Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Raja Ampat Baru, Pesona Pulau Tawale di Halmahera Selatan

KOMPAS.com - Gugusan Pulau Tawale di Halmahera Selatan, Maluku Utara ini mendapat julukan sebagai Raja Ampat Baru karena pesona alam bawah lautnya yang luar biasa.

Seperti dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Pulau Tawale sangat mengesankan dengan suguhan hamparan hutan hijau serta air laut yang biru nan jernih.

  • 4 Tips Penting saat Mengunjungi Pulau Tawale di Halmahera Selatan
  • Pesona Tanjung Bongo di Halmahera Tak Kalah dengan Raja Ampat

"Ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan. (Gugusan Pulau Tawale) luar biasa indahnya, itu betul-betul gate of heaven. Apalagi, Halmahera Selatan ini merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia," kata Sandiaga dalam keterangan resmi Kemenparekraf, Sabtu (26/11/2022).

Melansir Kompas.com (17/4/2019), dilihat dari tipe ekosistemnya, gugusan pulau Tawele merupakan pulau yang terbentuk dari batu karang dan memiliki hutan yang masih perawan.

Saking jernihnya, air laut di Pulau Tawale membuat hamparan terumbu karang serta aneka biota lautnya terlihat sangat jelas hanya dengan mata telanjang.

Itulah mengapa banyak wisatawan yang menyamakan pesona gugusan kepulauan ini dengan keindahan alam bawah laut Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Adapun untuk mencapai gugusan Pulau Tawale yang ada di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, bisa dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam lamanya dari Pulau Bacan.

Di sisi lain, Sandiaga mengatakan bahwa Halmahera Selatan tidak hanya memiliki Gugusan Pulau Tawale sebagai destinasi wisata bawah lautnya. 

Masih banyak lagi destinasi wisata bawah laut di Halmahera Selatan yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan.

Hal itu guna membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Selatan.

"Saya melihat selain ekonomi berbasis sumber daya alam yang menjadi tulang punggung sekarang, kita juga harus kembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar pergerakan ekonomi di Halmahera Selatan semakin meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ujar dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/28/111100127/raja-ampat-baru-pesona-pulau-tawale-di-halmahera-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke