Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pameran 100 Tahun Chairil Anwar di Salihara: Tiket Masuk dan Jam Buka

KOMPAS.com - Pameran bertajuk "100 Tahun Chairil Anwar: Aku Berkisar Antara Mereka" yang diselenggarakan oleh Komunitas Salihara masih berlangsung hingga Minggu (4/12/2022) di Salihara Arts Center, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pengunjung bisa menjumpai sekitar 300 arsip seputar kehidupan penyair sekaligus sastrawan Chairil Anwar, yang telah melewati proses kurasi hingga diterjemahkan dalam bentuk pameran. Seniman besar Indonesia ini meninggal di usia 27 tahun. 

  • Mengenang 100 Tahun Eksistensi Chairil Anwar lewat Pameran di Salihara
  • 7 Tips Keliling Jakarta Naik Bus Wisata Gratis, Naik di Halte Pertama

"Rentang berkaryanya mulai dari usia 20 tahun sampai 27 tahun, pendek sekali. Meski dalam waktu singkat tersebut, Chairil Anwar mampu membuat karya-karya besar, salah satunya Aku yang paling fenomenal," jelas Kurator Komunitas Salihara Asikin Hasan kepada Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Di pameran ini, arsip dikelompokkan dalam beberapa bagian. Mulai dari Linimasa Hidup Chairil Anwar tentang alur kehidupannya, buku-buku yang memuat karya Chairil Anwar dan biografinya, hingga seputar polemik plagiarisme yang pernah melanda perjalanan karirnya.

Pengunjung juga bisa melihat biografi dan karya para sastrawan mancanegara yang menjadi idola sekaligus kiblat inspirasi Chairil Anwar semasa hidupnya.

Lalu, ada pula riwayat kematian sang sastrawan dalam arsip bertajuk "Wafatnya Sang Penyair," serta "Berita Duka Cita dan Pemakaman."

Tiket masuk pameran bisa dibeli langsung di Salihara Arts Center, tepatnya di pintu masuk Galeri Salihara, atau situs web tiket.salihara.org seharga mulai Rp 35.000 untuk umum, dan mulai Rp 25.000 untuk pelajar.

Jika beli di lokasi, tiket bisa dibayar tunai atau QRis.

Sebagai informasi, pameran 100 Tahun Chairil Anwar "Aku Berkisar Antara" masih berlangsung hingga Minggu (4/12/2022). Pameran ini buka setiap hari pukul 11.00-19.00 WIB.

Salihara Arts Center berlokasi di Jalan Salihara Nomor 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

  • 3 Tempat Makan Murah Meriah di Kota Tua Jakarta, Mulai Rp 10.000
  • 7 Kafe di Kota Tua Jakarta, buat Pilihan Nongkrong

Untuk akses transportasi terdekat, bisa menggunakan trans-jakarta, angkutan kota (angkot) S15A, atau commuterline (KRL).

Bila naik trans-jakarta, bisa dengan bus nomor 9D (Tanahabang-Pasar Minggu) yang akan berhenti di depan Stasiun Pasar Minggu.

Nah, jika berangkat dari arah Ragunan, Jakarta Selatan, bisa juga naik angkot S15A tujuan Pasar Minggu, dan berhenti di depan Holland Bakery, lalu lanjut berjalan kaki sekitar 300 meter menuju Salihara Arts Center.

Jika naik KRL, bisa berhenti di Stasiun Pasar Minggu. Barulah dari Stasiun Pasar Minggu, lanjut berjalan kaki sekitar satu kilometer menuju Salihara Arts Center, atau naik ojek online dengan tarif mulai Rp 15.000.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/19/110400227/pameran-100-tahun-chairil-anwar-di-salihara--tiket-masuk-dan-jam-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke