Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Pantai di Banyuwangi, Ada Tempat Lihat Sunset Warna Merah

KOMPAS.com - Banyuwangi terkenal akan beragam wisata alamnya, terutama pantai. 

Masing-masing pantai tersebut menawarkan daya tarik tersendiri, termasuk dari segi aktivitas wisata yang bisa dilakukan. 

Berikut 10 rekomendasi pantai yang dapat dikunjungi ketika berada di Banyuwangi:

Pantai Pulau Merah terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (26/5/2022), wisatawan di pantai ini bisa menikmati panorama matahari terbenam (sunset) berwarna merah. 

Selain itu, di dekat pantai tersebut ada Pulau Merah yang tidak berpenghungi. Wisatawan yang ingin mengunjunginya wajib ditemani pemandu.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis, harga tiket masuk Pantai Pulau Merah yang buka 24 jam ini mulai dari Rp10.000 per orang.

Pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir mulai dari Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp5.000 untuk roda empat, dan Rp10.000 untuk roda enam.

Pantai Plengkung atau G-Land terkenal sebagai salah satu pantai di Banyuwangi untuk surfing atau berselancar. Letaknya di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di Asia Tenggara, dikutip dari Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Kualitas ombak di pantai ini dinilai cukup baik. Tingginya bisa mencapai 1-2 meter, bahkan ada juga yang melebihi lima meter.

Selanjutnya, ada Pantai Boom Marina yang berada di Desa Kampung Mandar, Kabupaten Banyuwangi. Tempat wisata ini termasuk dekat dengan Alun-alun Kota Banyuwangi karena jaraknya 2,1 kilometer dengan waktu berkendara hampir 10 menit.

Dilansir dari Kompas.com pada Sabtu (14/08/2021), tempat ini awalnya merupakan dermaga untuk bongkar muat kapal.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah memancing dan membeli ikan di pasar lelang.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) di pantai ini, seperti dilansir dari Kompas.com pada Minggu (15/05/2022).

Pantai yang juga disebut Green Bay ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Nama pantai ini berasal dari airnya yang hijau. Selain snorkeling, pengunjung juga bisa bersantai di pasir pantai yang putih. 

Namun, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (28/5/2022), wisatawan tidak diperbolehkan berenang di laut karena pantai ini termasuk kawasan pantai selatan yang terkenal akan ombaknya yang besar. 

Selain Pantai Plengkung, spot surfing lainnya di Banyuwangi adalah Pantai Grajagan.

Pantai yang terletak di Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, ini disebut sebagai tempat rahasia yang belum diketahui banyak peselancar, dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Para peselancar dapat berenang menggunakan papan sejauh 300 meter dari bibir pantai untuk mencapai Plawangan.

Tempat tersebut merupakan titik terbaik untuk berselancar. Karakter ombaknya cepat dan tinggi, bahkan dapat mencapai empat meter.

Berlokasi di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Pantai Watu Dodol berlokasi lumayan dekat dengan Stasiun Banyuwangi Ketapang dengan jarak lima kilometer dan waktu berkendara hampir 10 menit.

Dilansir dari direktoripariwisata.id, pantai ini juga lumayan dekat Pelabuhan Ketapang dengan jarak 5,7 kilometer dan lama berkendara sekitar delapan menit.

Selain menikmati suasana pantai, kamu juga bisa melihat kapal ferry lalu-lalang.

Pantai Wedi Ireng berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Dilansir dari direktoripariwisata.id, tempat wisata ini dikelilingi perbukitan dan dilengkapi pasir putih. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

Wisatawan bisa bersantai atau bermain pasir sambil menikmati suasana di pantai ini.

Pantai Sukamade merupakan tempat konservasi penyu untuk menjaga populasi dan ekosistem satwa tersebut, dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (28/5/2022).

Pantai ini dapat dikunjungi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Pada malam hari, wisatawan dapat melihat penyu bertelur di pantai ini. Telur tersebut kemudian dijaga di tempat konservasi agar tidak mudah dimangsa oleh hewan lain atau dicuri manusia.

Harga tiket masuk ke pantai ini mulai Rp5.000 setiap hari Senin-Kamis dan mulai Rp 7.500 pada akhir pekan bagi wisatawan nusantara, dilansir dari Kompas.com, Sabtu.

Bagi wisatawan mancanegara, harga tiketnya mulai Rp 150.000 pada hari Senin-Kamis dan mulai Rp 225.000 pada akhir pekan.

Selain Pantai Sukamade, ada juga pantai lain yang digunakan sebagai tempat konservasi penyu yaitu Pantai Cemara.

Lokasinya di Desa Pakis, Kecamatan Bayuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Bila dari Alun-alun Kota Banyuwangi, maka jaraknya 7-8 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 21 menit.

Dilansir dari direktoripariwisata.id, pantai ini terbagi menjadi dua zona yaitu zona pengunjung dan zona inti yang digunakan sebagai tempat penyu bertelur.

Pantai ini diselimuti pasir hitam dan dikelilingi pohon cemara, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan berteduh.

Pantai Rajegwesi berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Dilansir dari direktoripariwisata.id, pantai ini memiliki pasir berwarna kecokelatan karena tercampur dengan endapan lumpur yang terbawa oleh air sungai saat banjir.

Pantai ini juga dikelilingi dengan pohon hijau yang lebat, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (14/8/2021). Ombak di pantai ini juga cukup tenang sehingga aman jadi tempat bermain air.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/07/140509127/10-wisata-pantai-di-banyuwangi-ada-tempat-lihat-sunset-warna-merah

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+