Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Wisata Tahun Baru di Jakarta, Ada Tempat Nongkrong Instagramable 

KOMPAS.com - Kurang dari sebulan, kita akan meninggalkan tahun 2022 dan memasuki tahun 2023.

Momentum pergantian tahun ini biasanya dirayakan oleh masyarakat, termasuk DKI Jakarta. Ada banyak ide kegiatan untuk merayakan tahun baru, termasuk berlibur ke obyek wisata.

Terlebih, tanggal 1 Januari 2023 ditetapkan sebagai hari libur nasional, meskipun jatuh pada hari Minggu. Jika kamu berada di ibu kota, ada sejumlah tempat wisata untuk merayakan tahun baru 2023.

Tempat wisata tahun baru di Jakarta

Berikut sejumlah tempat wisata untuk merayakan tahun baru 2023 di DKI Jakarta seperti dirangkum Kompas.com.

Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) merupakan salah satu ikon ibu kota. Kini, kawasan ikonik tersebut semakin cantik usai renovasi Halte Transjakarta.

Mengutip Kompas.com (18/10/2022), halte yang berada di Jalan MH Thamrin tersebut kini memiliki sejumlah spot foto menarik.

Bangunan halte terdiri dari dua lantai. Pada lantai dua, terdapat anjungan atau sky deck. Sementara lantai pertama tetap berfungsi sebagai ruang penumpang Transjakarta.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Monumen Selamat Datang yang berada di tengah Bundaran HI.

2. Sarinah 

Setelah puas berfoto di Halte Transjakarta Bundaran HI, kamu bisa bergeser ke Sarinah. Serupa, pusat perbelanjaan ini juga baru selesai direnovasi.

Usai bersolek, Sarinah memiliki banyak spot foto instragramable antara lain amphitheater, skydeck, museum, dan galeri foto. Pengunjung juga bisa melihat relief peninggalan era Presiden Soekarno.

Sebelumnya, relief yang berusia 50 tahun lebih tersebut tersembunyi di ruang mesin atau ruang AHU di belakang gerai makanan cepat saji.

Pengunjung Sarinah juga bisa berbelanja aneka produk UMKM lokal.

Tak mau ketinggalan, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat juga baru selesai direvitalisasi. Jika kamu penasaran dengan muka baru kawasan Kota Tua, maka bisa mengunjungi saat libur tahun baru 2023.

Mengutip Kompas.com (27/8/2022), usai revitalisasi masyarakat bisa menikmati area pejalan kaki yang lebih luas dan transportasi publik lebih terintegrasi.

Beberapa ruas jalan diubah menjadi bebas motor sehingga ramah bagi pejalan kaki. Sepanjang jalan  juga terlihat beberapa tempat duduk untuk warga beristirahat.

4. Kawasan Sudirman 

Kawasan Sudirman sempat viral karena fenomena Citayam Fashion Week. Meskipun gaung Citayam Fashion Week mulai redup, tapi masyarakat masih bisa menghabiskan hari libur di kawasan Sudirman.

Sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan Sudirman antara lain berfoto di spot instagramable seperti Terowongan Kendal.

Pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner atau nongkrong Riverside Walk di sekitar Stasiun BNI City atau Taman Dukuh Atas.

Usai diresmikan pada Kamis (10/3/2022) lalu, jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman ramai dikunjungi warga. 

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin berfoto di JPO yang menyerupai desain kapal pinisi tersebut. 

Mengutip Kompas.com, (12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS). JPO Phinisi mengusung konsep modern, dilengkapi dengan anjungan yang menyerupai kapal pinisi.

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik, karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan melengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung disediakan bagi para pesepeda.

Jika kamu belum sempat berfoto di JPO instagramable ini, maka cobalah berkunjung saat libur tahun baru.

Setelah puas berfoto di JPO Phinisi, wisatawan bisa bergeser ke tempat nongkrong baru yang lokasinya tak begitu jauh yakni Chillax. 

Mengutip Kompas.com (19/11/2022), Chillax, singkatan dari chill and relax.  Tempat nongkrong di Jakarta Selatan yang baru dibuka awal November 2022 ini.

Area ini merupakan suatu kawasan komersil baru dengan konsep food & beverages (F&B) bertema alfresco dining alias restoran dengan ruang terbuka.

Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 23, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pengunjung bisa merasakan atmosfer Eropa saat berkunjung ke Chillax. Sembari menikmati kuliner, wisatawan bisa berfoto di spot instagramable.

Kawasan Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) menjadi salah satu destinasi wisata populer di ibu kota. Secara administratif, lokasinya berada di Jakarta Utara dan Banten.

Mengutip Kompas.com (23/7/2022), kawasan PIK 2 memiliki beragam destinasi yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata kuliner, pantai pasir putih, hutan mangrove, dan wisata belanja.

Tidak hanya itu, banyak tempat wisata di PIK 2 yang Instagramable yang bisa dikunjungi saat libur tahun baru.

Sejumlah destinasi populer di kawasan PIK 2 antara lain, pantai pasir putih, Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk atau Hutan Mangrove PIK, Cove at Batavia, dan Pantjoran PIK.

8. Pos Bloc 

Jika kamu ingin mengisi libur tahun baru dengan wisata kuliner, maka datanglah ke Pos Bloc. Mengutip Kompas.com (20/10/2021), Pos Bloc mulanya Gedung Filateli Jakarta atau Gedung Kantor Pos Pasar Baru.

Tempat nongkrong baru ini dibuka pada awal September 2021. Sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan di Pos Bloc antara lain wisata kuliner, duduk santai, menyaksikan pertunjukkan, berfoto, dan berbelanja produk ekonomi kreatif.

M Bloc Space merupakan tempat nongkrong sekaligus wisata kuliner yang terkenal di kalangan anak muda ibu kota. Lokasinya berada di Jalan Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan. 

Mengutip Kompas.com (28/10/2019), kawasan ini dulunya merupakan rumah dinas Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Tak heran, arsitektur bangunan di M Bloc Space bergaya vintage dan atau rumah tropis era 1950-an.

Sepanjang kawasan ini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam kafe. Selain itu, M Bloc Space juga menyediakan ruang kreatif bagi para muda-mudi. 

Lokasinya cukup strategis karena berada di dekat stasiun MRT ASEAN dan halte TransJakarta Blok M.

Siapa bilang libur tahun baru harus mahal? Warga yang ingin liburan tahun baru ramah kantong bisa mengunjungi Tebet Eco Park.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), taman seluas 7 hektar inibaru selesai direvitalisasi.

Pengunjung bisa menikmati beragam wahana baru di Tebet Eco Park antara lain Infinity Link Bridge, Tebet Eco Park Plaza, taman tematik, area UMKM, Wetland Boardwalk, taman bermain anak, dan sebagainya.

Tebet Eco Park juga memiliki banyak spot foto instagramble sehingga pengunjung bisa mengabadikan momentum liburan tahun baru.

Bagi wisatawan yang mencari wisata dalam ruangan atau indoor bisa mengunjungi The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih dikenal dengan nama Museum MACAN. 

Museum adalah pilihan wisata indoor yang tepat di tengah musim hujan pada akhir tahun.

Mengutip Kompas.com, (25/03/2022), pengunjung bisa melihat beragam karya seni di Museum MACAN. Salah satu yang paling terkenal adalah Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls. 

Karya seni ini merupakan buah karya dari perupa ternama asal Jepang, Yayoi Kusama yang pertama kali ditampilkan di Museum MACAN pada 2017. Lokasi Museum MACAN berada di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

12. Jakarta Aquarium & Safari

Wisata indoor populer lainnya di Jakarta adalah  Jakarta Aquarium & Safari (JAQS). Wisata ramah anak dan keluarga ini berada di dalam mal Neo SOHO, Jakarta Barat.

Mengutip Kompas.com (08/04/2022), Jakarta Aquarium & Safari merupakan akuarium dalam ruangan terbesar di Indonesia. Obyek wisata ini merupakan hasil kolaborasi antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC Malaysia. 

Pengunjung bisa menemukan sekitar 3.500 spesies satwa akuatik maupun non akuatik di Jakarta Aquarium & Safari.

Selain melihat aneka satwa di Jakarta Aquarium & Safari, wisatawan tentunya bisa berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Neo SOHO, Central Park, dan Mal Taman Anggrek yang lokasinya berdekatan

Setelah dua tahun ditutup, tugu Monumen Nasional (Monas) kembali dibuka secara penuh untuk umum pada Jumat (01/07/2022).Jadi, warga bisa mengunjungi ikon wisata ibu kota ini pada liburan tahun baru.

Monas terdiri dari tiga bagian, yakni Pelataran Bawah atau Pelataran Cawan, Pelataran Puncak, dan Lidah Api.

Pengunjung bisa menyaksikan banyak benda bersejarah di Monas termasuk diorama berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Monas, wajib melakukan pendaftaran secara online lebih dahulu.  Pendaftaran online bisa dilakukan pada H-1 atau hari H untuk mengurangi antrian melalui link yang tercantum dalam akun Instagram @monumen.nasional.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kini punya wajah baru. Mengutip Kompas.com (22/11/2022), setelah ditutup karena revitalisasi sejak Januari 2022, TMII buka dengan wajah dan konsep baru. 

Saat ini, 70 persennya diisi oleh zona hijau dan 30 persen sisanya adalah bangunan. Jika kamu belum melihat wajah baru TMII, maka bisa berkunjung saat libur tahun baru.

Wajah baru ikon wisata DKI Jakarta ini meliputi penataan area gedung utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno), penataan menara pandang, dan renovasi museum.

Selain itu, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir dan gedung pengelola, penataan lanskap pulau-pulau di danau Archipelago (pedestrian anjungan, amphitheater, dan promenade), serta renovasi eks Theater Garuda, eks Museum Telkom dan Keong Emas.

15. Ancol 

Obyek wisata satu ini tentunya tidak boleh dilewatkan saat libur tahun baru. Wisatawan bisa mengunjungi banyak wahana di Taman Impian Jaya Ancol atau Ancol.

Mulai dari pantai, Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Ocean Dream Samudera, dan Atlantis Water Adventure.

Adapula wahana baru yakni Jakarta Bird Land. Wahana baru ini memiliki koleksi beragam jenis burung, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Sebelum berkunjung ke Ancol, jangan lupa untuk membeli tiket lewat online.

Old Shanghai adalah kawasan wisata kuliner yang berada di Kelapa Gading, Jakarta Timur.

Mengutip dari Kompas.com (15/9/2022), wisata ini memiliki konsep Chinatown alias Pecinan. Pengunjung bisa menikmati wisata kuliner dan wisata budaya.

Ada sebuah pagoda yang menjadi landmark Old Shanghai. Lokasinya berada di Jalan Sedayu City Boulevard, Sedayu City Kelapa Gading, Cakung Barat, Jakarta Timur.

17. Ragunan 

Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu obyek wisata keluarga di Jakarta Selatan. Kamu bisa mengajak anak-anak berkunjung ke kebun binatang ini saat tahun baru.

Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Tak heran, banyak warga ibu kota dan sekitarnya memilih berlibur ke Ragunan.

Sebelum berkunjung, wisatawan wajib mendaftar secara online melalui link yang tercantum dalam akun Instagram @ragunanzoo.

Taman Ismail Marzuki Setelah revitalisasi selama kurang lebih tiga tahun, Taman Ismail Marzuki (TIM) akhirnya buka kembali untuk umum mulai 3 Juni 2022 lalu.

Jadi, kamu bisa berkunjung ke TIM saat libur tahun baru 2023. Mengutip Kompas.com (24/6/2022), terdapat aneka bangunan di TIM yang memiliki tema masing-masing.

Meliputi, galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, wisma seni, dan masih banyak lagi.

Kamu ingin menikmati liburan tahun baru dengan berpetualang di alam? Maka, Kepulauan Seribu bisa menjadi alternatif.

Ada banyak spot wisata favorit di Kepulauan Seribu, antara lain Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Bidadari, dan sebagainya.

Wisatawan bisa naik kapal cepat dari Marina Ancol atau naik kapal kayu dari pelabuhan Muara Angke. Kamu bisa menikmati pergantian tahun di Kepulauan Seribu bersama keluarga atau teman.

20. Setu Babakan 

Wisata Setu Babakan cocok untuk merayakan tahun baru dengan suasana khas Betawi.

Saat mengunjungi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau lebih dikenal dengan Setu Babakan, wisatawan bisa menghabiskan libur tahun baru sambil mempelajari kebudayaan Betawi.

Lokasinya berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.  Mengutip Kompas.com, (18/20/2021), banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di Setu Babakan, seperti wisata budaya dengan mengunjungi rumah adat Betawi di tepi kolam. 

Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang budaya Betawi. Selain itu, kamu bisa mengunjungi amphitheater yang lokasinya berada tepat di bagian belakang Museum Setu Babakan dan belakang area kolam. 

https://travel.kompas.com/read/2022/12/05/170200327/20-wisata-tahun-baru-di-jakarta-ada-tempat-nongkrong-instagramable-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke