Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Bandara AP I Raih Penghargaan Kemenhub, Bali hingga Makassar

KOMPAS.com - Sebanyak 12 bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (AP I) mendapat penghargaan dalam Penganugerahan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2021-2022 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (26/10/2022).

"Penghargaan yang diterima oleh 12 bandara yang kami kelola ini merupakan wujud apresiasi serta pengakuan atas komitmen dan kinerja Angkasa Pura I dalam memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (27/10/2022). 

  • Trafik Penumpang Bandara AP I Naik 127 Persen pada September 2022
  • Hotel Kapsul Pertama Hadir di Bandara Ngurah Rai Bali, Ini Fasilitasnya

Selama dua tahun ke belakang, katanya, AP I menghadapi tantangan yang cukup sulit, yaitu pandemi Covid-19.

Faik menjelaskan, di satu sisi, AP I dituntut untuk dapat menghadirkan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa. Di sisi lain, ada aturan terkait protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

"Integrasi layanan dengan protokol kesehatan ini menjadi hal yang sangat menantang bagi kami. Namun demikian, kami berhasil dalam menjawab tantangan ini," imbuhnya. 

Daftar 12 bandara AP I yang dapat penghargaan Kemenhub

Adapun 12 bandara kelolaan Angkasa Pura I yang berhasil meraih penghargaan adalah:

Adapun penghargaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi ini mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018.

Terdapat enam aspek penilaian, yaitu aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Diketahui sebanyak 136 unit pelayanan publik telah mengikuti proses penilaian penghargaan ini.

"Tujuan dari semua tugas kita adalah bagaimana para pengguna itu puas. Itulah yang menjadi aim dari pekerjaan kita," ujar Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Menurutnya, bangunan yang bersih dan bagus atau pelayanan yang bagus, menjadi satu tuntutan bagi pihak pelaku pelayanan publik sektor transportasi untuk melakukan pengembangan dari waktu ke waktu. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto, mengatakan bahwa pemberian penghargaan kepada unit pelayanan publik sektor transportasi merupakan upaya pemerintah dalam mendorong semangat, kreativitas, motivasi, dan inovasi pelayanan di unit-unit pelayanan publik.

"Ini dalam rangka perbaikan dan peningkatan kinerja pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan masyarakat pengguna jasa transportasi," ujar Novie.

  • 4 Tips Check-in Online untuk Naik Pesawat, Perhatikan Waktu
  • Aturan Bawa Drone ke Dalam Pesawat, Ini Ketentuan Kemenhub
  • Cara Transit Pesawat Bagi Pemula dengan Satu atau Beda Maskapai

Pelaksanaan proses penilaian penghargaan ini dilakukan oleh tim independen yang terdiri dari wakil sejumlah badan dan instansi, yaitu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kantor Staff Kepresidenan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, akademisi, pengamat transportasi, serta perwakilan jurnalis.

Faik mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi bagi AP I untuk terus melakukan inovasi dan menepati komitmen.

"Ke depannya, kami bertekad untuk dapat mempertahankan capaian ini, bahkan untuk melampauinya," tutup Faik.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/27/160900927/12-bandara-ap-i-raih-penghargaan-kemenhub-bali-hingga-makassar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke