Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Lokasi Prewedding Kaesang-Erina, Ada Gumuk Pasir Parangkusumo

KOMPAS.com - Menjelang hari pernikahan, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono membagikan foto prewedding mereka melalui akun Instagram masing-masing.

Adapun pernikahan putra ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan digelar pada 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta.

Foto prewedding Kaesang-Erina mengambil latar belakang sejumlah tempat ikonik di Solo, Yogyakarta, dan Bogor. Selain itu, keduanya juga melaksanakan prewedding di dalam studio.

Daftar lokasi prewedding Kaesang-Erina 

Berikut daftar lokasi prewedding Kaesang-Erina seperti dirangkum Kompas.com.

Foto prewedding Kaesang-Erina yang pertama kali dibagikan ke publik bertempat di Stadion Manahan Solo.

Informasi tersebut diketahui dari unggahan akun Instagram sang fashion stylist, Doley Tobing yang mencantumkan keterangan lokasi Stadion Manahan Solo.

Kaesang-Erina kompak memakai jersey bola berwarna merah dengan nomor punggung 10 dan 12 yang merupakan tanggal pernikahan mereka.

Stadion Manahan merupakan stadion kebanggan warga Solo dengan kapasitas hingga 25.000 penonton. Lokasinya berada di tengah kota, yaitu Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Manahan, Banjarsari. 

Mengutip laman Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta, stadion ini diresmikan pada 21 Februari 1998 oleh Presiden Soeharto. 

Dulunya, stadion ini merupakan lapangan pacuan kuda Kadipaten Mangkunegaran. Dalam perjalanannya, Stadion Manahan pernah menjadi lokasi penyelenggaraan event olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara, yaitu ASEAN Para Games pada 2011.

Manahan juga menjadi rumah bagi sejumlah klub bola asal Kota Batik seperti Pelita Solo, Persijatim Solo FC, hingga Persis Solo. Lokasinya cukup strategis karena berdekatan dengan Stasiun Kereta Purwosari, Terminal Tirtonadi, hotel berbintang, dan pusat perbelanjaan. 

Lokasi prewedding Kaesang-Erina selanjutnya adalah Istana Kepresidenan Bogor.

Informasi ini juga diketahui dari unggahan sang fashion stylist, Doley Tobing yang mencantumkan keterangan lokasi Istana Kepresidenan Bogor.

Istana Bogor berada di pusat kota tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kota Bogor. Lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Bogor.

Mengutip laman Kementerian Sekretariat Negara, Istana Kepresidenan Bogor bermula dari orang-orang Belanda yang mencari tempat peristirahatan di luar Batavia (kini Jakarta) lantaran dinilai terlalu panas dan ramai.

Pada 1745, Gubernur Jenderal van Imhoff (1745-1750) memerintahkan pembangunan sebuah pesanggrahan yang diberi nama Buitenzorg, artinya bebas masalah.

Pada masa penjajahan Belanda, Istana Kepresidenan Bogor berfungsi sebagai tempat peristirahatan. Namun, setelah masa kemerdekaan fungsinya berubah menjadi kantor urusan kepresidenan serta kediaman resmi presiden Indonesia.

Istana Kepresidenan Bogor memiliki 37 bangunan. Beberapa bagian Istana Bogor antara lain, gedung induk ruang teratai, gedung induk ruang garuda, pavilion sayap kiri dan kanan, enam pavilion lain, dan halaman.

Gumuk Pasir Parangkusumo di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu lokasi foto prewedding Kaesang-Erina.

Informasi ini dibenarkan Pemerintah Kabupaten Bantul melalui unggahan Instagram dan Twitter.

"Mas @kaesangp dan Mbak Erina prewed di Gumuk Pasir. Kamu kapan?" tulis akun Twitter @pemkabbantul.

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo sudah familiar di kalangan wisatawan. Mengutip laman Visiting Jogja, obyek wisata ini sangat unik, bahkan diklaim hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan lokasi favorit untuk pemotretan. Gundukan pasir yang tak beraturan justru membuat penoramanya semakin menarik.

Selain itu, terdapat pohon kaktus dan cemara yang biasa jadi spot foto. Pengunjung juga bisa mencoba olahraga sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Lokasi foto prewedding Kaesang-Erina selanjutnya adalah Pura Mangkunegaran, Solo. Informasi ini juga diketahui dari unggahan sang fashion stylist, Doley Tobing yang mencantumkan keterangan lokasi Mangkunegaran Palace.

Rencananya, Pura Mangkunegaran juga akan menjadi lokasi penyelenggaraan resepsi pernikahan keduanya.

Mengutip Kompas.com (2/12/2022), Pura Mangkunegaran merupakan istana yang menjadi kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran. Istana ini dibangun oleh Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa.

Kompleks Pura Mangkunegaran dibagi menjadi tiga halaman. Halaman pertama di sebelah selatan berupa pamedan atau lapangan berdenah empat persegi panjang dan membujur dari barat ke timur. Area ini mencakup beberapa bangunan, termasuk Kavaleri Artileri, Mandrasasana, dan Langenpraja.

Sementara pada halaman kedua terdapat pendopo berbentuk joglo. Halaman ini bisa dilewati melalui pintu gerbang kedua yang ada di sisi barat dan timur.

Adapun halaman ketiga berupa kebun yang luas bernama Ujung Puri.

Kompleks Pura Mangkunegaran memiliki sejumlah area untuk dikunjungi para wisatawan. Salah satunya museum yang menyimpan benda-benda bersejarah milik Pura Mangkunegaran yang dikumpulkan sejak tahun 1926.

Pada salah satu foto prewedding, terlihat Kaesang-Erina berfoto di depan mercusuar berwarna putih. Dalam unggahan Instagram, keduanya hanya mencantumkan lokasi mercusuar berada di Yogyakarta, sehingga bekum diketahui dengan pasti lokasi mercusuar tersebut.

Netizen pun berlomba-lomba menebak lokasi mercusuar tersebut. Ada yang menduga lokasi mercusuar itu berada di Pantai Pandansari, Pantai Karangwuni, dan Pantai Baron.

Sejumlah pantai di Yogyakarta memang memiliki bangunan mercusuar ikonik, sebagai berikut.

  • Mercusuar Pantai Pandansari

Wisatawan yang pertama kali berkunjung ke kawasan Pantai Pandansari mungkin akan tertegun, sebab tidak akan menemui hamparan pasir pantai.

Mengutip laman Pemerintah Kalurahan Gadingsari, hal pertama yang terlihat justru hamparan pohon cemara laut yang tumbuh dengan lebat. Nah, Pantai Pandansari terletak di balik hutan cemara tersebut.

Di antara pepohonan cemara tersebut berdiri tegak sebuah menara suar setinggi kurang lebih 30 meter. Wisatawan yang berkunjung dapat mendaki mercusuar Pantai Pandansari hingga puncaknya.

Lokasinya berada di Patihan, Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

  • Mercusuar Pantai Karangwuni 

Pantai Karangwuni berada di Desa Karangwuni, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Mengutip website resmi Kalurahan Karangwuni, pengunjung bisa menemukan mercusuar di Pantai Karangwuni. Bangunan tinggi tersebut menjadi ikon Pantai Karangwuni.

Lokasi Pantai Karangwuni tidak jauh dari Pantai Glagah. Pantai ini juga berada tepat di sebelah timur Bandara Internasional Yogyakarta.

  • Mercusuar Pantai Baron

Keunikan Pantai Baron adalah pertemuan antara air laut dan air sungai yang bermuara di pantai. 

Ada dua barisan batu karang yang mengepit Pantai Baron di kedua sisinya. Batuan tersebut menahan ganasnya gelombang laut selatan yang datang ke tepi pantai.

Tak jauh dari pantai, ada kompleks mercusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang. Dari lokasi mercusuar, wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Baron.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/06/130400827/daftar-lokasi-prewedding-kaesang-erina-ada-gumuk-pasir-parangkusumo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke