Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk Bersantai di Ahad Festival Lhokseumawe Aceh Setiap Hari Minggu

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Wisatawan yang tengah berada di Kota Lhokseumawe, Aceh, bisa mampir ke Ahad Festival di halaman Museum Kota Lhokseumawe, Kecamatan Banda Sakti, yang digelar setiap hari Minggu hingga akhir Desember 2022.

Digelar oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Lhokseumawe, acara ini mempertemukan masyarakat, komunitas, kelompok seni dan olahraga, serta UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) Kota Lhokseumawe.

  • 19 Oleh-oleh Khas Banda Aceh, dari Camilan hingga Pakaian Adat
  • 11 Tempat Wisata Pantai di Aceh, Air Lautnya Biru Jernih

“Kita harap ini menjadi lokasi pusat berkumpul masyarakat setiap Minggu. Di sana tumbuh ekonomi UMKM dan kelompok seni juga serta sejumlah komunitas lainnya,” kata Kepala Disperindagkop Lhokseumawe Mohammad Rizal kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (29/11/2022).

Di acara ini, pengunjung bisa melakukan banyak hal, antara lain mengikuti senam bersama, menonton pertunjukan seni, dan berolahraga bersama.

Acara yang menghabiskan dana sebesar Rp 50 juta untuk delapan kali penyelenggaraan ini direncanakan menjadi acara rutin setiap tahun.

"Kita ajak BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)/BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk menjadi sponsorship karena anggaran kita kecil,” katanya.

  • Musisi Lokal Tampil di Abraj Rooftop Banda Aceh untuk Hibur Wisatawan
  • Mengenang Tsunami Aceh di Desa Wisata Gampong Ulee Lheue

Ke depannya, ia berharap Ahad Festival bisa menjadi ikon Kota Lhokseumawe yang diminati oleh kaum pendatang. Dia mengklaim, dalam satu hari acara diselenggarakan, tercatat perputaran uang berkisar Rp 20-90 juta sehingga menguntungkan UMKM setempat.

“Semoga (acara) ini terus berjalan dengan baik,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/29/201000527/yuk-bersantai-di-ahad-festival-lhokseumawe-aceh-setiap-hari-minggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke