Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Labuan Bajo Siapkan Keamanan, Antisipasi Kunjungan Delegasi G20

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan diri untuk kunjungan delegasi G20.

Meski tidak menjadi lokasi perhelatan KTT G20, namun keamanan tetap disiapkan untuk mengantisipasi jika para delegasi mampir ke salah satu destinasi terpopuler di tanah air itu.

“Untuk itu seluruh anggota di Polres Manggarai Barat maupun instansi terkait, harus selalu siap ketika para tamu delegasi berkunjung ke Labuan Bajo," tegas Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Fedry Widoni, di halaman Mako Polres Manggarai Barat, Selasa (15/11/2022).

Pada Selasa pagi, pemerintah daerah dan instansi terkait menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan pertemuan internasional tersebut.

Sebanyak 400 pasukan disebut siap mengamankan apabila para delegasi berkeinginan mengunjungi Labuan Bajo.

Pasukan keamanan gabungan terdiri dari anggota Polres Manggarai Barat, Polres tetangga, Brimob, Satpolair, Basarnas, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.

"Kami telah menyiapkan 400 pasukan sebagai bentuk antisipasi pengamanan apabila para delegasi berkeinginan mengunjungi Labuan Bajo," katanya.

Kombes Fedry menyebutkan, Labuan Bajo memang disiapkan menjadi salah satu daerah yang bisa dikunjungi oleh para delegasi usai melaksanakan pertemuan G20 di Nusa Dua, Bali.

Oleh oarena itu, sebagai bentuk antisipasi dalam menjamin keselamatan para delegasi, Polda NTT juga menyiapkan para pasukan dengan segenap rencana pengamanan.

Nantinya, lanjut dia, para anggota polisi akan melakukan penjagaan di beberapa obyek vital antara lain bandara, hotel, pelabuhan, dan destinasi wisata, baik di Pulau Komodo maupun Rinca.

"Kami pastikan mereka datang dengan aman nyaman. Begitu juga saat berwisata, sehingga mereka bisa kembali dengan kesan yang baik dan memutuskan untuk kembali lagi ke sini."

"Dampaknya pendapatan asli daerah (PAD) Manggarai Barat pun bisa meningkat. Tentu semuanya untuk kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/15/155859727/labuan-bajo-siapkan-keamanan-antisipasi-kunjungan-delegasi-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke