Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah 23 Tahun, Teratai di Danau Rana Tonjong NTT Mekar Lagi pada Oktober

POTA, KOMPAS.com - Bunga teratai di Danau Rana Tonjong di Kelurahan Pota, Nusa Tenggara Timur (NTT), mekar pada bulan Oktober, atau di luar periode mekarnya yang biasanya pada April-Juli. 

"Benar, saya lihat sendiri saat memantau di lokasi Danau teratai Rana Tonjong, teratai mekar. Ini hal tidak biasa di Danau teratai Rana Tonjong," kata Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang bertugas di Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Arsyad, saat dihubungi Kompas.com, (27/10/2022).

  • Wisata di Kota Bajawa NTT, Bisa ke Mana Saja?
  • Wisata Mangrove Watubaing, Destinasi Baru di Sikka NTT

"Warga juga sangat heran dengan peristiwa ini. Kemungkinan karena pasokan air di danau membuat teratai mekar. Tapi, butuh penelitian lebih lanjut berkaitan dengan peristiwa ini," imbuhnya.

Arsyad, yang juga koordinator Destinasi Pariwisata Pantai Utara (Pantura), mengatakan, peristiwa mekarnya bunga teratai di danau ini pada bulan Oktober terakhir kali terjadi pada tahun 1999, atau 23 tahun lalu.

Pada waktu itu, bunga teratai mekar akibat curah hujan yang cukup tinggi. Namun, setelahnya, kekeringan mendera danau setiap bulan Oktober. 

Tidak hanya itu, pada 30 Oktober 2018, terjadi kebakaran yang menghanguskan seluruh teratai di danau tersebut. 

  • Manggarai Timur NTT yang Kaya Goa Alam untuk Dikunjungi Wisatawan
  • Desa Wisata Mbengan di Manggarai Timur NTT, Punya Budaya dan Alam yang Menakjubkan

"Saya sangat terharu dengan kejadian Oktober 2022 ini teratai Rana Tonjong berbunga secara menyeluruh. Saya terus memantau danau teratai Rana Tonjong," jelasnya.

Ia berharap agar teratai tetap terjaga berkat ketersediaan air di danau tersebut, dengan menggali sumur bor.

Seorang pengunjung Danau Rana Tonjong, Yona Kana, mengaku takjub akan mekarnya bunga teratai di danau tersebit. 

"Mari berkunjung untuk menyaksikan dan melihat danau lotus terbesar di dunia yang berada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

https://travel.kompas.com/read/2022/10/27/140600427/setelah-23-tahun-teratai-di-danau-rana-tonjong-ntt-mekar-lagi-pada-oktober

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke