Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cantiknya Taman Menteng Jakarta, Kini Penuh Mural Warna-warni

KOMPAS.com - Taman Menteng di Jakarta Pusat kini dipercantik dengan mural bertajuk "Gelora Ragam", yang dikreasikan di empat bidang lapangan seluas 4.000 meter persegi.

Dikutip dari Antara, mural tersebut merupakan karya seniman grafiti Stereoflow (Adi Dharma). Pengerjaan mural yang didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu dilakukan selama dua minggu, mulai 1-14 Oktober 2022 dan melibatkan tim kerja yang beranggotakan 16 seniman.

Tema mural mengambil inspirasi dari semangat kolaborasi dan keberagaman Kota Jakarta.

"Semangat Jakarta kota kolaborasi serta keberagaman menjadi ilham yang kuat bagi saya untuk mewujudkan karya mural dalam kesempatan istimewa ini," ujar Stereoflow, seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, setiap warna yang dituangkan ke dalam "kanvas raksasa" itu seolah-olah merepresentasikan posisi-posisi pemain dalam tim olahraga dan kerja sama yang baik sangatlah dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama.

Stereoflow juga menuangkan sejumlah makna dalam detail mural. Misalnya, 44 buah sumur resapan di lokasi yang dilambangkan guratan-guratan tekstur air pada mural.

Sejarah lapangan tersebut yang merupakan markas klub sepak bola Persija juga dihadirkan lewat motif kulit macan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, pemprov memberikan ruang bagi para pelaku industri kreatif untuk ikut serta mempercantik kota lewat berbagai karya yang dimiliki.

"Saya harap ke depannya kolaborasi serupa bisa terus kita lakukan. Kami di Disparekraf DKI Jakarta sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan para pelaku ekonomi kreatif," ujarnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/19/200545227/cantiknya-taman-menteng-jakarta-kini-penuh-mural-warna-warni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke