Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan Irit ke Malaysia, Segini Kisaran Bujetnya

KOMPAS.com - Anggaran adalah salah satu hal penting yang harus disiapkan jika berencana pergi liburan. Termasuk jika mau berlibur ke negara tetangga, seperti Malaysia.

Berapa kisaran bujet liburan ke Malaysia yang perlu disiapkan? Berikut rinciannya, seperti dirangkum Kompas.com.

Bujet liburan ke Malaysia

Tiket pesawat

Perlu diingat, harga tiket pesawat bisa sangat fluktuatif sepanjang tahun. Jika ingin mendapatkan harga tiket paling murah, pastikan kamu membeli untuk periode low season. 

Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta, Haryanty Abu Bakar mengatakan, saat ini kisaran harga tiket normal Jakarta-Kuala Lumpur untuk periode low season sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta pergi-pulang (PP).

Sebagai alternatif, berdasarkan pantauan Kompas.com lewat Online Travel Agent (OTA), harga tiket pesawat Jakarta-Kuala Lumpur penerbangan langsung sekali jalan pada Januari 2023 berada di kisaran mulai dari Rp 1,18 juta, menggunakan maskapai Malaysia Airlines.

Sedangkan untuk periode high season Desember 2022, harga tiket Jakarta-Malaysia sudah menyentuh Rp 1,7 juta sekali berangkat.

Sebagai catatan, kamu juga berkesempatan mendapatkan harga tiket jauh lebih murah daripada harga normal saat low season dengan rajin berburu promo.

Biaya asuransi perjalanan

Meski asuransi tidak lagi menjadi syarat utama saat memasuki Malaysia, namun tetap dianjurkan membeli asuransi perjalanan yang bisa mengutupi biaya penanganan Covid-19.

Ini untuk mengantisipasi jika saat berlibur di Malaysia kita terpapar Covid-19.

"Kami menyarankan bagi siapapun saat bepergian ke mana pun agar membeli juga asuransi perjalanan. Tidak mahal harganya, sesuai dengan jangka waktu perjalanan, sebab ada asuransi yang juga menanggung biaya penanganan di rumah sakit selama dia terkena Covid-19," terang Co-Founder Travel Wholesale Center, Halim, kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Adapun kisaran harga asuransi perjalanan ke Malaysia selama tiga hari diperkirakan sampai Rp 200.000, tergantung berapa durasi perjalanan dan jenis jasa penyedia asuransi. Asuransi ini bisa dibeli di berbagai agen perjalanan atau dibeli langsung di perusahaan asuransi.

Biaya transportasi umum

Untuk transportasi umum, Haryanty mengatakan seluruh destinasi di sekitar Kuala Lumpur relatif bisa dijangkau menggunakan moda transportasi umum, seperti MRT, LRT, dan KTM.

"Kalau tarif minimum itu 1 ringgit 50 sen, atau sekitar Rp 5.000, bayarnya juga bisa cashless dengan kartu uang elektronik, tapi itu hanya untuk area Kuala Lumpur," kata dia, Rabu.

Sedangkan bila ingin menjangkau wilayah di luar Kuala Lumpur, seperti Penang dan lain sebagainya, Haryanty mengatakan sudah ada sistem transportasi seperti kereta api dan kereta cepat. Selain itu, ada pula transportasi online seperti Grab dan taksi.

Haryanty mengatakan, pada umumnya anak-anak muda yang liburan ke Malaysia tanpa ikut agen perjalanan cenderung memesan hotel bintang tiga ke bawah.

Selain hotel, ada pula pilihan akomodasi hemat lainnya, seperti hostel.

"Kami juga punya banyak hotel konsep hotel kapsul di Kuala Lumpur, Malaka, Penang, Johor. Tarifnya di bawah Rp 500.000 per malam, bahkan Rp 300.000 juga masih dapat, tidak begitu mahal karena kan tujuannya bukan untuk menginap, hanya taruh koper, jalan-jalan dan tidur," ujar dia.

Contohnya, ada The Good Travelers Hostel yang membanderol kamar mereka mulai dari Rp 125.000 per malamnya, dengan jarak sekitar 9 kilometer dari Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Lalu ada pula Tune Hotel KLIA Aeropolis yang hanya Rp 238.000 per malamnya dan hanya berjarak 1,8 kilometer saja dari Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Beragam pilihan tersebut bisa kamu survei terlebih dulu lewat berbagai situs OTA dan disesuaikan dengan kemampuan bujet.

Sementara itu, untuk biaya makan, pilihan street food hingga restoran sangat beragam. Kamu bisa menyiapkan bujet sekitar Rp 20.000-Rp 25.000 sekali makan untuk makanan standar.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/03/113153927/liburan-irit-ke-malaysia-segini-kisaran-bujetnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+