Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pintu Masuk Menuju Pendakian Gunung Tidar di Tengah Kota Magelang

KOMPAS.com – Salah satu keunikan Kota Magelang, Jawa Tengah adalah terdapat gunung di tengah-tengahnya.

Gunung Tidar adalah namanya. Tinggi gunung ini hanya sekitar 503 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Wisatawan bisa mendaki gunung ini. Di sana, terdapat beberapa petilasa, salah satunya Syekh Subakir yang membuat Gunung Tidar juga banyak dikunjungi peziarah.

Pendakian Gunung Tidar pun bisa dilakukan dengan cukup mudah karena jalannya sudah terdiri dari anak tangga.

Rute ke Gerbang Pendakian Gunung Tidar

Adapun pintu masuk menuju gerbang pendakian Gunung Tidar mudah ditemukan karena gunung ini ada di tengah kota.

Jika berangkat dari arah Grand Artos, lurus terus di perempatan lampu merah dan susuri jalan utama ke Kota Magelang.

Terus lurus melewati kawasan hutan yang ada di seberang sungai kiri jalan. Sebenarnya, itulah Gunung Tidar.

Usai lampu merah dan ada percabangan dengan gong bertuliskan “Wisata Budaya Gunung Tidar”, belok kiri.

Ini adalah area parkir untuk bus besar yang mengangkut peziarah Gunung Tidar. Mobil juga parkir di sini.

Jika naik motor, kamu bisa mengendarainya sampai dekat pintu masuk. Dari parkir bus, masuk gapura yang ada di barat jalan.

Terus melaju, nantinya area parkir sepeda motor berada di samping pintu masuk. Perjalanan ke puncak kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.