Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 UMKM Terpilih Jadi Pemasok Suvenir Resmi KTT G20 di Bali

KOMPAS.com - Sekitar 20 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ditetapkan sebagai pemasok suvenir resmi perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, pada 15-16 November 2022 di Bali. 

Puluhan UMKM tersebut telah melalui proses kurasi dari total 1.024 UMKM, yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Smesco. Salah satu yang terpilih adalah EthneeQ dari PT Lima Menara Sejahtera.

  • Pemerintah Pastikan Hotel di Bali Siap Sambut KTT G20
  • Negara G20 Ingin Investasi Pariwisata ke Indonesia, Termasuk Rusia

“Kami berterima kasih dan bersyukur karena terpilih sebagai official merchandise (suvenir resmi) G20," kata Co-Founder EthneeQ, Nadia Aqmarina, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (22/10/2022).

Salah satu produk EthneeQ, mini purse (dompet mini) Gorjita, menjadi suvenir resmi untuk KTT G20. 

Dompet ini terbuat dari kain goni atau jute, lalu digabung dengan kain endek khas Bali. Produk ini lahir dari keresahan tim EthneeQ ketika melihat para penenun kain endek di Klungkung, Bali, yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain EthneeQ, ada pula Faber Instrument Indonesia yang lolos kurasi. Pemasok suvenir resmi KTT G20 asal Jawa Barat ini menawarkan radio kayu dengan nuansa Indonesia.

“Saya menawarkan dengan 15 desain radio, hingga Smesco dikurasi kembali menjadi empat model yang memang sama dengan best seller (penjualan terbaik) kami,” kata Founder dan CEO Faber Instrument Indonesia, Helmi Suana Permanahadi.  

  • Batik Lasem Disiapkan Jadi Suvenir TWG G20
  • Kunjungan Turis Asing ke Bali Naik 45 Persen Jelang G20

Empat model tersebut adalah model Gede Pangrango, Wijaya Kusuma, Joglo, dan Cipanas. Nama-nama ini berawal dari keresahan Helmi soal kondisi ekonomi kreatif di Cianjur, kampung halamannya, yang menurun.

“Mereka itu lebih bangga dengan kota tetangga, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Bandung. Padahal di situ (Cianjur) banyak. Makanya saya ada di sini untuk membangun ekosistem dan inovasi,” terangnya. 

Ia pun berharap bisa mempromosikan potensi wisata Cianjur melalui nama-nama produknya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/10/23/060600427/20-umkm-terpilih-jadi-pemasok-suvenir-resmi-ktt-g20-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke