Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Indoor Bandung yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan

KOMPAS.com - Musim hujan bukan jadi penghalang bagi wisatawan yang ingin berlibur. Kamu masih bisa mengunjungi tempat wisata dalam ruangan (indoor) selama musim hujan.

Bandung menjadi salah satu kota yang menawarkan sejumlah wisata indoor. Ada sejumlah wisata indoor di Bandung yang instagramable. 

Kompas.com telah merangkum wisata indoor di Bandung yang bisa dikunjungi saat musim hujan. 

1. Gedung Sate 

Saat musim hujan, kita bisa berwisata ke Gedung Sate yang merupakan salah satu ikon wisata Kota Bandung. Mengutip Kompas.com (20/1/2020), Gedung Sate dibangun pada 1924, namun masih kokoh hingga saat ini.

Selain kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate menyediakan ruangan museum di lantai dasar. 

Pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi seni seperti batu kali, batu gelas, dan baja Swedia yang digunakan untuk membangun Gedung Sate. Adapula permainan augmented reality (AR) bersama animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate. 

2. Trans Studio Bandung

Obyek wisata indoor satu ini, sudah terkenal di kalangan wisatawan. Trans Studio Bandung merupakan taman bermain di dalam ruangan (indoor theme park) yang menawarkan beragam wahana. 

Mengutip dari situs Trans Studio Bandung, taman hiburan ini memiliki luas 4,2 hektar, serta terletak di dalam kawasan Trans Studio Mall Bandung. Jadi, wisatawan tak perlu khawatir dengan guyuran hujan. 

Trans Studio Bandung menyajikan 20 wahana permainan dan hiburan yang terbagi dalam tiga zona. Lokasinya berada di Jalan Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Bandung. 

Selain di Bandung, Trans Studio terdapat di beberapa kota besar antara lain Makassar dan Cibubur. Dari ketiganya, Trans Studio Bandung merupakan indoor theme park yang terbesar.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (4/5/2022), salah satu spot foto favorit pengunjung adalah Love Light yakni karya seni kontemporer dengan 88 deretan pilar putih dengan lampu-lampu di atasnya. 

Pengunjung juga bisa melihat koleksi 168 ikan arwana dalam akuarium besar pada wahana Fantasy Land. 

Rabbit Town memiliki area penangkaran kelinci yang disebut Rabbit Farm atau Rabbit Villa, sehingga obyek wisata ini dinamai Rabbit Town. Lokasi Rabbit Town berada di Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. 

4. Centrum Million Balls

Wisata indoor di Bandung yang instagramable lainnya adalah Centrum Million Balls. 

Tempat bermain indoor ini, juga disebut Big Poll Party atau kolam bola terbesar di Indonesia dengan luas 500 meter. 

Tak hanya anak kecil, tersedia kolam bola untuk orang dewasa, sehingga semua anggota keluarga bisa menikmati keseruan di Centrum Million Balls. 

Adapula spot foto yang penuh warna, seperti Disco Darling, Choco Sunday, Yellow Bubble Shower, dan Story of My Life. Centrum Million Balls terletak di Jalan Belitung nomor 10, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. 

5. Museum Konferensi Asia Afrika 

Bandung memiliki sejumlah obyek wisata sejarah yang bisa dikunjungi meskipun musim hujan lantaran berada dalam ruangan. Salah satunya adalah Museum Konferensi Asia Afrika 

Museum ini menyimpan berbagai koleksi foto saat konferensi internasional itu digelar di Indonesia. 

Ikon dari Museum Konferensi Asia Afrika adalah tiang bendera berjajar di depan gedung yang mewakili anggota peserta konferensi. 

Ada pula ruang pameran, diorama, dan ruang audio visual yang bisa dikunjungi wisatawan. Museum ini berada di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. 

6. Amazing Art World 

Amazing Art World merupakan obyek wisata indoor yang menyajikan beragam lukisan 3D, 4D, dan 5D. Wisatawan yang berkunjung dapat berfoto dengan aneka lukisan tersebut. 

Lukisan-lukisan di Amazing Art World merupakan hasil karya pelukis Tanah Air. Dengan teknik 3D, 4D, dan 5D lukisan-lukisan di Amazing Art World tampak nyata. 

Mengutip Tribun Jabar (16/6/2017), Amazing Art World menampilkan 13 zona wisata seni yang menajubkan bagi pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung. 

7. Selasar Sunaryo

Menikmati karya seni di tengah hujan tentunya memberikan suasana syahdu. Nah, jika kamu ingin mencoba sensasi melepas penat dengan melihat aneka karya seni, maka cobalah datang ke Selasar Sunaryo. 

Selasar Sunaryo merupakan sebuah galeri seni yang menampilkan beragam koleksi karya seni menarik. 

Berdasarkan informasi situs Selasar Sunaryo, galeri ini juga dilengkapi dengan toko cinderamata, perpustakaan, dan kedai kopi. 

Selain menikmati indahnya karya seni yang dipamerkan, pengunjung bisa berfoto di spot instagramable. Galeri seni ini berada di Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 100, Bandung. 

8. Roemah Seni Sarasvati 

Galeri seni lainnya di Bandung adalah Roemah Seni Sarasvati. Lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman 137, Bandung. 

Mengutip situs resminya, Roemah Seni Sarasvati dibangun dengan tujuan untuk memperkenalkan berbagai keragaman seni budaya. 

Roemah Seni Sarasvati juga merupakan tempat bertukar gagasan dan kepedulian untuk mendorong kreativitas insan Kota Bandung. 

Pengunjung bisa menjumpai aneka koleksi karya seni di Roemah Seni Sarasvati. Selain itu, terdapat ruang pameran, ruang diskusi, dan kafe. 

9. Panama Park 825 

Panama Park 825 merupakan salah satu area bermain (playground) dalam ruangan terbesar di Bandung. 

Mengutip dari situs resminya, indoor playground yang dikembangkan oleh Game Master ini dirancang dengan konsep keluarga. Jadi, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa bisa menikmati semua fasilitas di Panama Park 825.

Fasilitas yang tersedia di Panama Park 825 terbagi dalam empat zona. Meliputi, snow park, playground, game master, dan joy and fun. 

10. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan destinasi wisata budaya di Bandung. Selain menikmati waktu libur, pengunjung bisa belajar budaya khas Sunda, Jawa Barta. 

Mengutip situs resmi Saung Angklung Udjo, obyek wisata ini meyediakan wisata budaya dan edukasi yang lengkap. Mereka memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan workshop untuk alat musik bambu. 

Mayoritas arena seni tersebut berada dalam ruangan, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir terhadap hujan. 

Saung Angklung Udjo juga menggelar pertunjukan, yakni Pertunjukan Bambu Petang yang berisi beberapa penampilan pendek spektakuler. 

Meliputi, demonstrasi wayang golek, upacara helaran, seni tari tradisional, angklung pemula, angklung orkestra masal, dan arumba.

Lokasinya berada di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung. 

https://travel.kompas.com/read/2022/11/26/180300427/10-wisata-indoor-bandung-yang-cocok-dikunjungi-saat-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke