Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hong Kong Akan Bolehkan Grup Turis Asing Kunjungi Taman Hiburan

KOMPAS.com - Pemerintah Hong Kong berencana melonggarkan syarat perjalanan bagi grup wisatawan asing. Ketentuan khusus terkait rencana ini akan diluncurkan bulan November 2022 ini.

Nantinya, grup wisatawan asing akan diperbolehkan mengunjungi taman hiburan (theme parks), museum, dan kuil. Mereka juga akan dapat makan di tempat, tepatnya di area yang telah diberi pembatas, di lokasi yang telah ditentukan.

  • Punya Destinasi Wisata Baru, Berikut Tempat yang Perlu Disambangi Saat Berlibur ke Hong Kong
  • 6 Wisata Seru di Hong Kong, Bisa Kulineran dan Naik Wahana Air Ekstrem

"Ketentuan baru ini dapat mendukung kembalinya pasar inbound (pelancong asing yang masuk ke Hong Kong) secara bertahap, serta menyediakan lingkungan usaha yang lebih menguntungkan untuk pelaku pariwisata," bunyi keterangan dari Pemerintah Hong Kong, dikutip dari news.gov.hk, Senin (7/11/2022).

Adapun rencana tersebut akan berlaku bagi grup wisatawan asing pemegang amber code di bawah naungan Vaccine Pass, serta diterima oleh agen perjalanan berlisensi.

Vaccine Pass adalah langkah pencegahan epidemi yang penting. Dilansir dari laman coronavirus.gov.hk, Vaccine Pass bertujuan mendorong masyarakat untuk divaksinasi dan memungkinkan penduduk untuk kembali hidup normal. 

Sebagai informasi, amber code merupakan salah satu fungsi Vaccine Pass, biasanya diperuntukkan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). 

Selanjutnya, para grup wisatawan asing wajib menggunakan aplikasi LeaveHomeSafe dan mematuhi syarat perjalanan yang berlaku.

Sementara itu, agen perjalanan yang berlisensi juga wajib mendaftarkan riwayat perjalanan (itinerary) bagi grup wisatawan asing terlebih dahulu kepada Dewan industri Perjalanan Hong Kong, serta mematuhi syarat perjalanan yang ada.

  • Hong Kong Hapus Karantina untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri
  • Hong Kong Tawarkan 4 Tema Wisata Baru, Ada Aktivitas Outdoor

Pemerintah Hong Kong masih akan mengumumkan rincian implementasi rencana bagi grup wisatawan asing ini.

Hal tersebut termasuk atraksi wisata yang ditentukan, protokol pencegahan epidemi bagi tempat makan yang ditentukan, dan protokol pencegahan epidemi bagi agen perjalanan yang menerima grup wisatawan asing. 

Sebelumnya Hong Kong telah menghapus kewajiban karantina di hotel bagi PPLN pada bulan September 2022. Namun, mereka tidak diizinkan mengunjungi restoran atau mal selama tiga hari setibanya di Hong Kong.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/09/111639927/hong-kong-akan-bolehkan-grup-turis-asing-kunjungi-taman-hiburan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke