Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunung Tidar di Magelang, Konon Pakunya Pulau Jawa

KOMPAS.com – Gunung biasanya berada di pinggir kota atau di pedalaman hutan. Namun, tidak dengan Kota Magelang, Jawa Tengah.

Terdapat gunung yang berada di tengah Kota Magelang, yakni Gunung Tidar dengan ketinggian 503 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Adapun menurut kabar yang beredar Tidar berasal dari kata mati dan modar. Keduanya sama-sama berarti meninggal. Itu karena konon zaman dahulu orang yang mendekat akan meninggal.

Namun, dikutip dari laman resmi Kebun Raya Gunung Tidar, gunung ini berasal dari kata mukti dan kadadar. Mukti berarti Bahagia, berpangkat, sukses dalam hidup, sedangkan kadadar berarti dididik, ditempa, dan diuji.

Oleh karena itu, mukti dan kadadar berarti “siapa yang ingin hidup Bahagia, berpangkat, dan meraih kesuksesan dalam hidup, harus dididik, ditempa, dan diuji agar menjadi pribadi yang mumpuni dan Tangguh”.

Paku Pulau Jawa

Gunung Tidar di Magelang juga diyakini sebagai paku Pulau Jawa. Sebagai info, ada tempat lain yang juga diyakini sebagai paku Pulau Jawa, salah satunya Gunung Pakuwaja di Wonosobo.

Laman Kebun Raya Gunung Tidar juga menyebutkan bahwa gunung ini secara geografis terletak di tengah Pulau Jawa, sehingga cukup logis apabila dianggap sebagai paku Pulau Jawa oleh masyarakat awam.

Maka sebagai penanda lokasi, terdapat Tugu Sa di puncak Gunung Tidar. Tugu ini bertuliskan huruf Jawa “Sa” di tiga sisinya dengan satu sisi simbol Garuda.

Maknanya adalah sapa, salah, seleh yang berarti barang siapa yang salah, maka akan menerima akibatnya.

Petilasan dan gardu pandang di Gunung Tidar

Jika berkunjung ke Gunung Tidar, wisatawan akan menemukan beberapa petilasan yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata religi.

Adapun petilasan yang ada di Gunung Tidar adalah:

1. Syekh Subakir

2. Kyai Sepanjang (senjata tombak Syekh Subakir)

3. Eyang Ismoyojati (Eyang Semar)

4. Pangeran Purbaya

Selain keempat petilasan itu, terdapat gardu pandang di puncak Gunung Tidar. Pengunjung bisa menyaksikanindahnya lanskap Kota Magelang dan sekitarnya dari sini.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/18/180759827/gunung-tidar-di-magelang-konon-pakunya-pulau-jawa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke