Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Aktivitas di Jakarta Escape, Wisata Bernuansa Alam di Jakarta Timur

KOMPAS.com - Jakarta Escape adalah salah satu tempat wisata di Ibu Kota yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan juga teman.

Hamparan rumput dan pohon yang hijau seluas 7 hektar ini memiliki beragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Jakarta Escape berlokasi di perbatasan antara Jakarta Timur dan Bekasi, tepatnya di Jalan Mabes 2 nomor 5, Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi.

Tempat wisata ini bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Pengunjung hanya perlu membeli voucer seharga Rp 50.000 untuk dapat masuk ke area ini.

Voucher ini nantinya dapat ditukarkan dengan makanan, minuman, dan juga wahana-wahana yang tersedia.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Jakarta Escape

Jika berkunjung ke Jakarta Escape, aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Memberi makan hewan di Hutan Bambu

Di Jakarta Escape, terdapat satu area bernama Hutan Bambu. Sesuai namanya, hutan ini dipenuhi tanaman bambu.

Namun, ada juga hewan-hewan di sana yang bisa kita lihat dan beri makan, seperti kelinci, ayam mutiara, rusa, dan kambing pygmy.

Tak hanya itu, biasanya di akhir pekan, Hutan Bambu akan mengundang komunitas hewan eksotis. Jadi, pengunjung dapat melihat beragam hewan eksotis di area ini pada akhir pekan.

"Bila pengunjung datang saat weekend, ada komunitas exotic pets yang turut meramaikan Hutan Bambu," kata Tim Komunikasi Marketing Jakarta Escape, Danar, pada Kompas.com (21/10/2022).

2. Piknik

Pengunjung yang datang juga dapat piknik di hamparan rumput yang hijau di area Jakarta Escape.

Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki peralatan piknik, sebab Jakarta Escape menyediakan paket piknik yang bisa disewa.

Harga penyewaan ini sebesar Rp 100.000, sudah termasuk peralatan piknik seperti, keranjang, tikar, dua gelas, dua piring, dan alasnya.

3. Kuliner di Sun-Day Market

Sun-Day Market yang ada di Jakarta Escape bisa dinikmati di hari Sabtu dan Minggu saja. Biasanya, Sun-Day Market ini diisi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis kuliner dan juga ada live music yang bisa dinikmati pengunjung.

Selain kuliner, pengunjung juga bisa bermain Virtual Reality Game, memanah, dan melukis pot. Aktivitas ini cocok untuk pengunjung yang membawa anaknya berlibur.

Namun, tentu saja orang dewasa juga boleh menikmati aktivitas yang ada di Sun-Day Market selain kuliner dan live music.

4. Wisata tur di Rumah Tempe

Di Rumah Tempe, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan tempe embun. Pembuatan tempenya juga dinilai higienis dan sehat. Pengunjung pun bisa membawa pulang tempe-tempe hasil produksi di Rumah Tempe ini.

"Di sini, pengunjung bisa menyaksikan langsung proses pembuatan tempe, melalui tur Rumah Tempe dan tentunya bisa membawa pulang tempe yang diproduksi di sini," kata Danar.

Untuk bisa masuk ke Rumah Tempe dan menikmati tur wisatanya, pengunjung perlu membayar Rp 100.000 per orang.

5. Keliling Jakarta Escape naik becak

Hamparan hijau yang luas di Jakarta Escape akan lebih lengkap jika bisa dinikmati secara menyeluruh, yakni dengan berkeliling menggunakan becak.

Jakarta Escape menyediakan becak yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk berkeliling melihat area ini secara keseluruhan.

"Dengan naik shuttle bus ini, kamu akan diajak berkeliling area Jakarta Escape. Bagi yang ingin berkeliling sendiri, tersedia becak yang disewakan untuk berkeliling," jelas Danar.  

6. Menginap di Jakarta Escape

Jika dirasa kurang puas menikmati wahana di Jakarta Escape dalam satu hari. Pengunjung bisa juga menyewa penginapan yang disediakan di Jakarta Escape.

Kapasitas yang dapat ditampung di penginapan ini pun beragam. Mulai dari kamar untuk dua orang hingga delapan orang. Kapasitas yang cocok untuk staycation bersama keluarga di akhir pekan dan juga hari libur.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/23/171500927/6-aktivitas-di-jakarta-escape-wisata-bernuansa-alam-di-jakarta-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke