Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenparekraf Luncurkan 100 Paket Desa Wisata Lewat Mister Aladin

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan 100 paket desa wisata dalam program "Beli Kreatif Desa Wisata" melalui platform perjalanan Mister Aladin pada Senin (21/11/2022) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Seperti disampaikan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, ini merupakan kelanjutan dari ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang sudah berlangsung sejak 2021 lalu.

  • Legenda Pulau di Pantai Kukup, Kisah Anak yang Tak Berhenti Menangis
  • Pulau di Pantai Kukup Gunungkidul Buka Lagi untuk Umum, Spot Foto Favorit

"Kementerian sejak 2021 membuat ADWI, kemudain bagaimana kita menyumbang pada tenga kerja, dan pertumbuhan ekonomi yang dimulai dari desa," kata Ni Made Ayu Marthini dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf secara daring, Senin (21/11/2022).

Ada 100 paket desa wisata mulai Rp 99.000

Adapun 100 paket ini berasal dari 50 Desa Wisata pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 dan 50 Desa Wisata pemenang ADWI tahun 2022.

Paket-paket tersebut telah dikurasi oleh Kemenparekraf dan Mister Aladin, sehingga memberi informasi secara detail dan menarik bagi calon wisatawan.

"Jadi kami bekerja sama untuk mempromosikan paket desa wisata agar bisa dibeli secara online. Ada kanal khusus Desa Wisata di aplikasi Mister Aladin, per hari ini sudah ada 100 paket desa wisata," tutur Chief Operating Officer (COO) Mister Aladin, Nitha Sudewo.

Melalui paket-paket ini, wisatawan dapat memiliki alternatif liburan di desa wisata, seperti bermalam di homestay dan berbaur dengan masyarakat lokal, mencoba hidangan kuliner khas, hingga menjajal aktivitas seru di masing-masing desa.

Harganya yang ditawarkan pun mulai Rp 99.000 saja, seperti paket desa wisata "Main di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan" yang menawarkan kegiatan naik delman dan membawa pulang pohon alpukat.

Kemudian, untuk menyambut periode liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Mister Aladin juga memberikan promo berupa diskon 25 persen yang berlaku untuk semua paket-paket desa wisata dengan memasukkan kode promo "desawisata" sebelum pembayaran.

Adapun langkah memesan paket desa wisata tersebut ialah:

  • Masuk ke kanal Desa Wisata di aplikasi Mister Aladin.
  • Pilih desa wisata tujuan.
  • Pilih tanggal dan isi jumlah pesanan dengan minimum pemesanan untuk tiga orang.
  • Masukkan kode promo "desawisata untuk mendapat diskon 25 persen dari masing-masing paket.
  • Pilih menu payment untuk pembayaran, lalu langsung konfirmasi.
  • Akan keluar e-voucher dan bisa langsung dipakai.

Pendaftaran terbuka bagi seluruh desa wisata

Bagi desa wisata yang ingin ikut serta dalam menjual paketnya pada program ini, dipersilakan mengajukan paket kepada Kemenprekraf agar dikurasi.

"Silakan mengajukan kepada Kemenparekraf. Silahkan bersaing secara sehat, memberikan apa aja paketnya. Jadi makin banyak, makin menarik, makin baikm sehingga semua mau beli," ujar Ni Made Ayu Marthini.

Proses kurasi pun tidak memerlukan syarat yang rumit, hanya diseleksi sesuai kelengkapan informasi dan harga paket.

"Jadi kita hanya mengkurasi dari sisi kelengakapan informasi dan harganya, jadi semuanya berhak mendapat kesempatan yang sama," pungkas dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/22/070700127/kemenparekraf-luncurkan-100-paket-desa-wisata-lewat-mister-aladin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke