Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Wisata Dekat Pantai Kukup, Bisa untuk Lihat Sunset 

KOMPAS.com - Pulau Jumino yang berada di Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta, tutup untuk sementara. Penutupan tersebut berkaitan dengan kebutuhan investigasi kepolisian atas kejadian pembunuhan di tempat wisata itu.  

Jadi, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kukup tidak bisa menikmati panorama dari gardu pandang di puncak Pulau Jumino. Belum bisa dipastikan kapan lokasi tersebut akan kembali dibuka untuk umum, seperti dikutip dari Kompas.com (18/11/2022). 

Namun demikian, wisatawan tidak perlu berkecil hati. Sebab, masih ada tempat wisata sekitar Pantai Kukup yang tidak kalah menarik. Bahkan, wisatawan bisa melihat panorama matahari terbenam (sunset) dari tempat wisata itu. 

Wisata dekat Pantai Kukup

Kompas.com telah merangkum tempat wisata sekitar Pantai Kukup yang bisa dikunjungi wisatawan sebagai berikut

Pantai Baron berjarak sekitar 1,6 kilometer (km), dengan waktu tempuh 5 menit berkendara dari Pantai Kukup. 

Mengutip Kompas.com (22/4/2022), pantai ini terkenal sebagai habitat ikan sehingga banyak kapal-kapal nelayan berlabuh. Wisatawan bisa menemukan banyak olahan hasil laut di sekitar Pantai Baron. 

Pantai ini berbentuk U yang dikelilingi dengan tebing, sehingga ombaknya tidak terlalu besar. Pasir Pantai Baron berwarna coklat dengan air laut berwarna biru kehijauan. 

Tak jauh dari pantai, ada kompleks mercusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Sepanjang memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai di wilayah Gunungkidul, berdasarkan informasi dari situs Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Untuk menuju Pantai Sepanjang, wisatawan hanya perlu berkendara sekitar 11 menit dari Pantai Kukup ke arah timur. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Tanjung sari, Kabupaten Gunungkidul. 

Keunikan Pantai Sepanjang adalah menawarkan keindahan Pantai Kuta tempo dulu. Hamparan pasir putih memanjang dari sisi barat ke timur dibatasi dengan perbukitan batu karang. 

Saat air laur surut, pengunjung dapat melihat habitat aneka biota laut yang tersembunyi di antara batu karang. Penduduk sekitar juga memanfaatkan air laut surut untuk mengambil rumput laut sebagai konsumsi pribadi maupun dijual menjadi produk olahan.

3. Pantai Lolang

Pantai yang satu ini memang belum banyak dikenal wisatawan. Lokasinya terletak di sebelah barat Pantai Sepanjang, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, 

Meskipun belum familiar, namun keindahan Pantai Lolang tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Mengutip Tribun News Wiki, pantai ini memiliki pasir putih dan dikelilingi bukit-bukit karang.

Ketika air pantai surut, batu karang sekitar pantai akan terlihat. Selain batu karang, pantai ini juga memiliki cekungan bukit yang digunakan sebagai tempat berteduh. 

Mengutip situs Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, nama watu kodok berarti batu katak. Asal nama ini adalah keberadaan dua tebing batu karang di sisi barat dan timur pantai yang bentuknya menyerupai katak. 

Jaraknya dari Pantai Kukup sekitar 3,1 km, dengan waktu tempuh sekitar 9 menit. Akses menuju Pantai Watu Kodok terbilang mudah, sebab jalannya sudah bagus. 

Pantai Watu Kodok memiliki garis pantai cukup panjang, mencapai 600 meter. Pantainya masih alami dengan pasir putih dan air laut biru. 

Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. 

Pantai Drini merupakan salah satu pantai Gunungkidul yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Keunikan pantai ini adalah keberadaan pulau kecil di tengah laut yakni Pulau Drini. 

Mengutip Kompas.com, (09/02/2019), pulau tersebut membagi pesisir pantai menjadi dua bagian. Sisi barat sebagai tempat sandar perahu-perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan. 

Sedangkan, sisi timur merupakan lokasi wisata yang berupa pantai pasir putih dan perbukitan hijau. 

Fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai bagi wisatawan seperti restoran, toko oleh-oleh, area parkir, dan lainnya. Selain menikmati panorama pantai, pengunjung bisa menikmati aktivitas mendayung kano, snorkeling, dan mendaki tebing. 

6. Pantai Watu Bolong 

Sekitar 5 km dari Pantai Kukup, terdapat pantai yang masih jarang dikunjungi, yaitu Pantai Watu Bolong. Jadi, pantai ini cocok bagi travelers yang ingin menikmati sensasi pantai pribadi. 

Mengutip Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, pantai ini berada di Desa Bolong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Terdapat sebuah batu batu berlubang yang membentuk terowongan, sehingga pantai ini diberi nama watu bolong, yang berarti batu berlubang. 

Namun, wisatawan harus menelusuri bukit untuk mencapai lokasi  pantai karena masih tersembunyi. Rasa lelah menelusuri bukit akan terbayar lunas dengan pemandangan istimewa Pantai Watu Bolong. 

Pantai Ngrumput berjarak sekitar 5 km dari Pantai Kukup, dengan waktu tempuh sekitar 13 menit berkendara. 

Pantai yang masih belum banyak dijamah ini berada di area hutan Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. 

Mengutip Kompas.com (25/8/2022), pantai pasir putih ini berada dibalik perbukitan dan persawahan. Selain pantai, wisatawan yang berkunjung bisa mendatangi Bukit Kosakora yang berada di sebelah timur pantai. 

Bukit ini merupakan lokasi tepat untuk melihat panorama sunrise dan sunset. Bukit Kosakora juga kerap digunakan sebagai area camping oleh para wisatawan yang bermalam di Pantai Ngrumput.

8. Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon berjarak sekitar 11 km dari Pantai Kukup, atau sekitar 28 menit berkendara. 

Mengutip Tribun Travel, pantai ini tergolong wisata yang belum terjamah oleh banyak wisatawan. Lokasinya memang tersembunyi karena wisatawan yang menuju ke pantai harus melewati hutan, sawah, dan tebing. 

Suasana Pantai Peyuyon masih sangat alami dan sunyi. Namun demikian, pantai ini menawarkan panorama yang eksotis karena masih asri.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/21/115402427/8-tempat-wisata-dekat-pantai-kukup-bisa-untuk-lihat-sunset

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke