Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Pantai Cantik di Bangka Selatan, Air Lautnya Masih Jernih

KOMPAS.com - Bangka Selatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat cocok dikunjungi bagi pencinta pantai dan laut. Sebab, ada beberapa destinasi wisata pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi saat berlibur.

Jika ingin suasana yang lebih tenang dan privat, kamu juga bisa menyeberang ke beberapa pulau kecil di sekitarnya yang tak kalah mengagumkan.

Berikut sejumlah destinasi wisata pantai di Bangka Selatan yang bisa dijadikan pilihan destinasi berlibur.

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Dikutip dari situs Team Tourism Information Center (TIC) Kabupaten Bangka Selatan, pantai ini adalah salah satu sentra kuliner.

Para pengunjung bisa dengan mudah menemukan kedai-kedai makanan di sepanjang pantai, termasuk seafood alias makanan laut.

Jika perut sudah cukup terisi, kamu juga bisa bersantai sambil menyeruput kelapa muda dan menikmati pemandangan matahari terbenam di sana.

Daya tarik utama pantai ini adalah bongkahan batu granit berukuran besar yang ada di bibir pantai dan menyerupai perahu. Lokasinya ada di Desa Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut situs Direktori Pariwisata yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pantai itu memang cukup ikonik di kalangan wisatawan.

Tak jauh dari pantai terdapat dermaga yang kerap digunakan untuk memancing karena memang cukup banyak ikan di sana.

Selain aktivitas bermain di pantai dan memancing, pengunjung juga bisa berkunjung ke pantai ini untuk menyaksikan matahari terbenam.

3. Pantai Belawang

Pantai Belawang berlokasi di Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

Pantai yang masih alami dengan kontur pantainya yang landai, airnya sangat jernih sehingga karang hijau di dasar mudah terlihat oleh mata.

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah, bebatuan granit di bibir-bibir pantainya, serta air laut yang sangat jernih. Sehingga, karang hijau di dasarnya dapat terlihat oleh mata.


4. Pantai Kelisut

Pantai ini berlokasi di Desa Tanjung Ketapang, Kabupaten Bangka Selatan. Hanya sekitar 1,5 kilometer dari pusat Kota Toboali, sehingga pengunjung bisa mencapainya dengan naik kendaraan roda dua atau empat. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Batu Perahu.

Menurut TIC Kabupaten Bangka Selatan, pantai ini dipenuhi tanaman mangrove. Sehingga, meskipun pasirnya putih, sebagian areanya berlumpur.

Pantai yang awalnya hanya merupakan dermaga dan tempat nelayan lokal beraktivitas, kini mulai dikenal sebagai obyek wisata, olahraga, serta tempat berkemah. Adanya populasi kera juga menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Pantai Lampu berlokasi di di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

Aktivitas di pantai ini ternyata punya sejarah yang cukup panjang. Dikatakan, dulunya pada masa pendudukan Belanda, terdapat semacam tiang mercusuar yang menjadi penanda untuk kapal-kapal. Oleh karena itu, pantai ini dinamai Pantai Lampu.

Lingkungannya masih sangat alami, dengan air biru jernih, serta pantai yang relatif landai dan punya pasir putih halus.

Pengunjung yang datang bisa menikmati aktivitas berenang, memancing, atua sekadar memandangi pantai.

6. Pantai Nek Aji

Pantai ini punya lokasi yang cukup strategis karena dekat denan pusat kota, sehingga sering juga dijadikan lokasi penyelenggaraan kegiatan. Tepatnya, berada di Desa Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali.

Menurut Direktori Pariwista, Pantai Nek Aji berdekatan dengan destinasi ikonik Benteng Toboali.

Pepohonan rindang yang mengelilingi pantai membuat para pengunjung tak mudah kepanasan saat menikmati panorama pantainya. 

Sayangnya, menurut laporan Bangka Pos (04/07/2021), kondisi pantai ini sudah tak senyaman dulu dan sepanjang garis pantainya menjadi area parkir unit tambang isap, jenis ponton isap, tower, hingga jenis tungau yang diamankan oleh Kepolisian Resor Bangka Selatan.

Pantai Tanjung Kerasak berlokasi di Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan.

Pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal ini memberikan pemandangan yang begitu indah, dengan perpaduan air lautnya yang jernih serta pasir putih.

Barisan batu granit berbagai ukuran yang berjajar di pinggir pantai memberikan eksotisme tersendiri.

Hutan yang ada di sekitar pantai juga memberikan kesan rindang dan teduh, yang menambah kenyamanan pengunjung.

Pantai Tanjung Labun terletak di Desa Serdang atau bisa dicapai dengan berkendara sekitar 35 menit dari pusat Kota Toboali (sekitar 22 kilometer).

Keunikan pantai ini adalah bebatuan besar dan pasir putihnya yang tampak berpadu indah. Di sekelilingnya juga terdapat hutan rimbun yang nyaman untuk aktivitas luar ruang, seperti berkemah.

Dikutip dari Antara, kawasan pantai ini dulunya adalah hutan namun kemudian ditata menjadi kawasan wisata. Meski demikian, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Serdang tetap berupaya mempertahankan kealamian di kawasan itu.

Bersamaan dengan dibukanya pantai sebagai obyek wisata, mereka juga mulai menjajakan produk lokal desa. Selain menikmati keindahan landskapnya, pengunjung juga bisa menjajal aktivitas luar ruang, karena pantai ini juga dilengkapi perlengkapan sewa seperti tenda, tikar, hammock, dan lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/23/165045427/8-pantai-cantik-di-bangka-selatan-air-lautnya-masih-jernih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke