Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Alternatif Yogyakarta-Wonosari Tanpa Lewat Bukit Bintang yang Macet

KOMPAS.com – Jalan utama Yogyakarta ke Wonosari, Gunungkidul via Bukit Bintang, masih macet akibat proyek perbaikan jalan longsor.

Oleh karena itu, hanya separuh jalan yang dibuka, sehingga diberlakukan sistem buka-tutup jalur.

Jika ingin ke Wonosari, tetapi tidak ingin lewat titik macet itu, kamu bisa mencoba jalur alternatif.

Jalan alternatif Yogyakarta-Wonosari selain Bukit Bintang

Rute alternatif menuju Wonosari yang bisa kamu tempuh adalah via Kepanewon atau Kecamatan Imogiri.

Kamu bisa memulai perjalanan dari Terminal Giwangan. Seberangi Ring Road dan terus ke arah selatan, menuju Kecamatan Imogiri.

Sesampainya di Pertigaan Patung Kuda Imogiri, belok kiri ke arah Makam Raja Imogiri. Selanjutnya, belok kanan di pertigaan masuk kawasan perbukitan.

Jalan ini searah dengan menuju Kebun Buah Mangunan. Terus lurus mengikuti jalan utama Imogiri-Dlingo.

Selanjutnya, belok kanan di Pertigaan Puncak Mangunan Dlingo, terus mengikuti jalan utama. Kondisi jalan masih di kawasan perbukitan yang berkelok dan naik-turun.

Terus saja ikuti jalan utama yang cukup jauh. Sesampainya di Desa Temuwuh, tepatnya setelah Balai Desa Temuwuh, ada pertigaan.

Jika lurus, itu adalah arah menuju Patuk (Bukit Bintang) dan jika ingin ke Wonosari, belok kanan. Terus lurus sampai mentok di pertigaan dan belok kanan, maka kamu akan sampai Pasar Playen.

Belok kiri di pertigaan, selanjutnya lurus terus dan perjalanan pun sampai di Kota Wonosari, Gunungkidul.

Jarak ini lebih jauh dibanding Yogyakarta-Wonosari via Bukit Bintang. Namun saat macet karena perbaikan jalan longsor, waktu tempuhnya bisa lebih cepat.