Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTuber Inggris Dinilai Hina Endek Bali, Menparekraf: Jangan Dibalas Amarah

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi kicauan YouTuber asal Inggris yang diduga menghina kain endek Bali yang dikenakan para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Selasa (15/11/2022).

Menurut Menparekraf, hal ini terjadi karena ketidaktahuan YouTuber bernama Mahyar Tousi tersebut terkait wastra (warisan Nusantara) Indonesia berupa kain endek Bali, sehingga perlu diberikan informasi.

  • 6 Fakta Kain Endek yang Jadi Salah Satu Suvenir Resmi G20 
  • Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat Jamuan Makan Malam G20 di GWK

"Ini tentunya ketidaktahuan dari netizen, mestinya kita jangan balas dengan amarah, atau ancaman atau saling mengeluarkan kata-kata negatif," tuturnya dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara daring, Senin (21/11/2022).

Ia menambahkan, peristiwa ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi wastra Indonesia, agar kain endek Bali semakin dikenal di kancah internasional.

"Ketidaktahuan netizen tersebut harusnya kita bantu dengan informasi. Saya justru ingin menggunakan kesempatan ini sebagai ajang promosi wastra indonesia, kain endek Bali yang digunakan para pejabat dalam dinner (Jamuan Makan Malam) KTT G20," terangnya.

Sebab, kata dia, bila dilihat dari sisi pemasaran, para delegasi yang mengenakan kain endek Bali pada KTT G20 itu memiliki jumlah pengikut (followers) yang cukup banyak di media sosial.

"Coba kalau dilihat dari nilai promosi, marketing-nya ini luar biasa, yang pakai ini semua follower-nya mungkin jutaan, puluhan juta, termasuk Joe Biden yang memakai pakaian kita," tuturnya.

  • Joe Biden Ogah Pulang Usai Hadiri KTT G20 di Bali
  • 5 Aktivitas Kepala Negara G20 Selama di Bali, Ada yang Jalan Kaki

Adapun kain endek tersebut dikenakan oleh beberapa tokoh, antara lain Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden FIFA Gianni Infantino, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dan pendiri World Economic Forum (WEF) Klaus Martin Schwab.

Sebagai informasi, rumah mode ternama Dior juga pernah menggunakan kain endek dalam peragaan busana pada September 2020 lalu.

"Ini semakin mempromosikan karena endek ini sudah kerja sama dengan The House of Christian Dior dan tahun 2022-2021 sudah mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa," pungkas dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/22/140325727/youtuber-inggris-dinilai-hina-endek-bali-menparekraf-jangan-dibalas-amarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke