Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Diketahui Penumpang 

KOMPAS.com - Profesi pramugari mempunyai banyak hal menarik untuk diulas. Salah satunya adalah kode rahasia pramugari yang digunakan untuk berkomunikasi kepada sesama awak kabin. 

Kode-kode rahasia tersebut tentunya hanya dipahami oleh para awak kabin, tanpa diketahui penumpang. 

Makna kode-kode rahasia tersebut seputar penerbangan hingga penumpang. Lantas, apa saja kode rahasia pramugari selama penerbangan? 

Kode rahasia pramugari di pesawat 

Berikut tujuh kode rahasia pramugari di pesawat yang perlu diketahui penumpang, seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Bob 

Seorang pramugari bisa menyatakan ketertarikan pada penumpang dalam pesawat. 

Tentunya, ketertarikan itu disampaikan lewat kode rahasia yang ditujukan kepada sesama awak kabin, tanpa dipahami oleh penumpang. 

Mengutip dari The Sun, kode rahasia pramugari untuk menyatakan ketertarikan pada penumpang pria dalam pesawat adalah Bob. Kode bob merupakan kependekan dari best on board. 

Lewat kode tersebut, seorang pramugari menyampaikan kepada rekannya bahwa ada seorang penumpang pria tampang dalam pesawat. 

2. Cheerio 

Kode cheerio memiliki makna serupa dengan bob, seperti dikutip dari The Sun. 

Seorang pramugari senior asal Australia menuturkan, kode cheerio disampaikan saat penumpang pria rupawan itu hendak turun pesawat. 

“Saat penumpang turun, pramugari akan berkata bye-bye, terima kasih, hati-hati, dan sebagainya. Tapi, ketika ada pria rupawan, maka pramugari akan berkata cheerio,” kata pramugari senior yang tidak disebutkan namanya itu. 

Kode cheerio disampaikan kepada sesama rekan pramugari tanpa menoleh, atau dengan tetap menjaga pandangan lurus ke penumpang yang akan meninggalkan pesawat. 

3. Hot coffee

Kode rahasia lain yang bermakna ada penumpang pria tampan dalam pesawat adalah hot coffee. 

Jadi, jika seorang pramugari mengatakan hot coffee, sementara kamu tidak melihat pilihan menu tersebut maka bisa jadi ada seorang pria tampan di dekat kursimu. 

Biasanya, setelah seorang pramugari memberikan kode hot coffee, maka awak kabin lainnya akan mendatangi kursi penumpang yang dimaksud untuk melihat langsung wajah pria rupawan itu. 

4. Philip

Berbanding terbalik dengan bob, cheerio, dan hot coffee, kode philip merupakan kode rahasia bagi penumpang yang membuat pramugari terganggu. 

Masih dari sumber The Sun, jika penumpang mendapat label philip maka dia telah melakukan kesalahan kepada pramugari. 

Akibatnya, penumpang itu akan mendapatkan layanan yang buruk selama sisa penerbangan.

Kode philip berasal dari singkatan PILP, yaitu passenger I'd like to punch (penumpang yang ingin saya pukul). Akan tetapi, kode tersebut telah diperhalus saat ini.

5. Code adam

Kode rahasia ini tidak hanya dipakai oleh pramugari, tetapi juga termasuk petugas bandara. 

Code Adam digunakan oleh staf bandara untuk memberi tahu rekannya bahwa ada anak yang hilang. 

Pemakaian kode ini untuk menghormati Adam Walsh, seorang anak yang hilang diculik pada sebuah pusat perbelanjaan pada 1981 silam. Nahas, Adam ditemukan meninggal dunia setelah 16 hari menghilang. 

6. 7500 

Apabila pilot atau awak kabin memberikan kode 7500, maka penumpang patut waspada. Sebab, kode tersebut berarti pesawat telah dibajak, atau ada ancaman pembajakan.

7. Jim Wilson 

Kode Jim Wilson adalah sebuah ungkapan yang menunjukan bahwa ada jenazah yang diikutsertakan dalam penerbangan. Kode tersebut digunakan agar penumpang tidak panik atau ketakutan bahwa mereka tengah terbang bersama jenazah. 

Sebetulnya, penerbangan bersama jenazah merupakan hal yang lazim terjadi. 

Kode Jim Wilson berasal dari nama peti yang digunakan untuk mengangkut jenazah, atau kontainer pengiriman dengan es untuk mengawetkan jenazah.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/17/231356527/7-kode-rahasia-pramugari-yang-perlu-diketahui-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke