Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Check-In Pesawat Online Maskapai Lion Air Group

KOMPAS.com - Pada Hari Perhubungan Nasional 2022 pada 13 September, Lion Air Group meluncurkan fitur check-in di aplikasinya, yakni Batik Air dan Lion Air. Fitur ini akan memudahkan check-in mandiri penumpang.

“Tak perlu repot-repot lagi melakukan check-in di bandara, serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers yang Kompas.com terima (06/11/2022).

Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui smartphone masing-masing. Jika mengunduh aplikasi resmi, penumpang bisa mendapatkan bagasi gratis sebesar dua kilogram.

Cara check-in di aplikasi Lion Air Group

Adapun cara check-in melalui aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lion Air atau Batik Air dan pilih menu Online Check-in
  2. Masukkan kode pemesanan (booking reference number/PNR) di tiket yang terdiri 6 karakter, yaitu 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) penumpang
  3. Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan, seperti apakah barang tersebut tergolong barang berbahaya atau tidak.
  4. Klik “Lanjut” (continue) untuk melanjutkan proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom).

Setelah menjalani empat langkah tersebut, proses check-in penerbangan Lion Air Group pun selesai.

Syarat check-in pesawat Lion Air Group

Selain itu, terdapat beberapa ketentuan yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan check-in mandiri secara daring melalui aplikasi Lion Air atau Batik Air. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

Fasilitas check-in online ini tidak berlaku bagi penumpang yang melakukan group booking lebih dari 10 orang, akan melakukan penerbangan lanjutan dengan maskapai berbeda, bayi di bawah usia 2 tahun, dan penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara.

Penumpang dengan bantuan khusus meliputi, penumpang kondisi hamil, anak-anak usia di bawah 12 tahun yang melakukan perjalanan sendiri, dan penumpang yang memerlukan kursi roda, stretcher case atau tempat tidur khusus, serta penumpang yang membutuhkan alat pegangan khusus lainnya.

Boarding pass digital tersebut berisikan nomor penerbangan, kode batang untuk dipindai di bandara, waktu keberangkatan, gate atau nomor pintu ruang tunggu, terminal keberangkatan, kode reservasi atau booking, nama penumpang, nomor kursi penumpang, serta batas berat bagasi tercatat atau bagasi kabin.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/07/150300027/cara-check-in-pesawat-online-maskapai-lion-air-group

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke