Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta Bird Land Ancol, Bisa Interaksi dengan Ratusan Burung

KOMPAS.com - Jakarta Bird Land yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol resmi dibuka hari Sabtu 5 November 2022.

"Pada semester dua tahun 2022 ini kami kembali menghadirkan wahana baru yang disebut Jakarta Bird Land," kata Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Eddy Prastyo kepada Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Ia melanjutkan, Jakarta Bird Land adalah suatu area atraksi baru di dalam lingkungan Ancol yang lokasinya berdekatan dengan SeaWorld dan Ocean World Samudera, sehingga menjadi kesatuan edutainment berbasis animal.

Memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi, Jakarta Bird Land menjadi rumah bagi ratusan ekor burung dari 50 spesies, burung lokal dan mancanegara.

Secara keseluruhan, terdapat enam area yang diisi oleh masing-masing kelompok burung, seperti American Macaw Area yang berisi kelompok burung makau dan kakatua.

Berikutnya area Indonesian Cockatoo yang diisi oleh berbagai jenis burung Kakatua asli Indonesia seperti kakaktua jambul kuning, kakatua raja, kakatua putih, dan kakatua galah.

Kemudian area Hornbill Family atau rangkong diisi oleh beberapa jenis burung berparuh besar dan melengkung.

Di Jakarta Bird Land terdapat burung rangkong jantan bernama Ringgo dan betina bernama Rani yang bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjung.

Berikutnya ada Aviary and Free Range Bird atau burung-burung di dalam kandang, hingga Water Bird yang berisi aneka spesies burung-burung perairan, seperti bebek mandarin, angsa hitam dan burung pelikan.

Serunya interaksi dengan burung di Jakarta Bird Land

Menariknya selain melihat burung yang dilepas secara bebas, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi berupa pertunjukan mini beberapa jenis burung sekitar 15 menit di teater utama.

Jika ingin tahu lebih jelas mengenai burung yang ada di sana, kamu juga bisa bertanya langsung kepada para petugas (tim education guide).

"Pengunjung juga akan kita beri penjelasan oleh tim education guide seputar burung yang ada, mulai dari makanannya, habitatnya," imbuh Eddy.

Tak lupa, ia mengimbau agar pengunjung tidak membawa makanan dan minuman dari luar, termasuk makanan burung.

Sebab jika ingin berinteraksi dan memberi makan burung, pengunjung bisa meminta langsung pada petugas yang ada di lokasi.

Dari sekian banyak burung di sini, salah satu jenis yang terbulang unik yaitu elang laut dada putih. Burung ini memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu dan berkembang biak di sana.

Selain itu terdapat pula burung yang juga merupakan hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol yaitu jalak bali, sekaligus burung endemik Indonesia dan salah satu jenis satwa yang statusnya terancam punah.

Jam buka dan tiket masuk Jakarta Bird Land

Jakarta Bird Land Ancol buka setiap hari, mulai pukul 09.30 WIB-16.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp 75.000 saat hari biasa, dan Rp 95.000 di akhir pekan.

Tiket dapat dibeli sebelum berkunjung, lewat laman resmi Ancol (www.ancol.com), pada menu Tiket & Promo, lalu pilih tiket Jakarta Bird Land.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/05/143602127/jakarta-bird-land-ancol-bisa-interaksi-dengan-ratusan-burung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke