Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Musim di Korea Selatan dan Waktu yang Tepat untuk Liburan

KOMPAS.com - Jika ingin liburan ke Korea Selatan, ada sejumlah informasi yang harus diketahui sebelum berangkat, termasuk cuaca dan musim di negara tersebut.

Negara yang dikenal akan Korean Wave ini memiliki empat jenis musim, yaitu musim semi (spring), musim panas (summer), musim gugur (autumn), dan musim dingin (winter).

  • Ke Korea Selatan Kini Tak Perlu Tes PCR
  • 7 Aktivitas Wisata di Korea Selatan, Festival hingga Alam

“Beberapa musim yang bisa dinikmati di Korea, ada spring pada Maret-Mei, summer pada Juni-Agustus, autumn September-November, dan winter Desember-Februari,” ujar PR and Media Officer Korea Tourism Organization (KT0) Jakarta Office, Novi Nursyahbani, saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022). 

Persiapan untuk berlibur di negara dengan iklim yang lebih beragam tentu tidak mudah. Mulai dari pakaian, perbekalan yang dibawa, hingga itinerary atau daftar perjalanan, menjadi aspek yang perlu diperhatikan. 

Lantas, pada musim apa sebaiknya wisatawan liburan ke Korea? Sebenarnya, hal tersebut tergantung soal apa dan ke mana tujuan yang ingin dicari. 

Apalagi, Novi menjelaskan bahwa tiap musim memiliki festival yang menarik. Tidak hanya di Seoul, tetapi juga di daerah-daerah di luar Seoul.

"Tiap musim apapun pasti ada tema festival tertentu," tutur dia.

Daftar empat musim di Korea Selatan

Dikutip dari Buku Panduan Wisata Korea terbitan Korea Tourism Organization, Minggu (23/10/2022), berikut rangkuman informasi tentang keempat musim di Korea Selatan. 

Musim semi

Musim semi terjadi pada bulan Maret hingga Mei. Umumnya, saat musim ini cuaca di Korea terlihat cerah dan terasa sejuk.

Akan tetapi, wisatawan disarankan untuk tetap menyiapkan jaket berbahan ringan lantaran suhu harian Korea bisa berubah-ubah.

Pada bulan-bulan ini, wisatawan juga disarankan menyiapkan masker debu apabila ada peringatan debu kuning di lokasi yang didatangi.

Musim semi sebenarnya sangat indah dengan bunga sakura yang bermekaran. Namun, musim ini tergolong padat untuk berkunjung ke Korea, sehingga kamu sebaiknya melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memastikan akomodasi yang tersedia.

Beberapa festival menarik yang digelar saat musim semi, seperti Festival Bunga Musim Semi Yeongdeungpo Yeouido yang menampilkan parade, pertunjukan, dan pameran bunga di bulan April. 

Lalu, Festival Api Jeju pada awal bulan Maret dan Festival Jinhae Gunhangje pada akhir Maret hingga awal April. 


Musim panas

Pada bulan Juni sampai Agustus, akan berlangsung musim panas di Korea. 

Di Korea, musim panas biasanya akan sangat panas dan lembap, dengan suhu bisa mencapai 39 derajat celsius pada tahun 2018. Musim hujan sendiri turun antara akhir Juni hingga akhir Juli.

Oleh karena itu, wisatawan bisa mengenakan pakaian yang ringan pada rentang waktu ini. Namun, tetap disarankan untuk membawa payung kecil atau kipas genggam.

Bulan-bulan musim panas umumnya agak ramai. Sementara itu, ketika musim hujan sudah tiba, maka banyak kegiatan yang harus disesuaikan dengan fluktuasi hujan yang lebat.

Festival musim panas di antaranya Festival Lumpur Boryeong pada Juli, Festival celadon Gangjin, dan Incheon Pentaport Rock festival. 

Musim gugur di Korea terjadi pada periode September hingga November. Musim ini dikatakan ideal untuk bepergian karena cuacanya cerah dan juga sejuk, dikutip dari laman Korea Tourism Organization, Minggu (23/10/2022). 

Pada waktu ini, iklimnya cukup hangat, cuacanya cerah, langit biasanya berwarna biru, ditambah dedaunan yang berguguran.

Akan tetapi, sebaiknya siapkan jaket yang ringan karena suhu di Korea dapat berubah-ubah sepanjang hari.

Beberapa festival seperti Festival Kembang Api Internasional Seoul di antara bulan September dan Oktober, Busan International film festival pada awal Oktober, Festival kembang Api Busan setiap Oktober, dan Jarasum International Jazz Festival pada Oktober. 

Musim dingin terjadi pada periode Desember hingga Februari setiap tahun. Pada musim ini, cuaca di Korea sangat dingin dan kering dengan suhu di bawah nol derajat.

Oleh karena itu, wisatawan yang ingin berlibur pada musim ini disarankan untuk menyiapkan perlengkapan musim dingin seperti topi, sarung tangan, syal, dan payung lantaran sering turun salju.

  • Berapa Lama Mengurus Visa ke Korea Selatan?
  • Berapa Biaya Visa ke Korea Selatan?

Musim dingin yang sangat dingin dan kering juga merupakan waktu yang bagus untuk berkunjung ke Korea jika wisatawan tertarik dengan olahraga musim dingin, karena tersedia banyak tempat untuk bermain ski. 

Festival yang ada saat musim dingin seperti Festival Es Sancheoneo Hwacheon. 

https://travel.kompas.com/read/2022/10/24/113400927/4-musim-di-korea-selatan-dan-waktu-yang-tepat-untuk-liburan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke