Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

30 Wisata Kuningan Lengkap dari Alam hingga Situs Bersejarah 

KOMPAS.com - Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata. Wisata Kuningan beragam dari kekayaan alam hingga situs bersejarah. 

Sebagian wisata Kuningan sempat viral di media sosial karena keindahannya. Jika kamu tengah merencanakan liburan, cobalah mengunjungi obyek wisata di Kuningan, Jawa Barat. 

Wisata Kuningan Jawa Barat

Berikut wisata Kuningan, Jawa Barat mulai dari destinasi wisata alam hingga situs bersejarah seperti dirangkum oleh Kompas.com. 

1. Telaga Cicerem 

Telaga Cicerem sempat viral di media sosial karena keindahannya. Tak heran, telaga ini memiliki air biru dan dikelilingi pepohonan hijau. 

Selain itu, pengunjung bisa melihat aneka jenis ikan di pinggir telaga. Salah satu spot foto paling populer adalah ayunan di tengah danau. 

Lokasi Telaga Cicerem ini berada di Kaduela, Pasawahan, Kuningan. 

2. The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park adalah taman wisata air yang cocok dijadikan destinasi liburan bagi anak-anak.

Sebab, lokasi wisata ini menawarkan wahana air tanpa kaporit sehingga aman untuk anak-anak. Air di wahana The Mountain Recreation Park bersumber dari pegunungan karena berada di kawasan Gunung Keling 

Lokasinya berada di Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan.

3. Woodland 

Obyek wisata ini cocok bagi pecinta tantangan. Sebab, Woodland menawarkan fasilitas outbound yang seru, seperti dikutip dari Kompas.com (11/2/2022). 

Daya tarik dari Woodland adalah jalan dari kayu yang terbentang di tengah hutan rimbun. Jalan tersebut sangat estetik, sehingga cocok untuk spot foto instagramable.

Lokasinya berada di Jalan Ragasakti Nomor 130, Setianegara,  Cilimus, Kuningan. 

4. Taman Wisata Alam Linggarjati 

Tempat wisata ini menghadirkan pemandangan alam Kuningan yang indah. 

Selain itu, Taman Wisata Alam Linggarjati dilengkapi dengan sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, area outbond, berkuda, dan lainnya. 

Lokasinya berada di Linggasan, Cilimus, Kuningan. Lokasi ini cocok untuk berwisata bersama keluarga. 

5. Ipukan 

Ipukan merupakan salah satu bumi perkemahan di Kabupaten Kuningan. Melansir Kompas.com (26/12/2017), bumi perkemahan ini menyajikan panorama Gunung Ciremai dan Kota Kuningan

Tak heran, Ipukan menjadi salah satu tempat favorit menyaksikan pemandangan matahari terbit di Kuningan. Pihak pengelola menyediakan fasilitas berkemah bagi yang membutuhkan. 

6. Pondok Pinus Palutungan 

Alternatif tempat wisata Kuningan lainnya adalah Pondok Pinus Palutungan. Pengunjung yang datang bisa menikmati aneka spot foto instagramable. 

Sebut saja, rumah warna-warni, gerbang yang didesain seperti di film-film fantasi, hingga rumah dengan balon yang terinspirasi dari film animasi Disney berjudul UP.

7. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Taman Nasional Gunung Ciremai adalah sebuah kawasan konservasi di Jawa Barat. Melansir situs Balai TNGC, Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi Jawa Barat, dengan puncak tertinggi 3078 mdpl. 

Lokasi ini sangat cocok bagi para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan Gunung Ciremai. Selama perjalanan, para pendaki akan menjumpai hutan asri, air terjun, kawah, serta kekayaan flora dan fauna. 

8. Curug Sidomba

Curug Sidomba adalah salah satu air terjun yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan. 

Curug ini memiliki ketinggian tiga meter serta dikelilingi dengan pepohonan rindang. Lokasi air terjun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, restoran,saung, dan sebagainya. 

Lokasinya berada di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. 

9. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan adalah bagian dari areal bekas HGU perkebunan PT Yunawati, seperti dilansir dari laman Pemerintah Kabupaten Kuningan. 

Lokaisnya berada di desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. 

Daya tarik Kebun Raya Kuningan adalah lokasinya berdampingan dengan TNGC sehingga memiliki membentuk bentang alam perbukitan yang indah. 

Selain itu, area sawah di sekitar kawasan menambah daya tarik Kebun Raya Kuningan sebagai obyek wisata. 

10. Taman Cisantana

Taman Cisantana dahulunya merupakan tempat menambang batu. Kini, tebing-tebing bekas tambang disulap menjadi latar foto yang instagramable dan unik.

Aneka pepohonan dan bunga melengkapi daya tarik Taman Cisantana. Tak heran, Taman Cisantana menjadi salah satu destinasi wisata di dataran tinggi Kuningan yang menjadi incaran wisatawan. 

11. Waduk Darma  

Waduk Darma berfungsi sebagai bendungan irigasi, berdasarkan situs Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan. Luasnya kurang lebih 425 hektar. 

Selain irigasi, waduk ini juga menjadi obyek wisata yang dilengkapi dengan fasilitas perahu motor, taman bermain anak-anak, flaying fox, area perkemahan, warung kuliner, kios cinderamata, dan lainnya. 

Lokasinya berada di desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. 

12. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang merupakan destinasi alam yang menawarkan keindahan di Kabupaten Kuningan. Obyek wisata ini cocok untuk melepas penat karena dikelilingi pepohonan hijau. 

Sejumlah fasilitas di Lembah Cilengkrang antara lain kolam air panas, curug, outbond, bumi perkemahan, dan sebagainya. Lokasinya berada di Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan. 

13. Curug Putri Landung

Curug Putri merupakan salah satu curug tertua yang dibuka untuk wisata di Kuningan, berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/12/2017). 

Dengan ketinggian 25 meter, curug ini memiliki mata air langung dari Gunung Ciremai sehingga alirannya jernih. 

Terdapat kolam besar di bagian bawah air terjun. Oleh karena itu, wisatawan bisa berendam sembari menikmati pepohonan pinus di atas curug. 

14. Wisata Cibulan 

Obyek wisata ini memiliki dua  kolam yang berisi ikan dewa. Konon, ikan dewa tersebut 

Berdasarkan informasi dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, ikan dewa tersebut dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang pada Prabu Siliwangi sehingga dikutuk menjadi ikan. 

Selain kolam ikan dewa, tempat wisata ini juga memiliki fasilitas kolam pemandian dan  tujuh sumber mata air yang dikeramatkan, bernama Tujuh Sumur. 

15. Bukit Panembongan

Jika ingin menikmati panorama indah dari ketinggian, maka Bukit Panembongan bisa menjadi pilihan. Obyek wisata ini berlokasi di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kadatuan, Kabupaten Kuningan. 

Ketika sampai di puncak bukit, pengunjung akan disajikan panorama pepohonan hijau berbaris rapi. 

Dengan pemandangan yang indah, Bukit Panembongan juga menjadi salah satu spot foto favorit di Kabupaten Kuningan.  

16. Pemandian Air Panas Sangkanurip 

Kabupaten Kuningan memiliki beberapa pemandian air panas, salah satunya adalah Pemandian Air Panas Sangkanurip. Daya tarik pemandian ini adalah panorama Gunung Ciremai yang menjulang tinggi. 

Lokasi pemandian air panas ini berada di kaki Gunung Ciramai, tepatnya Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. 

Fasilitasnya pun terbilang lengkap, mulai dari kolam air panas, kolam air dingin, tempat bilas, toilet, mushola, warung makan, dan lainnya. 

Pengunjung yang datang akan menemui seluncuran berbentuk naga yang merupakan ikon dari obyek wisata ini. Terdapat pepohonan rindang di sekeliling kolam, sehingga memberikan suasana teduh. 

17. Curug Bangkong 

Keindahan air terjun atau curug di Kabupaten Kuningan tidak perlu diragukan lagi. Salah satu curug yang menarik bagi wisatawan adalah Curug Bangkong. 

Lokasinya berada di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan. Kawasan wisata Curug Bangkong sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bagi wisatawan. 

Meliputi, area parkir, gazebo, toilet, kolam pemandian, warung, dan mushola. Selain menikmati jernihnya air terjun, pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman river tubing. 

18. Telaga Nilem 

Telaga Nilem memiliki air yang sebening kaca. Jadi, wisatawan bisa melihat langsung dasar telaga, seperti dikutip dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar. 

Saking jernihnya, pengunjung dapat menyaksikan secara jelas ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Banyak sudut di Telaga Nilem yang bisa dijadikan spot untuk berfoto.

Suasana di sekitar telaga kian asri karena dikelilingi pepohonan rimbun. Lokasinya berada di Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. 

19. Sukageuri View

Sukageuri View merupakan tempat wisata yang berada di dataran tinggi tepatnya di kaki Gunung Ciremai. Dilansir dari Kompas.com (26/12/2017), dari lokasi ini wisatawan bisa memandang Kota Kuningan dari ketinggian, sekaligus barisan perbukitan. 

Terdapat gardu pandang beraneka bentuk seperti bentuk cinta, rumah, hingga tangan dari ranting pohon. Gardu pandang tersebut juga bisa menjadi spot foto menarik bagi pengunjung. 

20. Curug Cikabuyutan 

Curug Cikabuyutan sempat viral di media sosial karena pemandangannya masih alami. Lokasinya berada di Desa Cikahuripan, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan. 

Mengutip Tribun Cirebon, terdapat tiga aliran air terjun yang dapat dijumpai pengunjung. 

Curug pertama setinggi 15 meter, kemudian 10 meter, dan terakhir atau curug teratas setinggi 10 meter. Adapun jarak ketiga curug ini saling berdekatan. 

Waktu paling tepat mengunjungi Curug Cikabuyutan adalah bulan Juni. Sebab, curah hujan tidak terlalu tinggi sehingga membuat debit air terjun cukup aman. 

21. Museum Situs Purbakala Cipari 

Tak hanya wisata alam, Kabupaten Kuningan juga memiliki tempat wisata sejarah, salah satunya Museum Situs Purbakala Cipari.

Situs ini merupakan peninggalan zaman megalitikum atau zaman batu, seperti dilansir dari situs kebudayaan.kemdikbud.go.id. 

Dulunya, situs ini diduga merupakan tempat pemukiman penduduk. Pengunjung bisa melihat sejumlah artefak kuno di situs ini, seperti batu kapak, gelang batu, gerabah. 

Bagi yang tertarik mempelajari kehidupan dari zaman batu, museum ini berlokasi di Jalan Museum Taman Purbakala, Cipari, Cigugur, Kuningan. 

22. Situ Wulukut 

Situ Wulukut merupakan wisata alam yang berada di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan. Obyek wisata ini cocok bagi traveler yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan. 

Situ Wulukut mempunyai luas sekitar 1,2 hektar, yang berada di wilayah tanah Perum Perhutani Kabupaten Kuningan. Mulanya, terdapat danau buatan di lokasi ini yang kemudian dikembangkan menjadi area wisata. 

Pengunjung yang datang bisa menikmati area sawah, pegunungan, danau buatan, serta pedesaan yang tenang.  

23. Taman Batu Hanjuang  

Taman Batu Hanjuang merupakan wisata alam yang dilengkapi dengan kolam renang. Sesuai namanya, area Taman Batu Hanjuang ini dikelilingi dengan tebing batu alami yang eksotis. 

Batu-batu gunung tersebut tersusun rapi dengan berbagai ukuran, sehingga menjadi spot menarik untuk foto instagramable. 

Berada di ketinggian, wisatawan yang datang juga bisa menikmati udara segar. Lokasinya berada di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus Kuningan.

24. Gedung Perundingan Linggarjati 

Gedung ini merupakan saksi penting peristiwa bersejarah, yaitu Perundingan Linggarjati. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. 

Melansir dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat, pada 11-15 November 1946, gedung ini digunakan sebagai tempat perundingan antara pemerintah Republik Indonesia dengan Belanda. 

Perundingan tersebut menghasilkan naskah Perjanjian Linggarjati. Hingga saat ini, gedung tersebut masih kokoh berdiri. 

25. Curug Ngelay  

Curug Ngelay adalah salah satu air terjun paling tinggi di Kabupaten Kuningan. Lokasinya berada di Kampung Begawat, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. 

Curug Ngelay menawarkan pemandangan yang menarik, karena memiliki tebing batu yang tinggi dan lebar. Pesona Curug Ngelay bertambah dengan keberadaan pepohonan rindang di sekitarnya. 

Namun, lokasinya cukup berada di pedalaman sehingga wisatawan harus mendaki lebih dulu. Akan tetapi, lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan panorama indah di Curug Ngelay. 

26. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan, berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. 

Mengutip Kompas.com (5/1/2018), kawasan konservasi ini memiliki luas hingga 156 hektar. 

Kebun Raya Kuningan baru diresmikan pada 2018 lalu, sehingga masih banyak lahan kosong yang bisa dikembangkan. 

Pengunjung yang datang akan disuguhi dengan panorama perbukitan, pepohonan, dan taman tematik. Sebut saja, Rock Garden, Taman Awi, Taman Endemik Ciremai, dan lainnya. 

27. Telaga Remis

Selain Telaga Cicerem, pilihan destinasi wisata telaga lainnya di Kabupaten Kuningan adalah Telaga Remis. Telaga yang berhawa sejuk ini berada di lereng Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.  

Mengutip Kompas.com (7/6/2022), danau ini memiliki luas area sekitar 13 hektar secara keseluruhan dengan luas telaga mencapai 3,35 hektar. 

Telaga Remis terdiri dari dua kata, yaitu telaga dan remis. Telaga berasal dari bahasa Sunda yang berarti danau, sedangkan remis sejenis kerang yang berwarna kuning yang hidup di sekitar telaga. 

Telaga Remis memiliki suasana yang asri dengan udara sejuk di tengah pepohonan, kawasan ini sangat pas untuk melepas kepenatan. 

28. Alun-alun Kuningan

Tak melulu wisata alam, travelers yang berkunjung ke Kuningan bisa menikmati panorama perkotaan di Alun-alun Kuningan. Lokasinya berada dalam satu kawasan dengan Taman Kota. 

Mengutip laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar, Taman Kota dan Alun-alun Kuningan baru selesai direnovasi serta diresmikan pada akhir Januari 2022 lalu. 

Lokasinya sangat strategis karena ada di pusat keramaian serta berdekatan dengan Masjid Agung Syi’arul Islam. Tepatnya di Jalan Veteran, Kabupaten Kuningan.

Alun-Alun ini juga dilengkapi dengan air mancur, food court, dan amphiteater (panggung pertunjukan). Selain itu, terdapat patung kuda yang menjadi ikon dari Kabupaten Kuningan. 

29. Sangkan Resort Aqua Park 

Sangkan Resort Aqua Park merupakan waterpark paling lengkap di Kabupaten Kuningan. Lokasinya berada di Jalan Raya Bandorasa No.KM.12, Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. 

Pengunjung bisa menikmati beragam wahana permainan air yang seru di Sangkan Resort Aqua Park. Mulai dari seluncuran, kolam renang, dan kolam ombak. 

Kawasan wisata ini juga dilengkapai dengan mini zoo dan penginapan. Sangkan Resort Aqua Park sangat cocok dikunjungi bersama teman dan keluarga untuk menikmati liburan seru. 

30. Desa Wisata Cibuntu 

Kabupaten Kuningan memiliki sejumlah desa wisata yang berada di bawah pendampingan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Mengutip dari laman Jejaring Desa Wisata Kemenparekraf, desa wisata ini diluncurkan pada 17 Februari 2012 lalu. 

Atraksi wisata di Desa Wisata Cibuntu meliputi wisata budaya yaitu sedekah bumi. Kemudian, wisata alam yakni Curug Gongseng dan wisata buatan yaitu Pagar Gunung Campsite. 

Desa Wisata Cibuntu juga memiliki produk unggulan yakni Kampung Domba. Desa wisata ini telah meraih berbagai penghargaan tingkat nasional. 

https://travel.kompas.com/read/2022/11/23/222930727/30-wisata-kuningan-lengkap-dari-alam-hingga-situs-bersejarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke