Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Wisata untuk Peringati Hari Pahlawan 10 November

KOMPAS.com – Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November di Indonesia. Tahun ini, Hari Pahlawan akan jatuh pada hari Kamis (10/11/2022).

Selain membagikan ucapan lewat pesan singkat, masyarakat juga bisa mendatangi beberapa tempat untuk melakukan tapak tilas perjuangan para pahlawan.

  • 5 Tempat di Surabaya untuk Memperingati Hari Pahlawan
  • 25 Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022, Kobarkan Jiwa Nasionalisme

Berikut enam rekomendasi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi sehubungan dengan Hari Pahlawan:

Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur ini merupakan salah satu ikon di Kota Surabaya.

Dilaporkan Kompas.com pada Selasa (08/11/2022), monumen ini didirikan untuk mengenang peristiwa Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945.

Monumen ini buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp5.000 per orang.

Selanjutnya, ada Monumen Jogja Kembali yang berada di Dusun Jongkang, Kelurahan Sarihardjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Monumen ini dibangun sebagai peringatan kembalinya Kota Yogyakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia yang direbut penjajah Belanda, dilansir dari Kompas.com pada Sabtu (08/10/2022).

Pengunjung dapat mempelajari mengenai sejarah kembalinya Yogyakarta ke tangan pemerintah Indonesia. Monumen ini juga menyimpan berbagai macam koleksi terkait perjuangan Indonesia melawan penjajah.

Monumen ini buka tiap hari Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp15.000.

Monumen Jenderal Sudirman ini berada di Dusun Sobo, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (17/08/2021), monumen tersebut dibangun di Desa Pakis karena desa tersebut sempat digunakan sebagai markas Jenderal Sudirman dan pasukannya pada 1 April-7 Juli 1949.

Di monumen ini terdapat patung Jenderal Sudirman setinggi kira-kira delapan meter. Di sisi bangunan terdapat relief dari tembaga yang mengilustrasikan kehidupan Jenderal Sudirman.

Harga tiket masuknya mulai Rp5.000 per orang.

Sekitar empat kilometer dari Monumen Jenderal Sudirman, terdapat rumah yang dulunya difungsikan sebagai markas Jenderal Sudirman dan pasukannya.

Rumah joglo tersebut dulunya milik seseorang bernama Karsosemito.

Jenderal Sudirman dan pengawalnya dikabarkan menggunakan empat kamar di rumah itu, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (02/03/2019).

Di dalam rumah tersebut juga dipajang foto-foto dan informasi seputar perjuangan Jenderal Sudirman.

Selain di Pacitan, Kabupaten Purbalingga juga memiliki monumen Jenderal Sudirman yaitu monumen tempat kelahirannya. Lokasinya di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Di dalam monumen tersebut terdapat replika perabotan rumah, dikutip dari Kompas.com, Selasa (11/01/2022).

  • Hari Pahlawan, Kisah Hotel Majapahit Surabaya yang Legendaris
  • Harga Tiket dan Jam Buka Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman di Purbalingga

Monumen tersebut juga dilengkapi diorama yang mengisahkan perjalanan hidup Jenderal Sudirman dari lahir hingga meninggal.

Tempat ini buka pukul 09.00-17.00 WIB, dengan tiket masuk seharga mulai Rp5.000.

Terakhir, ada Monumen Palagan Ambarawa yang terletak di Jalan Monsinyur Sugiyopranoto, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dilansir dari Kompas.com pada Kamis (22/09/2022), monumen ini didirikan untuk memperingati Pertempuran Ambarawa, yang berlangsung selama empat hari. 

Pertempuran tersebut guna mempertahankan daerah dari tentara sekutu yang diboncengi Nederlandsch Indische Civiele Administatie (NICA).

Di dalam monumen ini terdapat Museum Isdiman yang mengoleksi lukisan dan foto yang menggambarkan suasana pertempuran.

Selain itu, terdapat koleksi pakaian dan senjata yang dipakai dalam pertempuran. Ada pula benda-benda milik tentara sekutu.

Harga tiket masuknya mulai Rp7.000 per orang. Pengunjung yang membawa kendaraan dikenakan tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp4.000 untuk mobil.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/09/083106527/6-tempat-wisata-untuk-peringati-hari-pahlawan-10-november

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke