Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas Kepala Negara G20 Selama di Bali, Ada yang Jalan Kaki

KOMPAS.com - Selama berada di Bali, para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 melakukan beragam aktivitas, baik yang termasuk dalam rangkaian acara KTT maupun di luar dari rangkaian tersebut.

Untuk diketahui, KTT G20 berlangsung mulai Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022). 

  • 25 Wisata Bali yang Populer dan Unik, Pas buat Libur Panjang
  • Healing ala Pemimpin G20, Jalan Pagi di Hutan Mangrove

Berikut Kompas.com rangkum beberapa kegiatan para delegasi G20 saat di Bali. Beberapa di antaranya ada yang bisa dicontek wisatawan:

Kawasan Nusa Dua di Kabupaten Badung, Bali, terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan KTT G20. Kawasan tersebut dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Pemerintah pun telah mempersiapkan delapan hotel mewah di Nusa Dua bagi para delegasi. Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (14/11/2022), delapan hotel tersebut meliputi The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa Nusa Dua Bali, Grand Hyatt Bali, dan The St. Regis Bali Resort.

  • 8 Hotel Mewah di Bali yang Disiapkan untuk Delegasi G20
  • The Apurva Kempinski Bali, Tempat Jokowi Bertemu Biden Jelang KTT G20

Selanjutnya ada pula Melia Bali, Merusaka Nusa Dua, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, dan Nusa Dua Beach Hotel & Spa Bali.

Sementara itu, sejumlah rangkaian acara KTT G20 juga dilakukan di hotel The Apurva Kempinski Bali dan The Mulia Bali.

2. Menanam mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai

Presiden Joko Widodo mengajak para kepala negara G20 melakukan penanaman mangrove di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai di Denpasar, Bali, pada Rabu (16/11/2022) pukul 09.00-11.00 Wita.

Mengutip situs web Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, penanaman mangrove bersama ini menandakan komitmen para pemimpin dunia untuk mengatasi dan memulihkan krisis perubahan iklim.

Pihak Tahura bahkan sudah menyiapkan bibit mangrove jika nantinya ada tamu delegasi yang ingin membawa pulang. 

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama Perdana Menteri Britania Raya Rishi Sunak menikmati waktu senggang di sela rangkaian acara puncak KTT G20.

Keduanya mengunjungi Art Cafe Bumbu Bali di kawasan Nusa Dua pada Selasa (15/11/2022). Salah satu minuman yang dipesan adalah Mango Spritz, dikutip dari Daily Mail.

Adapun pertemuan santai kedua pemimpin negara ini diselingi sejumlah pembahasan. Salah satunya terkait perekonomian dunia.

Presiden Perancis Emmanuel Macron terekam berjalan kaki usai menghadiri jamuan makan malam KTT G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Selasa (15/11/2022).

Dilaporkan Kompas.com, Rabu (16/11/2022), warga beramai-ramai menyapa sambil merekam Macron yang berjalan kaki mengenakan kemeja putih dengan kawalan ketat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Tidak hanya itu, Presiden Perancis tersebut juga menghampiri warga yang tengah berdiri di pinggir jalan.

Ia menyapa seorang ibu yang sedang menggendong anak kecil, lalu meminta untuk menggendong balita tersebut.

5. Makan malam di Lotus Pond GWK

Presiden Joko Widodo bersama para kepala negara G20 menghadiri jamuan makan malam di Lotus Pond, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali, Selasa (15/11/2022).

Acara jamuan makan malam ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Bali.

Adapun acara jamuan makan malam itu bertempat di sebuah tengara (landmark) terbesar yang dikenal sebagai alun-alun utama GWK, dengan daya tampung hingga 7.500 orang.

Dalam jamuan tersebut, para delegasi menikmati hidangan khas dari penjuru Nusantara.

  • Lotus Pond di GWK Bali, Lokasi Jamuan Makan Malam KTT G20
  • Lotus Pond, Landmark Terbesar GWK Pilihan Jokowi untuk Menjamu Delegasi KTT G20

Acara malam itu dibuka dengan salad hingga rujak bumbu bali. Kemudian dilanjutkan sajian kepiting dengan bumbu khas Manado, Sulawesi Utara, dikutip dari Tribun Bali, Selasa (15/11/2022).

Begitu pula untuk makanan utama yang berbalut bumbu Nusantara, berupa daging sapi wagyu has dalam dari Lampung yang dibumbui rendang ala Sumatera Barat.

Lalu ada pula sajian singkong, kentang, serta wortel muda khas Likupang, hingga hidangan asparagus saus kunyit Bali. Jamuan pun ditutup dengan olahan cokelat aceh.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/17/073400227/5-aktivitas-kepala-negara-g20-selama-di-bali-ada-yang-jalan-kaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke