Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Para Kepala Negara G20 Disebut Bakal Pakai Kain Khas Indonesia

KOMPAS.com - Para kepala negara yang hadir pada pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 nanti disebut akan memakai pakaian tradisional Indonesia.

Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Namun, ia tak memaparkan lebih jauh lantaran rinciannya masih belum difinalisasi.

“Ini agak element of surprise. Lagi difinalkan, mohon sabar, tapi tentunya salah satu opsi utama adalah batik atau kain Endek, karena kebetulan ada di Bali."

"Jadi desainernya, motifnya seperti apa, ini nanti akan disampaikan saat kami sudah memfinalkan,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara hybrid, Senin (31/10/2022).

Target devisa pariwisata saat G20

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga memperkirakan adanya kunjungan sekitar 50.000 wisatawan mancanegara selama KTT G20 pada November mendatang.

Dengan target sekitar 2.000-3.000 dollar AS pengeluatan per wisatawan atau peserta konferensi, ia memperhitungkan, tambahan devisa pariwisata akan mencapai sekitar 100 juta dollar AS hingga 150 juta dollar AS.

  • Bali PPKM Tanggal 12-17 November 2022, Lancarkan G20
  • Penyesuaian Operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Selama G20

Angka itu dinilai sudah cukup baik, mengingat Indonesia baru membuka pintu wisatawan mancanegara tahun ini setelah menjaga ketat perbatasan dalam dua tahun pandemi.

"Jadi ini secara kontribusi mungkin bisa sampai 20-25 persen daripada devisa pariwisata yang kita dapatkan dari wisatawan mancanegara," ucapnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/31/225242027/para-kepala-negara-g20-disebut-bakal-pakai-kain-khas-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke