACAN Buka Lagi Infinity Room Yayoi Kusama, Simak Aturannya

Jika wisatawan naik TransJakarta, maka bisa naik bus rute T11 (Poris Plawad-Bundaran Senayan) dan 8 (Lebak Bulus-Harmoni), dikutip dari akun resmi Instagram Museum MACAN.

Wisatawan kemudian bisa turun di Halte Kebon Jeruk. Dari halte tersebut, mereka bisa lanjut naik ojek online sejauh 500 meter atau berjalan kaki sejauh 950 meter. 

https://travel.kompas.com/read/2022/10/07/111856727/rute-ke-museum-macan-jakarta-barat-bisa-naik-transjakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke