Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Hidden Gem Bali, Wisata Anti-mainstream buat Libur Akhir Tahun

KOMPAS.com - Liburan akhir tahun menjadi momentum yang paling dinantikan banyak orang. Setelah setahun berkutat dengan rutinitas, liburan bisa menjadi obat pelepas penat.

Biar libur akhir tahun makin seru, cobalah mengunjungi hidden gem di Bali.

Destinasi wisata anti-mainstream tersebut akan membuat liburan makin seru karena menghadirkan pengalaman yang berbeda.

Hidden gem Bali

Berikut sepuluh hidden gem di Bali yang bisa dikunjungi saat libur akhir tahun seperti dirangkum Kompas.com. 

Desa Pinggan berada di daerah pegunungan tepatnya di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Berada di ketinggian, desa ini menyajikan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dengan latar belakang Gunung Batur dan Gunung Agung.

Oleh sebab itu, Desa Pinggan merupakan salah satu spot karavan (campervan) populer di Bali, seperti dikutip dari Kompas.com (20/5/2022).

Bagi penggemar fotografi, sebaiknya tidak melewatkan berburu foto matahari terbit. Panorama matahari terbit di Desa Pinggan sangat menawan dengan sajian area sawah dan kabut bak permadani.

Jika kamu ingin mengunjungi hidden gem pantai di Bali, maka Gili Putih Sumberkima bisa menjadi pilihan.

Melansir dari laman Visit Bali, Gili Putih Sumberkima adalah daratan di tengah lautan. Keunikan Gili Putih Sumberkima adalah seluruh daratan yang tertutupi pasir putih. 

Traveler bisa mengakses Gili Putih Sumberkima dengan menaiki perahu nelayan. Daratan ini tidak berpenghuni karena luasnya hanya sekitar 600 meter persegi.

Menariknya, ukuran Gili Putih Sumberkima bisa berubah. Terkadang daratannya menjadi sangat luas, namun seringkali menyempit dan berbentuk seperti rumah keong.

Lokasi obyek wisata ini berada di Mandarsari, Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Kamu tentunya tidak asing dengan obyek wisata Tirta Gangga. Nah, ternyata ada taman cantik lain peninggalan Kerajaan Karangasem di Bali, yaitu Taman Soekasada atau biasa disebut Taman Ujung.

Mengutip laman Karangasem Tourism, Taman Ujung merupakan taman peristirahatan yang dibangun pada 1909 di bawah pemerintahan Raja Karangasem. Sempat terbengkalai, sampai akhirnya pada 2003 wisatawan dapat menikmati kembali keindahan Taman Ujung.

Taman Ujung memiliki bangunan klasik yang berada di tengah kolam. Selain itu, wisatawan bisa melihat panorama laut biru Pantai Ujung dan Bukit Bisbis.

Obyek wisata ini berada di  Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem.

Selain pantai, Pulau Dewata juga memiliki taman-taman yang menawan. Salah satunya adalah The Blooms Garden yang memadukan koleksi bunga dari kawasan di Asia Tenggara.

Mengutip Kompas.com (15/12/2021), taman seluas 4,5 hektar ini berada di kawasan Bali Tengah. Tepatnya di Banjar Batusesa, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Terdapat sekitar 10 jenis bunga yang tersebar di dalam beberapa area taman, antara lain Taman Oval, Taman Dewi Danu (The Goddess of The Lake), Taman Merak, Taman Belanda, dan Taman Cinta.

Selain menyegarkan mata, pengunjung bisa menemukan banyak spot foto instagramable.

Tidak banyak yang tahu bahwa terdapat savana eksotis di Bali, yaitu Savana Tianyar. Hidden gem ini berada di terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Wisatawan bisa melihat hamparan rumput dengan latar belakang Gunung Agung. Saat musim kemarau, pemandangan Savana Tianyar makin eksotis karena rumput-rumputnya berubah menjadi kuning.

Jadi, suasananya kurang lebih mirip seperti sabana di Afrika. Destinasi ini juga menjadi lokasi favorit untuk spot campervan. 

Ketika malam datang, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan langit penuh bintang.

Bukit Asah merupakan semenanjung kecil yang menawarkan pemandangan luar biasa. 

Semenanjung kecil ini berhadapan langsung dengan Laut Bali dan Pulau Kuan yang berbentuk seperti ikan paus.

Sementara, di sisi kanan dan kiri bukit membentang pantai-pantai cantik. Salah satunya, Pantai Bias Putih atau yang lebih dikenal dengan Virgin Beach Bali.

Meskipun jauh dari hiruk pikuk perkotaan, namun fasilitas penunjang wisata di Bukit Asah termasuk lengkap. Mulai dari listrik, kamar mandi, hingga penyewaan peralatan masak sudah tersedia di sana.

Bukit Asah terletak di Desa Adat Bugbug, Kabupaten Karangasem.

Air Terjun Tukad Cepung adalah obyek wisata yang sangat tersembunyi karena berada di tengah pepohonan lebat.

Mengutip Tribun Bali (17/11/2017), dulunya air terjun ini dianggap sakral sehingga hanya menjadi tujuan upacara keagamaan. Namun, saat ini air terjun Tukad Cepung menjadi hidden gem yang banyak dikunjungi wisatawan.

Tidak hanya domestik, wisatawan mancanegara pun tak ketinggalan ingin menyaksikan keindahan Tukad Cepung.

Keunikan air terjun setinggi 15 meter ini adalah, dikelilingi dinding bebatuan datang. Keberadaan dinding batu itu membuat aliran air terjun seperti tirai lembut.

Air terjun Tukad Cepung berada di Jalan Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Pulau Dewata memiliki banyak pantai indah yang belum banyak terjamah wisatawan. Salah satunya, Pantai Soan Galuh.

Hidden gem ini menawarkan pemandangan eksotis. Mengutip Kompas.com (9/10/2022), ikon dari Pantai Soan Galuh adalah foto di tengah terowongan batu dengan latar belakang pantai.

Selain itu, perpaduan pasir pantai hitam dan batu-batu di bibir pantainya juga tak kalah eksotis.

Letaknya di Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Pantai Gunung Payung kerap disebut secret beach. Sebab, pantai pasir putih ini lokasinya tersembunyi di balik tebing sehingga masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Mengutip Tribun Bali (15/5/2022), ciri khas Pantai Gunung Payung adalah  pasir putih bertekstur halus dan tebing-tebing tinggi disekitarnya.

Bagi wisatawan yang tidak terlalu menyukai keramaian, maka obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Karena berada di balik tebing, maka untuk mencapai Pantai Gunung Payung wisatawan perlu menuruni beberapa anak tangga. Lokasinya berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung.

Lahangan Sweet adalah destinasi wisata baru di Kabupaten Karangasem, Bali.

Mengutip laman resminya, obyek wisata ini menyajikan pemandangan Gunung Agung yang terbentang luas karena berada di atas bukit.

Salah satu spot favorit untuk berfoto adalah gardu pandang yang berada di sebuah pohon. Lahangan Sweet juga dilengkapi dengan camping ground.

Lokasinya berada di Banjar Dinas Gulinten, Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/02/080300627/10-hidden-gem-bali-wisata-anti-mainstream-buat-libur-akhir-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke