Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba-serbi Jelang Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Jemaat Bisa Parkir di Masjid Istiqlal

KOMPAS.com - Jelang perayaan Natal pada Minggu (25/12/2022), Gereja Katedral Jakarta melakukan sejumlah persiapan.

Salah satunya berupa tradisi membuat pohon Natal yang berbeda setiap tahun. Pada tahun ini, pohon yang digunakan adalah.

"Kalau Natal, Katedral itu setiap Natal, ada membuat sebuah pohon natal yang tinggi dengan bentuk bermacam-macam setiap tahunnya," kata Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2022) di Jakarta Pusat.

Selain itu, yang berbeda pula ialah, keberadaan kandang Natal yang didatangkan langsung dari Jawa Tengah.

"Kandang Natal ini unik karena khusus dicari kandang lama dari kandang sapi di Jawa Tengah," tutur Susy.

Nantinya, kandang tidak akan ditaruh di dalam gereja, melainkan di halaman parkir dekat patung Kristus Raja, sehingga dapat dikunjungi oleh siapa pun.

Kemudian pada hari Natal, di altar gereja juga akan menampilkan dekorasi Bunda Maria dan Santo Yosef dengan bayi Yesus di palungan.

Pembangunan tenda tambahan untuk jemaat

Saat perayaan Natal, 25 Desember 2022, akan ada tiga kali ibadah misa Natal dengan perkiraan jemaat yang datang untuk satu kali misa ialah 4.000-5.000 orang.

Maka dari itu, pihak gereja juga akan membangun sejumlah tenda dengan berbagai kapasitas.

"Jelang perayaan Natal, kita juga membangun tenda untuk keperluan penambahan kursi, karena Gereja Katedral cuma punya kapasitas 800 kursi," ujarnya.

Adapun sebaran tenda tersebut meliputi di area Plaza Maria ditambah sekitar 500 kursi, Plaza Sumpah Pemuda 100 kursi, dan masih ada penambahan 2.000 sampai 3.000 kursi lagi di sekitar area parkiran gereja.

Kantung parkir saat perayaan Natal

Lantaran pemasangan tenda untuk ibadah tersebut, Gereja Katedral jadinya tidak memiliki tempat parkir.

Sehingga beberapa lokasi di sekitar area gereja turut memberikan lahan parkir mereka bagi jemaat yang ingin mengikuti ibadah Natal di Katedral.

Jadi, jemaat bisa memarkirkan kendaraannya di sejumlah lokasi, seperti kantor POS, lapangan parkir Santa Ursula, bengkel perlengkapan angkatan darat, hingga Masjid Istiqlal.

"Masjid Istiqlal selalu setia meminjamkan lapangan parkirnya, setelah direnovasi, Masjid Istiqlal sudah punya tempat parkir berkapasitas 800 mobil untuk basement yang bisa dipakai juga oleh umat yang ingin beribadah Natal nanti di Gereja Katedral," pungkas Susy.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/05/154144927/serba-serbi-jelang-natal-2022-di-gereja-katedral-jakarta-jemaat-bisa-parkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke