Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masjid Sheikh Zayed Solo Diresmikan November 2022

KOMPAS.com - Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo rencananya akan diresmikan pada 17 November 2022.

Dikutip dari Antara, pengerjaan masjid Sheikh Zayed disebut sudah hampir rampung atau mencapai 91,22 persen.

Diperkirakan, masjid yang berlokasi di Jalan A. Yani No.128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo itu dapat menampung sekitar 10.000 jemaah.

"Kalau di dalam ruangan bisa 4.000 (jemaah), untuk ruangan atas dan bawah. Sedangkan jika sampai selasar luas kapasitasnya bisa mencapai 10.000 anggota jemaah," ujar Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa di Solo, Rabu, (19/10/2022), seperti dikutip Antara.

Beberapa pengerjaan akhir yang masih dilakukan seperti area putaran kendaraan, serta beberapa ornamen yang diharapkan selesai sesuai jadwal.

Selain kapasitas 10.000 jemaah, fasilitas parkir kawasan masjid diperkirakan dapat menampung sekitar 28 unit bus dan 50 kendaraan roda dua.

Karena berkonsep sebagai sarana publik, maka pengelola tidak terlalu memprioritaskan area parkir untuk kendaraan pribadi.

Meski musim hujan menjadi kendala, namun Project Manager pembangunan Masjid Sheikh Zayed, Adriansyah Perdana optimistis dengan target peresmian yang sudah ditetapkan.

"Kami masih optimistis dan berupaya seoptimal mungkin agar bisa terealisasi," tuturnya.

Peletakan batu pertama dilakukan pada Sabtu, (06/02/2021). Masjid ini merupakan miniatur Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Rencananya, masjid yang dibangun di atas lahan seluas 2,9 hektar itu juga akan diresmikan oleh Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan dan Jokowi.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid itu juga dibangun agar bisa menjadi destinasi wisata religi di Jawa Tengah, khususnya Solo.

Arsitekturnya yang megah dan unik diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Kami berusaha membangun masjid mendekati Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi. Arsitekturnya sangat istimewa, sehingga bukan hanya untuk ibadah, tapi juga destinasi wisata religi," tutur Menteri Energi UEA, Suhail Al Mazrroui.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/20/053300327/masjid-sheikh-zayed-solo-diresmikan-november-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke