Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Check-in Pesawat, Berapa Jam Sebelum Berangkat? Ini Jawabannya

KOMPAS.com - Check-in pesawat adalah salah satu prosedur yang perlu dijalani ketika memilih moda transportasi udara.

Pada proses tersebut, penumpang akan melakukan pelaporan pada maskapai terkait jadwal penerbangannya dan bagasi tercatat.

Check-in pesawat berapa jam sebelum berangkat?

Check-in pesawat dapat dilakukan secara langsung di konter maskapai atau secara online melalui aplikasi atau web. Namun, penumpang tetap harus memerhatikan jangka waktu check-in maskapai yang digunakannya.

Untuk check-in bandara maskapai Pelita Air, misalnya, calon penumpang dapat melakukannya mulai dari dua jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Idealnya untuk airport check-in window time 120-30 menit sebelum keberangkatan,” kata Wakil Sekretaris Korporat Pelita Air, Agdya P.P Yogandari, pada Kompas.com, Rabu (03/11/2022).

Sementara check-in bandara maskapai Garuda Indonesia untuk rute domestik bisa dilakukan mulai dari 120 menit hingga 45 menit sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk rute internasionalnya mulai dari 180 menit hingga 60 menit sebelum berangkat.

Adapun jangka waktu check-in Garuda Indonesia di kiosk Bandara Soekarno-Hatta dengan rute penerbangan domestik bisa dilakukan mulai dari delapan jam hingga satu jam sebelum keberangkatan dan rute penerbangan internasional mulai dari empat jam sampai satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

Berbeda dengan check-in melalui konter maskapai, di bandara Soekarno-Hatta, check-in di konter untuk rute domestik bisa dilakukan 120-45 menit sebelum berangkat. Untuk rute internasional sendiri, bisa dilakukan 180-60 menit sebelum keberangkatan.

Penting untuk mencari tahu terlebih dahulu jangka check-in untuk maskapai yang kita tumpangi, sehingga perjalanan menjadi lebih lancar.

Check-in secara online

Sering kali penumpang yang sudah melakukan check-in secara online tidak perlu lagi check-ini di konter maupun kiosk bandara. Kecuali, jika membawa bagasi.

“Kalau membawa bagasi tercatat, bukan carry-on (bagasi kabin), tinggal membawa bagasi ke counter baggage drop (konter peletakkan bagasi),” tambah Agdya.

Jangka waktu check-in secara online bisa saja berbeda. Untuk maskapai Garuda Indonesia, misalnya, check-in secara online dapat dilakukan melalui aplikasi dan situs resmi Garuda Indonesia.

Untuk rute penerbangan domestik, jadwal check-in dapat dilakukan mulai dari 48 jam hingga dua jam sebelum jadwal keberangkatan. Sedangkan, untuk rute penerbangan internasional, jadwal check-in mulai dari 48 jam hingga delapan jam sebelum keberangkatan.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/03/141533327/check-in-pesawat-berapa-jam-sebelum-berangkat-ini-jawabannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke