Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menparekraf Optimistis Capai Target Kunjungan Wisman di Tengah Ancaman Resesi

KOMPAS.com - Di tengah ancaman resesi ekonomi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis, target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia tahun 2022 dapat mencapai ambang batas tengah yang sudah ditetapkan, yakni sekitar 2,5 juta orang.

"Target dalam posisi bisa kita capai, dalam ambang batas tengah, karena (target kunjungan) 1,8 juta sampai 3,6, juta, jadi ambang batas tengahnya kita lihat sekitar 2,5 juta bisa tercapai," kata Menparekraf dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

  • Sandiaga: Perkuat UMKM, Salah Satu Cara Antisipasi Resesi
  • Puncak Kunjungan Wisman Juli-Agustus 2022, Sandiaga Optimistis Capai Target

Adapun jumlah kunjungan wisman ke Bali mulai Januari hingga Agustus 2022 tercatat lebih dari 894.667 orang, dengan jumlah kunjungan harian mencapai lebih dari 10.000 wisman per hari.

Ia melanjutkan, target kunjungan wisman dan wisatawan nusantara (wisnus) akan ditingkatkan lagi pada tahun 2023 menjadi sekitar hampir dua kali lipat dari target sebelumnya, dengan menambah jumlah penerbangan.

“Untuk pergerakan wisnus, ditargetkan 1,4 miliar pergerakan. Kita jauh tertinggal dibanding negara seperti China dan Australia yang kunjungan wisnusnya jauh lebih tinggi dibanding kita,” tuturnya.

  • Turis Asing Belum Mampu Sumbang Target Kunjungan ke Kota Malang
  • Bangkitnya Pariwisata Flores, Ada Bayang-bayang Prediksi Resesi Global 2023

Maka dari itu, ia mengajak para investor untuk menanamkan modalnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang menurutnya memberi banyak peluang terutama di sektor unggulan, seperti hotel, restoran, dan kafe.

Ia menuturkan, pihaknya mengincar nilai investasi sebesar 6-8 miliar dollar Amerika Serikat di lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

"Harapan ke depan bahwa investasi 6-8 miliar dolar Amerika Serikat di lima Destinasi Super Prioritas (DSP) bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” tuturnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/10/213224327/menparekraf-optimistis-capai-target-kunjungan-wisman-di-tengah-ancaman-resesi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke