Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Wisata Cilacap Lengkap, Ada Pantai hingga Air Terjun 

KOMPAS.com - Kabupaten Cilacap merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menyimpan banyak potensi wisata. 

Wisata di Cilacap terbilang lengkap mulai dari pantai, air terjun, dataran tinggi, hutan mangrove, wisata sejarah, dan sebagainya. Selain wisata alam, Cilacap juga menawarkan sejumlah tempat wisata yang instagramable. 

Selain itu, Kabupaten Cilacap juga memiliki pulau yang terkenal yakni Pulau Nusakambangan.

Meskipun memiliki kesan menyeramkan karena terdapat lembaga pemasyarakatan (lapas), namun Pulau Nusakambangan juga memiliki sejumlah pantai pasir putih yang indah. 

Daftar tempat wisata Cilacap lengkap

Berikut daftar tempat wisata di Cilacap seperti dihimpun Kompas.com. Destinasi wisata tersebut bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan. 

Pantai Teluk Penyu merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Cilacap. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih dua kilometer dari pusat pemerintahan, tepatnya di Kecamatan Cilacap Selatan. 

Mengutip laman Wisata Cilacap, pemandangan khas pantai ini adalah panorama Pulau Nusakambangan dan kapal tanker pengangkut minyak PT Pertamina (Persero). 

Selain itu, Pantai Teluk Penyuk mempunyai pasir bersih serta ditumbuhi banyak pepohonan, sehingga menciptakan suasana teduh bagi para pengunjung.

Tak hanya Yogyakarta, Kabupaten Cilacap juga memiliki Pantai Cemara Sewu. Sesuai namanya, pantai ini mempunyai barisan pohon cemara yang rindang dan rimbun tempat berteduh wisatawan. 

Pohon cemara yang tumbuh di Pantai Cemara Sewu adalah jenis cemara udang dengan ketinggian 65 sampai dengan 90 meter. 

Mengutip situs Wisata Cilacap, pantai ini juga disebut dengan nama Pantai Jetis oleh masyarakat sekitar. Lokasi Pantai Cemara Sewu berada Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. 

3 Pantai Karangpakis

Mengutip situs Visit Jawa Tengah, Pantai Karangpakis memiliki bibir pantai yang landai dan luas. Para pengunjung baik anak-anak hingga dewasa dapat bermain di tepian pantai sembari menikmati semilir angin pantai

Oleh sebab itu, Pantai Karangpakis menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat setempat untuk berwisata di akhir pekan atau hari libur. 

Lokasi Pantai Karangpakis berada di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. 

Lokasi pantai ini cukup strategis, serta mudah dijangkau angkutan umum jurusan Cilacap – Gombong, maupun kendaraan pribadi. Sebab, letaknya berada tepat di jalan lintas selatan. 

Pantai Indah Widarapayung terhampar seluas 500 hektar, berdasarkan informasi dari situs Wisata Cilacap. Lokasinya berada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. 

Panorama pantai cukup sejuk lantaran dikelilingi dengan pohon kelapa. Sejumlah fasilitas yang tersedia bagi wisatawan meliputi gardu pandang, kolam renang, area parkir, warung makan, dan atraksi kesenian daerah. 

5. Pantai Srandil 

Salah satu wisata bahari yang cukup populer di Cilacap adalah Pantai Srandil. Sesuai namanya, pantai cantik ini berada dekat dengan Gunung Srandil, tepatnya di sebelah selatan.

Gunung Srandil sendiri juga cukup dikenal oleh masyarakat dalam kaitanya dengan budaya spiritual. 

Mengutip laman Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, terdapat upacara sedakah laut atau larung sesaji di Pantai Srandil. 

Upacara larung sesaji ini diadakan pada tanggal 1 Sura, berdasarkan penanggalan Jawa. Adapun yang dilarung dalam upacara itu adalah bermacam sesaji dan hasil bumi. 

Masyarakat setempat mengenal Pantai Sodong dengan nama Pantai Selok. Kawasan pantai ini tersohor dengan panorama asri. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/8/2022), pantai yang berada di balik pegunungan Srindil ini dipenuhi pohon cemara. Selain itu, area pantai dikelilingi tebing-tebing yang menjulang sehingga menambah pesonanya. 

Pantai Sodong juga menjadi destinasi wisata religi. Pada kawasan pantai terdapat Gua Raja dan Gua Ratu, yang merupakan tempat bersemedi atau melakukan ritual bagi sebagian masyarakat. 

7. Pantai Kamulyan 

Lokasi Pantai Kamulyan cukup strategis karena bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi. Tepatnya berada di Desa Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Kamulyan merupakan salah satu pantai di Cilacap yang cukup familiar di kalangan masyarakat setempat, meskipun tidak setenar Pantai Teluk Penyu. 

Pantai Kamulyan juga menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah menarik. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bagi pengunjung seperti area parkir, toilet, mushola, warung makan, dan sebagainya. 

Pantai Rancah Babakan merupakan salah satu pantai yang terletak di Pulau Nusakambangan. Pulau yang terkenal dengan lapas berkeamanan tinggi ini, memang memiliki jajaran pantai yang masih asri. 

Mengutip dari laman Visit Jawa Tengah, pantai Rancah Babakan masih alami dengan pasir putih serta dihiasi batu karang yang memesona. Untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus menyeberangi Selat Nusa Kambangan dengan perahu.

9. Pantai Kali Kencana

Selain Rancah Babakan, pantai lain yang berada di Pulau Nusakambangan adalah Pantai Kali Kencana. Pantai ini masih tersembunyi namun memiliki pesona yang menghipnotis setiap pengunjung. 

Tak heran, sebab Pantai Kali Kencana memiliki pasir putih serta air laut yang berwarna biru jernih. Sementara, terdapat barisan pepohonan hijau di sekeliling pantai. 

Pantai Ketapang Indah merupakan salah satu pantai di Cilacap yang banyak dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Pantai ini memiliki bibir pantai yang luas dan landai sehingga dapat digunakan wisatawan untuk bermain pasir. 

Mengutip situs Visit Jawa Tengah, pada tepian pantai berjejer pohon kelapa. Masyarakat setempat mengambil nira pohon kelapa tersebut  sebagai bahan baku gula kelapa. 

Lokasi Pantai Ketapang Indah berada di Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. 

11. Pantai Kalipat 

Pantai Kalipat berada di Pulau Nusakambangan. Tepatnya di Kecamatan Tambakreja, Kabupaten Cilacap. 

Berdasarkan informasi dari Tribunnews Wiki, Pantai Kalipat termasuk pantai yang lokasinya masih tersembunyi, sehingga jarang diketahui wisatawan. Meski tersembunyi, Pantai Kalipat menyuguhkan pemandangan alam yang memesona.

Untuk mengunjungi pantai ini, wistawan harus menyeberang menggunakan perahu dari Dermaga Seleko Cilacap. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi Pantai Kalipat sekitar satu jam perjalanan. 

12. Pantai Permisan 

Pantai Permisan dikenal juga dengan nama Pantai Komando atau Pantai Kopassus. Pemberian nama tersebut memiliki sejarah unik. 

Melansir dari Tribun News, terdapat sebuah bukit batu dengan sebilah pedang menghujam. Sekilas, pedang tersebut tampak seperti pedang milik TNI sehingga pantai ini dinamai Pantai Komando atau Pantai Kopassus.

Selain itu, pantai berpasir putih ini juga digunakan sebagai tempat latihan para prajurit TNI. 

Selain wisata pantai, Kabupaten Cilacap juga memiliki obyek wisata instagramable, salah satunya Havana Hills. 

Havana Hills merupakan tempat wisata baru berkonsep outdoor yang cocok untuk keluarga. Lokasinya ada di Jalan Lengkong, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah. 

Mengutip Kompas.com (4/11/2022), Havana itu diambil dari singkatan Hari-hari Fun Selamanya. 

Tempat wisata baru ini memiliki sejumlah spot foto instagramable, salah satunya adalah Rainbow Slide. Pengunjung bisa mengabadikan momen seru dengan latar belakang perosotan berwarna pelangi. 

Selain itu, wisatawan bisa melihat Kota Cilacap dari ketinggian dengan pemandangan 360 derajat di Havana Hills. Selain Rainbow Slide, wahana menarik lainnya antara lain bioskop VR (virtual reality), arena bermain anak, ATV, hingga camping ground. 

Wisata instagramable di Cilacap lainnya adalah Kemit Forest. Tempat wisata ini merupakan wisata hutan pinus dengan panorama indah. 

Berada di ketinggian, obyek wisata ini juga menawarkan udara yang sejuk. Lokasinya berada di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. 

Selain pemandangan yang menawan, Kemit Forest memiliki sejumlah spot foto Instagramble. Misalnya, ayunan gantung, sepeda udara, sarang burung, paralayang, sky bridge, rumah kurcaci, dan lainnya. 

Kabupaten Cilacap juga memiliki sejumlah tempat wisata bersejarah, salah satu yang cukup terkenal adalah Benteng Pendem. 

Benteng Pendem merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada 1861. Lokasinya sekitar setengah kilometer dari obyek wisata Pantai Teluk Penyu, seperti dikutip dari laman Wisata Cilacap. 

Meskipun usianya sudah tua, bangunannya masih kokoh berdiri. Benteng Pendem terdiri dari  barak, terowongan, penjara, ruang amunisi, ruang tembak, dan lainnya. 

Menariknya, terdapat rusa yang dibiarkan berkeliaran bebas di dalam area benteng. Rusa-rusa tersebut menjadi atraksi bagi wisatawan karena bisa memberi makan langsung. 

16. Gunung Selok 

Gunung Selok merupakan daerah perbukitan yang merupakan kawasan hutan homogen, yakni pohon mahoni. 

Berada di ketinggian, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan area sawah dan Pantai Sodong yang indah. Oleh sebab itu, Gunung Selok menjadi tempat wisata instagramable yang diincar wisatawan. 

Lokasi  Gunung Selok berada di Desa Adipala, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Berada di kawasan pesisir, tak heran jika Kabupaten Cilacap mempunyai sejumlah hutan mangrove. Salah satu yang terkenal adalah Hutan payau. 

Selain berfungsi untuk mencegah abrasi, Hutan Payau juga menjadi obyek wisata alam di Cilacap. 

Mengutip dari situs Visit Jawa Tengah, hutan ini memiliki luas sekitar 10 hektar, serta mempunyai 15.000 pohon. Pengunjung akan disuguhi panorama indah perpaduan antara payau serta pepohonan hijau. 

Lokasinya berada di Desa Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap. 

18. Hutan Mangrove Kampung Laut 

Selain pantai pasir putih, Pulau Nusakambangan juga memiliki hutan mangrove. Salah satu yang cukup dikenal wisatawan adalah Hutan Mangrove Kampung Laut. 

Mengutip dari situs Visit Jawa Tengah, terdapat sekitar 50 jenis pohon mangrove atau bakau yang teridentifikasi di kawasan tersebut. Barisan pohon mangrove yang berpadu dengan air laut tersebut menghasilkan panorama alam yang indah. 

Selain pohon mangrove, area ini menjadi habitat burung, mamalia, dan juga reptil. Untuk menuju Kampung Laut perjalanan dimulai dari Pelabuhan Seleko, kemudian menyeberangi Segara Anakan. 

Kabupaten Cilacap juga mempunyai wisata air terjun alias curug yang menawarkan pemandangan mempesona. Salah satunya adalah Curug Cimendaway. 

Mengutip situs Wisata Cilacap, curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. Hal ini menjadikan Curug Cimendaway menjadi curug tertinggi di Kabupaten Cilacap. 

Air terjun tersebut mengalir di antara bebatuan sehingga menghasilkan panorama indah. Lokasinya berada di Desa Datar, Kecamatan Dayeluhluhur, Kabupaten Cilacap.

20. Curug Rahayu 

Curug Rayahu menyajikan pemandangan eksotis yang tak kalah menarik dari air terjun lainnya. Aliran air terjun jatuh dari bebatuan tebing bertingkat ke kolam di bawahnya. 

Selain itu, Curug Rayahu dikelilingi pepohonan hijau sehingga memberikan suasana asri.

Curug Mandala berada di tengah perbukitan sehingga dikelilingi pepohonan rindang. 

Mengutip laman Visit Jawa Tengah, konon Curug Mandala terbentuk dari bom pasukan kolonial Belanda yang mengenai sumber mata air sehingga membentuk aliran air terjun. 

Namun, akses ke Curug Mandala cukup terjal sehingga wisatawan harus mempersiapkan stamina prima. Air terjun ini berada di Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

21. Curug Bandung 

Curug Bandung berada di area hutan Limbangan, sehingga dikelilingi pepohonan rindang. Selain itu, udara di kawasan curug sangat sejuk lantaran kondisinya masih asri. 

Curug Bandung termasuk wisata baru di Cilacap, jadi masih jarang diketahui wisatawan. Namun, pemandangannya tak kalah menarik dari wisata air terjun lainnya. 

Lokasinya berada di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap. 

22. Curug Citepus 

Mengutip Tribun Banyumas, (13/5/2022), terdapat hamparan area sawah penduduk di sekitar kawasan Curug Citepus. Jadi, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih asri. 

Namun, akses ke lokasi Curug Citepus cukup menantang sehingga wisatawan harus bersiap dengan fisik prima. 

Menariknya, debit air di Curug Citepus teap deras meskipun pada musim kemarau. Lokasi curug berada di Desa Citepus, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. 

24. Curug Penampen 

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Curug Penampen terlebih dulu harus melalui jalur pendakian. Sebab, lokasinya cukup tersembunyi. 

Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan kesegaran air serta pemandangan dari Curug Penampen. 

Aliran air Curug Penampen mengalir di atas bebatuan hitam yang lebar serta bertingkat. Hal tersebut menambah indah pesona Curug Penampen. 

25. Curug Cipari 

Wisata air terjun ini dilengkapi dengan pemandian air panas. Tak heran, Curug Cipari menjadi wisata air terjun favorit masyarakat setempat.

Melansir dari laman Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, pemandian air panas ini pada awalnya merupakan sebuah sumur air panas. 

Air sumur tersebut juga mengandung belerang. Kandungan air panas  tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, pegal – pegal, dan asam urat.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/13/110400227/25-wisata-cilacap-lengkap-ada-pantai-hingga-air-terjun-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke