Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Banjir Jeddah, Bus Jemaah Umrah Sempat Terjebak

KOMPAS.com - Banjir melanda Kota Jeddah, Arab Saudi pada Kamis (24/11/2022) kemarin akibat curah hujan yang tinggi. 

Mengutip Kompas.com (25/11/2022) dari Middle East Eye, setidaknya dua orang tewas akibat banjir di kota pesisir Arab Saudi tersebut. 

Selain itu, banjir di Kota Jeddah juga berdampak pada perjalanan sejumlah jemaah umrah yang hendak menuju ke Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, dari Mekkah. 

Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Nasrullah Jasam, mengungkapkan sejumlah bus rombongan umrah sempat terjebak banjir yang melanda Jeddah. 

“Untuk jemaah umrah, memang kami kemarin temukan di Jeddah itu busnya tidak bisa jalan, padahal mereka harus take off pukul 16.00,” terangnya kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022). 

Imbasnya, lanjut Nasrullah, penerbangan jemaah umrah tersebut tertunda alias delay. 

Sementara itu, mengutip Kompas.com (25/11/2022), dari Saudi Gazette, penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz memang tertunda.

Pasalnya, banjir membuat lalu lintas pada Jalan Tol Haramain dan beberapa jalan utama lainnya ditutup selama beberapa jam. 

“Jadi, dampak dari banjir itu kepada jemaah umrah adalah delay-nya beberapa penerbangan,” imbuh Nasrullah.  

Hampir normal 

Namun demikian, Nasrullah menuturkan kondisi di Jeddah hampir normal pada hari ini, Sabtu (26/11/2022). Banjir pun mulai surut, hanya tersisa genangan-genangan air di sejumlah titik. 

“Hari ini tampaknya sudah hampir normal,” tuturnya. 

Selain itu, lalu lintas dari Jeddah menuju Mekkah pun sudah mulai normal. Curah hujan pun telah berkurang dibandingkan hari-hari sebelumnya. 

“Kemarin memang dari pagi curah hujan cukup tinggi, tapi kemudian sorenya kami sudah bisa melewati jalur dari Jeddah ke Mekkah, dan hari ini hampir normal,” jelasnya. 

Sebagai informasi, Jeddah merupakan kota pesisir yang terletak dekat Laut Merah. Kota ini sering disebut sebagai pintu gerbang ke Mekkah, karena keberadaan Bandara Internasional King Abdulaziz. 

Namun, Jeddah kerap dilanda banjir hampir setiap tahunnya. Adapun peristiwa banjir terparah dalam 27 tahun terakhir terjadi pada 25 November 2009 lalu.

Setidaknya, 122 orang tewas dan sekitar 3.000 kendaraan hanyut atau rusak akibat banjir tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/26/213458827/dampak-banjir-jeddah-bus-jemaah-umrah-sempat-terjebak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke