Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hotel Dekat Candi Prambanan, Mulai Rp 100.000-an

KOMPAS.com - Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia, banyak dituju oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan para wisatawan mancanegara.

Lokasi kompleks candi ini berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Di samping sebagai destinasi wisata sejarah, Candi Prambanan juga merupakan tempat populer untuk mengejar sunset alias matahari terbenam.

Jika berencana mengisi waktu liburan dengan mengunjungi kompleks candi ini, kamu juga bisa menginap di hotel dekat Candi Prambanan sehingga lebih menghemat waktu untuk menjajal beberapa aktivitas di sekitarnya.

Hotel-hotel di sekitarnya dibanderol dengan harga yang bervariasi. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi kantong.

Jaya Kusuma Hotel berseberangan dengan kompleks Candi Prambanan atau hanya berjarak sekitar 350 meter.

Letaknya ada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No.2-3, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Hotel sederhana ini cocok bagi pelancong yang backpacker-an. Meski bangunannya terbilang sudah tua, namun beberapa ulasan hotel ini mengatakan kamarnya cukup nyaman.

Menurut situs RedDoorz, jaringan penginapan bujet yang menaunginya, serta beberapa situs Online Travel Agent (OTA), harga kamar di Jaya Kusuma Hotel mulai dari Rp 120.000

Tarif tersebut sudah termasuk akses WiFi, televisi, AC, perlengkapan mandi, dan botol air minum.

Hotel dekat Candi Prambanan lainnya adalah Hotel Galuh, jaraknya sekitar 1,4 kilometer dari lokasi atau dapat ditempuh menggunakan kendaraan selama sekitar 5 menit.

Lokasinya ada di Jalan Manisrenggo KM.1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Menurut situs resminya, hotel ini memiliki beberapa tipe kamar dengan tarif Rp 295.000 untuk kamar paling sederhana, yakni economy fan. Sementara kamar tipe standar dibanderol Rp 350.000.

Fasilitas yang bisa dinikmati tamu termasuk akses WiFi, AC, serta kolam renang dan restoran umum.

3. Botan Hotel

Botan Hotel berlokasi di Jalan Manisrenggo No.1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Jaraknya sekitar 1,6 kilometer dari lokasi atau bisa ditempuh dengan berkendara selama 5 menit.

Botan Hotel memiliki kamar-kamar dan ruangan bergaya industrial, dengan interior didominasi warna putih.

Harga kamar paling sederhana dibanderol sekitar Rp 589.000, menurut situs OTA. Tarif ini sudah termasuk akses WiFi, namun tanpa sarapan.

Para tamu bisa mengakses kolam renang umum hotel ini. Meski mungil, namun kolam renang tersebut tampak Instagramable dan indah.

Hotel Gardenia Prambanan berjarak sekitar 2,2 km dari kompleks Candi Prambanan. Jika menggunakan kendaraan, kamu butuh waktu sekitar 7 menit untuk tiba di sana.

Lokasinya ada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Kongklangan, Sanggrahan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Kamar tipe Standard Twin dibanderol Rp 140.000, menurut situs resmi OYO, jaringan penginapan bujet yang menaunginya.

Tarif tersebut sudah termasuk televisi, AC, serta perlengkapan mandi. Setiap kamar memiliki teras dengan kursi yang bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk dan bersantai.

Sumberwatu Heritage berlokasi di Dusun Sumberwatu, Dowang Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 2,8 km dari kompleks Candi Prambanan atau sekitar 10 menit jika naik kendaraan.

Meski jaraknya tak terlalu dekat, namun akomodasi berkonsep resort ini menawarkan fasilitas yang cukup premium, sehingga cocok bagi keluarga yang pergi bersama anak-anak dan orang tua, atau untuk perjalanan bisnis.

Menurut situs resminya, hotel di Sumberwatu Heritage Resort terdiri dari 10 Kamar Deluxe di lantai satu dengan teras pribadi dan 10 Kamar Deluxe Premium di lantai dua dengan balkon pribadi.

Setiap kamar memiliki ukuran 33 meter persegi, dengan fasilitas televisi, mini bar, brankas, pengering rambut, jubah mandi, sandal, dan telepon.

Menurut beberapa situs OTA, tarif menginap di sini dibanderol mulai dari Rp 1,38 juta per malam.

Hotel dengan konsep tradisional Jawa ini berlokasi di Jalan Pakem-Kalasan, Carikan, Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 3,5 km dari Candi Prambanan atau sekitar 10 menit jika menggunakan kendaraan.

Tarif kamar di sini dibanderol mulai dari Rp 210.000-an, menurut situs RedDoorz. Tarif tersebut sudah termasuk akses WiFi, televisi, perlengkapan mandi, dan botol air.

Ada pula kolam renang dan balkon yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai.

Lokasinya ada di Dusun Ringinsari, Ringin Sari, Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Menurut sejumlah situs OTA, tarif menginapnya dibanderol mulai dari Rp 460.000-an per malam.

Di sini, hanya tersedia enam unit. Empat unit berkapasitas maksimal dua tamu, dengan fasilitas dilengkapi sarapan, AC dan pemanas air, televisi, akses WiFi, dapur, teras, serta pancuran luar ruangan.

Sementara dua unit lainnya untuk jumlah tamu yang lebih banyak, yakni maksimal enam orang, dengan fasilitas sarapan, tiga kamar dan dua kamar mandi, AC dan pemanas air, akses WiFi, dapur, ruang keluarga, dan teras.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/20/063300627/7-hotel-dekat-candi-prambanan-mulai-rp-100.000-an

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke