Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Masjid Megah di Indonesia Selain Masjid Raya Sheikh Zayed Solo 

KOMPAS.com - Masjid Raya Sheikh Zayed baru saja diresmikan pada Senin (14/11/2022). Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ)

Masjid megah di Kota Solo ini, merupakan hadiah dari Pangeran UEA kepada Jokowi. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (29/10/2022), Masjid Raya Sheikh Zayed adalah replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dabi, UEA. Tidak heran, bangunan masjid yang didominasi warna putih ini tampak megah. 

Dengan luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi, Masjid Raya Sheikh Zayed mampu menampung hingga 10.000 jemaah. Lokasinya berada di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Namun demikian, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bukan satu-satunya masjid megah di Indonesia. Terdapat sejumlah masjid megah lainnya yang tersebar di seluruh nusantara. 

10 masjid megah di Indonesia

Berikut 10 masjid megah di Indonesia selain Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. 

Masjid Kubah Emas merupakan masjid terluas di Jabodetabek, seperti dikutip dari Kompas.com (7/5/2021). Masjid ini memiliki luas hampir 8.000 meter persegi di atas lahan seluas 70 hektar. 

Nama asli Masjid Kubah Emas adalah Masjid Dian Al-Mahri yang diambil dari nama pendirinya. Adapun sebutan Masjid Kubah Emas, lantaran kubah-kubah masjid dilapisi emas 24 karat setebal dua hingga tiga milimeter. 

Ada lima kubah besar dan empat kubah kecil yang berdiri megah di atap masjid ini. Kehadiran kubah-kubah emas tersebut menjadi salah satu ciri kemegahan Masjid Kubah Emas, Depok. 

Selain di kubah, lapisan emas juga ditemukan pada relief di atas podium imam, dekorasi langit-langit masjid, dan mahkota pilar masjid. 

Arsitektur masjid terinspirasi oleh masjid-masjid di Timur Tengah. 

Membahas masjid megah di Indonesia, tentunya tidak lengkap tanpa Masjid Istiqlal. Masjid yang memiliki lima lantai ini berdiri megah di pusat ibu kota. 

Mengutip Kompas.com, (22/02/2021), arsitektur masjid mewakili  banyak simbol yang berkaitan dengan Islam dan kemerdekaan Indonesia. 

Kubah masjid, misalnya, berdiameter 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yakni 1945. 

Masjid Istiqlal ditopang 12 tiang, sesuai tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awal 1961. Lalu, total ada lima lantai di Masjid Istiqlal yang melambangkan lima rukun Islam, jumlah salat wajib dalam sehari, dan jumlah sila dalam Pancasila. 

Kemudian, terdapat menara setinggi 6.666 sentimeter di bagian luar masjid yang merupakan keseluruhan jumlah ayat dalam Al Quran.

3. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Bukan hanya megah, Masjid Raya Baiturrahman Aceh memiliki makna mendalam bagi masyarakat Aceh. 

Tempat ibadah ini  menjadi saksi musibah tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Menariknya, bangunan inti Masjid Raya Baiturrahman Aceh tetap berdiri kokoh di tengah hantaman tsunami. 

Mengutip situs Indonesia.go.id, pemerintah melakukan pemugaran masjid pada 2015 lalu sehingga bertambah megah.

Halaman depan masjid yang semula berupa hamparan rumput berganti rupa menjadi marmer putih. 

Keindahan kolam masjid bertambah dengan air mancur di tengahnya. Pada halaman itu, terdapat 12 payung raksasa, masing-masing enam di sisi selatan dan enam lainnya di utara yang menyerupai Masjid Nabawi, Madinah. 

Saat dikembangkan, bentangan payung mencapai 14 meter sehingga menjadi  kanopi raksasa. 

4. Masjid Agung Jawa Tengah 

Ciri khas Masjid Agung Jawa Tengah adalah enam payung raksasa yang menyerupai Masjid Nabawi, Madinah, seperti dikutip dari Kompas.com (13/5/2019). 

Kehadiran enam payung raksasa serta gerbang masjid membuat bangunan Masjid Agung Jawa Tengah tampak megah. 

Pada waktu tertentu, enam payung raksasa itu terbuka sehingga membentuk kanopi besar. 

Arsitektur masjid ini mengadopsi gaya masjid di Timur Tengah, yaitu kombinasi gaya Arab, Eropa, dan Jawa.

Selain tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah menjadi destinasi wisata religi. Selain itu, bangunan masjid yang megah ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Semarang. 

5. Masjid Al-Akbar, Surabaya 

Masjid megah ini lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Surabaya. Berdiri di atas lahan seluas 11,2 hektar, masjid ini menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal. 

Mengutip situs Masjid Al-Akbar Surabaya, bagian ikonik masjid adalah lima kubah di bagian atapnya yang merepresentasikan lima rukun Islam.

Selain kubah, masjid itu juga dilengkapi sebuah menara setinggi 99 meter yang mewakili 99 nama Allah SWT atau asmaul  husna. Masjid megah ini  mampu menampung hingga 30.000 jamaah. 

6. Masjid Raya Sumatera Barat

Tidak seperti masjid pada umumnya, bangunan Masjid Raya Sumatera Barat tidak memiliki kubah. Sebagai gantinya, atap masjid berbentuk segi empat, seperti dikutip dari Kompas.com (18/1/2022). 

Keempat sudut atap, menjulang ke langit sehingga sekilas bentuknya menyerupai atap Rumah Gadang. 

Namun, ternyata bentuk atap melengkung itu menggambarkan kejadian peletakan Hajar Aswad dengan menggunakan kain yang ujungnya dipegang oleh empat orang perwalian suku di kota Mekkah. 

Masjid ini mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk lonjong. Selain itu, terdapat  ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding luar bangunan. 

Keunikan arsitektur masjid tersebut mengantarkannya meraih penghargaan internasional Abdullatif Al Fozan Award 2021. Arsitektur di balik keunikan Masjid Raya Sumbar ini adalah Rizal Muslim.  

7. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar merupakan salah satu masjid termegah di kawasan Indonesia Timur. 

Mengutip dari laman Jakarta Islamic Centre, bangunan masjid ini mampu menampung hingga 50.000 jamaah pada bangunan inti dan halamannya. 

Sentuhan arsitektur mediteranian menjadikan masjid ini sekilas tampak seperti masjid-masjid di Timur Tengah. Bangunan masjid didominasi warna hitam, hijau, dan krem. 

Menariknya, 80 persen bahan bangunan masjid ini berasal dari Makassar. Daya tarik lainnya adalah dua buah menara yang masing-masing bertinggi 47 meter dan 66,66 meter, yang melambangkan jumlah ayat dalam Al-Quran. 

8. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Makassar

Angka 99 pada masjid ini mewakili 99 kubah pada bangunannya, yang terdiri dari satu  kubah besar dan 99 kubah kecil. 

Pemilihan angka 99 tersebut berdasarkan jumlah nama Allah SWT atau asmaul husna. 

Mengutip Kompas.com (1/6/2017), arsitektur masjid unik ini adalah Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil. Lokasinya berada di reklamasi Pantai Losari atau Center Poin of Indonesia (CPI), Makassar. 

Selain unik, bangunan masjid tampak megah. Lokasinya berada di  reklamasi Pantai Losari atau Center Poin of Indonesia (CPI), Makassar. 

9. Masjid Al-Irsyad, Bandung 

Tidak hanya megah, bangunan Masjid Al-Irsyad terbilang unik karena berbentuk kubus besar tanpa kubah.

Mengutip Kompas.com (23/9/2018), keempat dinding kubus tersebut mempunyai banyak lubang. Apabila dicermati, kisi-kisi dinding dengan susunan bata berlubang ini membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.

Teknik ini menjadikan bangunan masjid tersebut sebagai sebagai kaligrafi berukuran raksasa. Desain tersebut menjadi ciri khas Masjid Al-Irsyad.

Arsitektur Masjid Al-Irsyad adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Masjid yang berwarna abu-abu ini mampu menampung hingga 1.500 jemaah. 

10. Masjid Agung Tuban 

Bangunan megah Masjid Agung Tuban mengingatkan umat Islam pada Masjid Imam di Kota Isfahan, Iran. 

Mengutip laman Jakarta Islamic Centre, lampu-lampu pada masjid menghasilkan permainan warna pada malam hari, sehingga Masjid Agung Tuban tampak memancarkan pesona 1.001 malam. 

Selain megah, masjid yang berada di dekat kompleks makam Sunan Bonang ini, memiliki sejarah panjang. 

Masjid ini didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama Islam, yakni Adipati Raden Ario Tedjo. Bangunan masjid telah mengalami beberapa kali pemugaran sehingga tampil megah seperti sekarang ini.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/17/140500627/10-masjid-megah-di-indonesia-selain-masjid-raya-sheikh-zayed-solo-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+