Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Archipelago International Akan Buka Hotel di Serang dan Mojokerto

KOMPAS.com - Archipelago International, grup manajemen hotel swasta dan independen, berencana membuka sejumlah hotel di berbagai daerah di Indonesia hingga tahun 2023. 

"Kami akan segera buka di Sorong, misalnya, Mojokerto, Kendari, Kediri, dan Serang," kata Presiden & Chief Executive Officer (CEO) Archipelago International, John Flood, kepada Kompas.com di ASTON Priority Simatupang Hotel & Convention Center, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/11/2022).

  • COCOTEL Kerja Sama dengan Archipelago Luncurkan Teknologi Hotel Baru
  • Archipelago Bakal Buka Hotel di Kertajati dan Dua Hotel di Batam

Di Serang, Banten, grup manajemen hotel ini akan membuka hotel bintang empat yang terdiri dari dua fase. Fase pertama meliputi 145 kamar dan fase kedua meliputi 105 kamar sehingga akan ada total 250 kamar.

Hotel tersebut, lanjutnya, akan memiliki ballroom, delapan ruang meeting, dan joglo outdoor (luar ruangan). Melalui akomodasi ini, pihaknya ingin turut berpartisipasi dalam pembangunan provinsi tersebut. 

"Usai pandemi, salah satu hal yang jadi populer adalah acara berbasis semi-outdoor dan hal tersebut pas dengan udara dan budaya Indonesia," tuturnya.

Archipelago International juga berencana membuka hotel di Mojokerto, Jawa Timur. Hotel bintang empat ini akan dilengkapi 145 kamar. 

Menurutnya, jalan tol baru, perluasan bandara, dan pembangunan bandara baru telah memudahkan pelaku perjalanan untuk mengunjungi berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Mojokerto.

Sementara itu, pada bulan Desember 2022, pihaknya berencana membuka hotel bintang empat dengan 150 kamar di Sorong, Papua Barat. Ia berharap akomodasi tersebut dapat membantu lalu lintas pelaku perjalanan yang ingin ke Raja Ampat lantaran Sorong adalah salah satu pintu menuju kawasan wisata itu.

Selain pembukaan hotel baru, Archipelago International juga berencana menghubungkan sejumlah hotel melalui teknologi Powered by Archipelago dan menjalankan software di 14 hotel tahun depan.

Archipelago International merayakan hari jadinya yang ke-25 pada Kamis (17/11/2022) sejak pertama kali dibuka pada tahun 1997. 

Perjalanan grup manajemen hotel swasta ini bermula dari keinginan pendiri perusahaan, Charles Brookfield, yang ingin membuka properti di tepi pantai di Bali dan hotel bisnis di  Jakarta. 

Saat ini Archipelago International memiliki lebih dari 150 hotel, dengan 200 hotel lainnya tengah dikembangkan di kawasan Asia Tenggara, Karibia, dan Timur Tengah.

Sejumlah portofolio grup manajemen hotel swasta ini adalah ASTON, Collection by ASTON, Alana, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, Neo, favehotel, Nordic, dan Powered by Archipelago.

Adapun Powered by Archipelago merupakan teknologi hotel yang baru diluncurkan bulan Oktober 2022, tujuannya membantu perusahaan akomodasi dalam mengakselerasi bisnis mereka.

  • Aston, Hotel Terbaru Archipelago di Grogol
  • Archipelago Hadirkan Hotel Neo Plus Pertama di Bali

“Saya hanya berterima kasih kepada setiap karyawan, tamu, pemilik hotel, serta franchisee yang telah mendukung dan mempercayai kami,” tutur Brookfield, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya berfokus untuk masa depan karena industri penginapan dan perjalanan menawarkan peluang jangka panjang. 

https://travel.kompas.com/read/2022/11/19/183500827/archipelago-international-akan-buka-hotel-di-serang-dan-mojokerto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke