Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Liburan Akhir Tahun agar Murah meski High Season 

KOMPAS.com - Liburan akhir tahun menjadi salah satu momentum yang paling dinantikan. Namun, liburan akhir tahun membutuhkan persiapan yang lebih matang lantaran masuk periode high season atau musim ramai pengunjung. 

Senior Corporate Communications Manager Pegipegi, Busyra Oryza mengatakan, berdasarkan riset Pegipegi harga hotel saat high season naik 15 persen dibandingkan low season.

Riset tersebut dilakukan terhadap median harga hotel di 19 wilayah populer Indonesia. 

“Kenaikan harga hotel saat high season 15 persen lebih mahal dibandingkan low season. Yogyakarta menjadi destinasi populer yang mengalami kenaikan harga tertinggi untuk semua kategori hotel, yakni 36 persen,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (27/11/2022). 

Tips liburan akhir tahun agar murah 

Mengacu pada hasil riset di atas, Pegipegi memberikan delapan tips agar momentum liburan akhir tahun tetap aman, nyaman, dan terjangkau, sebagai berikut. 

1. Tentukan jadwal perjalanan

Jadwal perjalanan merupakan aspek krusial yang harus disusun sebelum traveling akhir tahun. Jadwal perjalanan meliputi waktu, lama, dan tempat liburan. 

Sebab, bagi bekerja perlu mengajukan cuti ke kantor. Selain itu, dengan menentukan jadwal perjalanan, kamu memiliki perkiraan waktu yang jelas sehingga dapat mempersiapkan perjalanan dengan matang. 

Mulai dari anggaran atau budget, akomodasi, transportasi, itinerary hingga merapikan perlengkapan perjalanan.

2. Jaga kesehatan

Liburan dalam kondisi tidak fit akan membuat traveling kamu tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama perjalanan.

Caranya, makan dan minum yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, dan lakukan olahraga ringan, seperti jogging.

3. Persiapkan budget liburan

Agar liburan tidak berakhir dengan buruk, maka persiapan budget harus matang. Jadi, momentum liburan tidak akan menguras tabungan.

Alokasikan budget liburan sesuai kemampuan dan kebutuhan. Kemudian, kelompokkan ke dalam beberapa pos anggaran, seperti transportasi, penginapan, makanan, tiket masuk atraksi atau wahana, hingga belanja oleh-oleh.

4. Tentukan destinasi wisata

Dalam menentukan destinasi wisata, kamu bisa mengumpulkan informasi lengkap dari berbagai sumber. Pastikan destinasi wisata yang dituju sesuai dengan alokasi budget. 

“Untuk menghemat budget, ada cukup banyak destinasi terbaik dengan harga tiket masuk yang terjangkau bahkan gratis,” kata Busyra.

Jangan lupa untuk menggali informasi seputar akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata, biaya transportasi, hingga harga tiket masuk ke tempat wisata. 

5. Booking akomodasi dan transportasi lebih awal 

Harga akomodasi dan tiket transportasi jelang liburan akhir tahun lebih mahal dibandingkan periode biasa. Pegipegi mencatat rata-rata kenaikan harga hotel saat high season yaitu 15 persen dibandingkan low season. 

“Sedangkan untuk tiket transportasi liburan akhir tahun, seperti pesawat, diprediksi bakal meningkat sekitar 10 hingga 20 persen,” ujar Busyra. 

Ia menuturkan periode November hingga awal Desember merupakan waktu terbaik untuk memesan akomodasi dan transportasi agar lebih terjangkau.

Dengan early booking, lanjutnya, traveler bisa menghemat budget 15–35 persen untuk akomodasi dan 10–20 persen untuk transportasi.

“Salah satu caranya, kamu bisa memanfaatkan program promo PAS (Pesan Aja Sekarang) untuk Pegipegi Lagi yang lebih hemat di akhir tahun,” katanya. 

Periode promo PAS dari Pegipegi berlangsung mulai 6 November sampai 5 Desember 2022. Traveler bisa mendapatkan diskon hotel dan tiket pesawat untuk liburan akhir tahun hingga Rp125 ribu.

Selain early booking, traveler juga bisa mencoba tips liburan akhir tahun agar hemat lainnya. 

Meliputi, menginap di hari Minggu atau Senin, mengikuti flash sale, booking hotel yang baru diresmikan, bergabung dengan loyalty program, hingga memanfaatkan penawaran spesial dari layanan finansial dan perbankan.

6. Perhatikan cuaca dan regulasi perjalanan 

Sebelum bepergian, sebaiknya perhatikan ramalan cuaca pada periode liburan. Hal ini akan mempengaruhi persiapan perjalanan kamu, seperti peralatan khusus yang perlu dibawa. 

Hal yang sama berlaku jika kamu ingin bepergian ke  negeri. Biasanya, musim semi adalah waktu terbaik jika ingin mengunjungi tempat wisata tanpa terkendala cuaca.

Selain itu, kamu harus mengetahui informasi terbaru seputar regulasi perjalanan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini untuk memastikan bahwa kamu memenuhi kriteria kota atau negara destinasi liburan. 

7. Bawa uang dan perlengkapan secukupnya

Saat berlibur, pastikan kamu membawa uang secukupnya agar tidak boros atau kekurangan selama traveling.

Uang tunai masih dibutuhkan, apalagi ketika kamu berada lokasi yang tidak bisa menerima pembayaran elektronik. 

Selain itu, bawalah perlengkapan sesuai dengan kebutuhan agar kamu tidak kerepotan dengan barang bawaan.

8. Unduh aplikasi perjalanan

Mengunduh sejulah aplikasi perjalanan akan membuat liburan kamu lebih praktis. Misalnya, aplikasi transportasi online, wahana wisata, rental mobil, layanan finansial, dompet elektronik, dan sebagainya. 

“Itulah delapan tips yang bisa kamu lakukan agar traveling akhir tahun menjadi lebih matang, lancar, dan terjangkau,” tutup Busyra.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/27/100603327/8-tips-liburan-akhir-tahun-agar-murah-meski-high-season

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke