Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Wisata ke Havana Hills Cilacap, Jangan Pakai Sepatu Hak Tinggi

KOMPAS.com - Havana Hills di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, ini cocok menjadi tempat rekreasi keluarga saat akhir pekan. Mengusung konsep outdoor area (area luar ruangan), Havana Hills punya sederet atraksi seru untuk dicoba.

Pengunjung harus membeli tiket terlebih dulu di lokasi agar bisa masuk ke tempat wisata ini. Harganya mulai Rp 15.000 per orang. Mereka juga harus membayar biaya tambahan di beberapa atraksi berbayar lainnya.

Misalnya, untuk mencoba Bioskop VR, pengunjung harus merogoh kocek mulai Rp 15.000 pada hari Senin-Jumat, serta Rp 20.000 pada hari Sabtu dan Minggu.

Kemudian ada pula wahana perosotan pelangi, yang biayanya mulai Rp 15.000, playground anak yang dikenakan tarif mulai Rp 15.000, wahana ATV dengan tarif mulai Rp 25.000, dan camping ground dengan tarif mulai Rp 50.000 per orang per malam.

"Camping ground tarifnya Rp 50.000 per orang untuk orang dewasa, untuk anak-anak di bawah 90 cm masih gratis, itu udah termasuk tenda dan matras, tapi belum termasuk tiket masuk, camping tersedia setiap hari," terang Digital Marketing Havana Hills, Isti, kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Tips berkunjung ke Havana Hills Cilacap

Sebelum berkunjung ke Havana Hills, wisatawan dianjurkan mengetahui sejumlah tips berikut agar jalan-jalanmu nyaman dan menyenangkan.

1. Bawa topi, kacamata hitam, dan payung

Cuaca di wilayah ini cukup terik saat siang hari, sehingga pengunjung disarankan membawa pelindung kepala seperti payung dan topi.

"Karena siang cukup panas, kita rekomendasikan pengunjung harus pakai sunscreen (tabir surya), kacamata hitam, dan topi," kata Isti.

Meski begitu, pemandangan dari atas bukit saat cuaca cerah akan tampak bagus bila menjadi latar foto, karena memperlihatkan panorama yang menyeluruh.

2. Pakai pakaian yang nyaman

Isti juga menyarankan pengunjung agar memakai pakaian yang nyaman saat berwisata.

"Kalau datang pagi, atau sore bisa bawa jaket karena udara cukup sejuk. Tapi kalau siang itu memang panas, jadi pakai baju yang nyaman saja," ujar dia.

3. Pakai alas kaki yang rata

Isti mengimbau pengunjung agar tidak menggunakan sepatu hak tinggi atau heels jika mengunjungi Havana Hills karena kebanyakan rute terdiri dari anak tangga.

"Jangan pakai heels karena rute nya di sini bertangga, jadi disarankan pakai flat shoes atau sneakers," kata dia.

Selain itu, sehubungan dengan kondisi tersebut, maka Havana Hills juga tidak direkomendasikan untuk pengunjung lanjut usia lantaran dikhawatirkan mereka akan mudah lelah.

Havana Hills buka setiap hari, pukul 10.00 WIB-22.00 WIB. Namun, waktu paling pas untuk datang ke sini ialah mulai pukul 15.00 WIB.

"Kebanyakan pada datang sekitar jam tiga sore sampai malam hari, soalnya berburu pemandangan lampu-lampu dari kota kelihatan jelas," ujarnya.

5. Dilarang bawa makanan dan minuman dari luar

Pihak pengelola Havana Hills melarang pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar.

Hal ini karena di tempat tersebut sudah tersedia beberapa tenant kuliner yang menjajakan aneka kudapan dan makanan berat, dengan kisaran harga mulai dari Rp 10.000 untuk kudapan, serta mulai Rp 25.000 untuk paket nasi lauk.

Adapun pembayarannya harus secara tunai.

6. Bawa kendaraan pribadi

Wisatawan yang hendak ke Havana Hills disarankan untuk membawa kendaraan pribadi.

Hal ini karena, meski akses transportasi online dari Kota Cilacap menuju Havana Hills terbilang mudah, namun tidak berlaku sebaliknya.

"Sebaiknya ke sini bawa transportasi pribadi, karena kalau dari Kota Cilacap ke Havana Hills itu ojek online memang mudah, tapi kalau dari Havana Hills ke kota (Cilacap) itu susah dapatnya," tutup Isti.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/05/080500527/6-tips-wisata-ke-havana-hills-cilacap-jangan-pakai-sepatu-hak-tinggi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke