Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata di Kota Bajawa NTT, Bisa ke Mana Saja?

BAJAWA, KOMPAS.com - Kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada di Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari pemandian air panas hingga tempat wisata religi.

"Kota Bajawa merupakan satu destinasi yang selalu dikunjungi oleh wisatawan asing dan Nusantara," kata pengemudi asal Kabupaten Ende yang sering memandu tamu di Kabupaten Ngada, Rofinus Leonardus Ansel, kepada Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

  • Wisata Mangrove Watubaing, Destinasi Baru di Sikka NTT
  • Manggarai Timur NTT yang Kaya Goa Alam untuk Dikunjungi Wisatawan

Ia menjelaskan, paket perjalanan yang umumnya dijual oleh para agen perjalanan di Pulau Flores, yaitu dari Labuan Bajo ke Ruteng langsung ke Bajawa, kemudian berlanjut ke Kabupaten Ende dan berakhir di Maumere.

"Begitu pun dari arah timurnya, Maumere-Ende-Bajawa-Ruteng dan berakhir di Labuan Bajo. Kota Bajawa sudah masuk dalam peta perjalanan wisata dunia," ujar Rofinus.

Salah satu tempat wisata yang bisa didatangi adalah Taman Kartini di pusat Kota Bajawa.

  • Desa Wisata Mbengan di Manggarai Timur NTT, Punya Budaya dan Alam yang Menakjubkan
  • Mengenal Desa Mbengan di NTT yang Ditetapkan sebagai Desa Wisata

Taman yang memiliki tempat duduk dari bambu ini kerap dijadikan lokasi acara, mulai dari festival kopi hingga pentas seni. 

Di depannya ada Hotel Nusantara Kota Bajawa yang bisa jadi salah satu pilihan akomodasi. 

Rofinis melanjutkan, tempat wisata lainnya yang kerap dikunjungi wisatawan adalah Mengeruda-Soa, tempat para wisatawan mandi di kolam air panas.

Ada pula Kampung Tradisional Bena, Kampung Adat Tololela, Kampung Adat Gurusina, Bukit Wolobobo, perkebunan kopi, dan kawasan hutan bambu.

Bila berminat untuk wisata religi, mereka bisa mampir ke Seminari Santo Yohanes Berkhmans Mataloko dan gereja-gerejah bersejarah lainnya di Kota Bajawa yang dibangun oleh para misionaris. 

  • Berburu Momen Matahari Terbit di Bukit Wolobobo yang Penuh Tantangan
  • Wings Air Buka Rute Bajawa-Labuan Bajo, Tarif Mulai Rp 553.400

Sementara itu, pemandu wisata Overland, John Nekuaja, menerangkan bahwa wisatawan biasanya mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Bajawa, antara lain Perkampungan Adat Bena, Gurusina, dan Manulalu.

Mereka juga berkunjung ke Puncak Inerie, serta Kampung Tradisional Kawa dan Mauponggo.

"Saya sering memandu tamu asing yang berwisata di destinasi di Kota Bajawa dan destinasi di sekitar Bajawa. Turis sangat suka dengan hawa dingin di Kota Bajawa," ujar John.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/26/210324127/wisata-di-kota-bajawa-ntt-bisa-ke-mana-saja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke